WordPress 3.6 Sudah Dirilis, Apakah Cocok Untuk Website Saya?

WordPress 3.6Halo sahabat semua, berjumpa kembali kita dalam seri artikel cara membuat website. Jika di artikel sebelumnya kita membahas bagaimana tips memilih CMS (aplikasi) website, maka pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam kepada CMS WordPress.

Saat artikel ini saya tulis, bertepatan sekali setelah saya melakukan update versi WordPress pada sejumlah blog yang saya kelola. Dan tampaknya WordPress versi 3.6 ini begitu menarik untuk dicoba.

Seperti apa kelebihan fitur dari WordPress 3.6 ini? Simak pembahasannya pada artikel berikut ini.

Kenapa Perlu Menggunakan WordPress?

Pahamilah bahwa setiap orang itu punya kebutuhan yang berbeda-beda, termasuk untuk urusan membuat website. Ada orang yang memang sudah suka sekali dan jatuh hati dengan WordPress, maka tak heran ia begitu getolnya memamerkan kelebihan WordPress kepada orang-orang.

Jika Anda masih benar-benar awam dan pemula dalam membuat website, maka tak ada salahnya Anda mencoba menggunakan WordPress. Kenapa?

Inilah alasannya.

  1. Cocok untuk beragam jenis website. Entah Anda mau membuat jenis website apa, tetapi WordPress siap mengakomodir kebutuhan Anda. Jika Anda mau membuat blog, website perusahaan, ataupun toko online maka pilihlah WordPress. Psssttt.. asal tahu saja, sejumlah blog profesional para internet marketer biasanya dikembangkan dari aplikasi WordPress.
  2. Didukung oleh ribuan plugin dan pengembang. Telah tersedia banyak sekali pengembang dan aplikasi pendukung yang siap mendukung kinerja website WordPress Anda. Mulai dari aplikasi untuk toko online, aplikasi untuk mengintegrasikan website Anda dengan social media, aplikasi untuk memudahkan mengedit kode website, pokoknya lengkap deh. Jika Anda pengguna baru di WordPress, Anda bisa mengakses ribuan plugin tersebut di alamat http://wordpress.org/plugins/.
  3. Lebih mudah dalam mengelola konten website. Karena WordPress adalah sebuah aplikasi website yang berbasis CMS (Content Management System) maka jelas akan lebih mudah bagi kita untuk mengelola website.
Untuk membuat posting (artikel) di WordPress, hampir semudah mengetik di Ms. Word.

Untuk membuat posting (artikel) di WordPress, hampir semudah mengetik di Ms. Word.

Namun meski punya banyak kelebihan, WordPress kadang juga tak cocok untuk semua orang. Kenapa? Sebab untuk membangun website berbasis WordPress, Anda butuh sejumlah fasilitas pendukung seperti :

  • Nama domain untuk website Anda, meski bisa menggunakan subdomain dari web hosting tetapi ini tidak terlalu disarankan. Lebih baik pakai nama domain Anda sendiri.
  • Anda butuh layanan web hosting. Jika Anda membuat website memakai Blogger (Blogspot) maka Anda tidak perlu menyewa layanan hosting, sebab hosting sudah disiapkan oleh pihak Blogger. Tetapi jika pakai WordPress, maka Anda perlu sewa layanan hosting. Tentunya Anda harus keluar biaya.
  • Anda perlu belajar cara menggunakan CPanel hosting. Karena Anda memakai layanan hosting yang Anda sewa, maka mau tidak mau Anda juga perlu belajar bagaimana cara menggunakan CPanel layanan hosting Anda.
Kita perlu belajar mengelola CPanel web hosting

Kita perlu belajar mengelola CPanel web hosting

Fitur Terbaru di WordPress Versi 3.6

Ada sejumlah fitur menarik yang baru tersedia di WordPress versi 3.6. Fitur baru tersebut antara lain :

  • Theme baru yang lebih colorful. Pada WordPress 3.6 sudah hadir theme baru yang namanya “Twenty Thirteen”. Tak hanya berwarna, theme satu ini juga sudah responsive.
theme baru di WordPress 3.6

theme baru di WordPress 3.6

  • Fitur Explore Revisions, dengan fitur ini Anda bisa menelusuri (menjelajahi) berbagai revisi yang Anda lakukan pada posting WordPress Anda. Anda bisa membandingkan revisi yang Anda lakukan, termasuk Anda bisa melakukan sejumlah pengaturan terkait revisi yang Anda lakukan pada posting artikel.
  • Fitur Improved Autosaves, melalui fitur ini kita tak perlu takut kehilangan data yang sudah kita tulis. Sebab setiap kita mengetikkan sesuatu, WordPress akan langsung menyimpannya secara otomatis.
  • Dan ada sejumlah fitur terbaru lainnya yang telah diulas di artikel WordPress 3.6: What’s new, and why it matters.

Bagaimana, Anda tertarik mencobanya?

Bagi Anda para pengguna lama di WordPress pastikan Anda tidak ketinggalan untuk mengupdate versi mesin WordPress yang Anda gunakan. Ingat, selalu lakukan update untuk mencegah munculnya celah keamanan di website Anda.

Dan bagi Anda yang belum pernah mencoba WordPress apakah Anda jadi tertarik untuk mencoba WordPress?

Mengakhiri artikel ini, saya mau mengutip kata-kata dari WordPress :

“WordPress 3.6 makes your writing experience even better”

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • wordpress 3 6
  • artikel pengembangan konten website
  • wordpress 3 6-ind
  • membuat website dengan wordpress 3 6
  • kelemahan keamanan wordpress 3 6
  • kelebihan wp 3 6
  • kelebihan wordpress versi terbaru
  • free theme wp 3 6
  • cara mengedit website wordpress 3 6
  • belajar wordpress versi 3 6
Be Sociable, Share!