Tips Sukses Jualan Online di Facebook

sukses jualan online di Facebook

Facebook merupakan media sosial yang kerap kali dimanfaatkan oleh para pelaku UKM untuk memasarkan produk mereka. Bagaimana cara supaya sukses jualan online di Facebook? Bagaimana kiat meningkatkan penjualan lewat Facebook? Seperti apa tips pemasaran yang ampuh di Facebook?

Pada tulisan ini, kami akan membagikan beberapa tips sukses jualan online di Facebook. Semoga tips-tips berikut dapat menginspirasi Anda.

1. Siapkan Representasi Brand Anda di Facebook

Representasi brand ini diperlukan untuk menampilkan brand Anda di Facebook. Representasi brand ini bisa berupa akun Facebook ataupun halaman Facebook yang memang khusus Anda buat untuk pemasaran.

Jika Anda memilih akun personal sebagai representasi brand Anda, maka pastikan Anda memanfaatkan akun tersebut untuk memopulerkan brand Anda. Gunakanlah logo bisnis Anda sebagai foto profil akun tersebut. Updatelah status yang bermanfaat dan sekaligus memopulerkan bisnis Anda. Ambil contoh bisnis Anda adalah bisnis waralaba makanan. Nah, untuk memopulerkan waralaba tersebut, Anda dapat menulis status seputar bisnis dan entrepreneurship. Dalam status seputar kewirausahaan yang Anda buat, sertakanlah sedikit pengenalan tentang profil bisnis Anda.

Semakin sering akun personal Anda eksis di Facebook, brand bisnis Anda juga bisa semakin dikenal.

Contoh promosi produk UKM lewat Facebook.

Contoh promosi produk UKM lewat Facebook.

Tak hanya menggunakan akun personal, Anda juga bisa menggunakan halaman Facebook.

Anda dapat membuat sebuah halaman Facebook. Gunakan logo bisnis Anda sebagai foto halaman Facebook tersebut. Selanjutnya, tulislah posting-posting yang topiknya berkaitan dengan bidang bisnis Anda. Contoh, misalkan produk Anda adalah seputar batik, maka Anda bisa menulis posting yang berhubungan dengan dunia batik. Jika hal ini dilakukan secara konsisten, Anda dapat membangun brand awereness terhadap brand/produk Anda.

2. Bangun Komunitas di Facebook

Setelah Anda mempersiapkan representasi bisnis Anda di Facebook, selanjutnya bangunlah sebuah komunitas. Untuk membangun komunitas di Facebook, Anda dapat menggunakan grup. Grup termasuk salah satu media yang efektif bila digunakan untuk membangun komunitas. Ambil contoh, Anda memasarkan produk paket wisata daerah. Nah, Anda dapat membuat sebuah grup yang topiknya tentang pariwisata atau jalan-jalan. Nantinya orang-orang yang suka jalan-jalan dapat bergabung di grup tersebut.

Anda dapat membuat sebuah grup yang topiknya relevan dengan produk Anda. Grup tersebut dapat Anda gunakan untuk mengumpulkan orang-orang yang punya minat dan kebutuhan yang berkaitan dengan bidang produk Anda. Jika bisnis Anda adalah bimbel bahasa Inggris, maka Anda dapat membuat sebuah grup dengan topik pembelajaran bahasa Inggris.

3. Ciptakan Interaksi di Komunitas yang Anda Bangun

Setelah Anda membangun sebuah komunitas, upayakan tercipta interaksi di komunitas tersebut. Ambil contoh Anda menggunakan grup Facebook untuk membangun komunitas. Nah, berikut beberapa tips menciptakan interaksi di grup/komunitas yang Anda bangun.

  • Kirimkan konten yang relevan ke grup tersebut. Ambil contoh Anda punya grup tentang pembelajaran bahasa Inggris. Nah, Anda dapat mengirimkan posting-posting yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Inggris. Posting yang Anda kirim dapat berupa posting yang Anda tulis di grup ataupun posting yang Anda bagikan dari artikel blog Anda.
  • Ucapkan selamat datang kepada member yang baru bergabung. Guna merangsang timbulnya interaksi di grup, Anda juga bisa memberi ucapan selamat datang kepada member yang baru bergabung di komunitas Anda.
  • Ajak member untuk membagikan posting yang berkaitan dengan topik grup. Jika grup Anda tentang pariwisata, maka Anda dapat mengundang member untuk membagikan pengalaman-pengalaman liburan mereka. Intinya, ajak member untuk turut berpartisipasi dalam grup.
  • Jawab pertanyaan-pertanyaan dari member. Ada kalanya member akan mengirimkan pertanyaan yang topiknya berkaitan dengan topik grup Anda. Nah, sebagai pemilik dan pengelola grup, pastikan Anda turut menjawab pertanyaan tersebut. Semakin banyak member yang mengirimkan pertanyaan mereka ke grup, semakin aktif grup Anda.

Dalam mengelola grup Facebook, ada baiknya Anda mengaktifkan fitur moderasi posting. Dengan mengaktifkan sistem moderasi posting, setiap posting yang dikirimkan ke grup harus melalui proses moderasi. Hanya admin yang dapat menentukan apa sebuah posting layak dipublikasikan atau tidak. Mengaktifkan fitur moderasi posting akan memudahkan Anda mengelola grup Facebook. Anda tidak perlu kuatir masuknya konten spam ke grup Anda.

Masuk ke edit group settings untuk mengakses pengaturan moderasi di grup Facebook.

Masuk ke edit group settings untuk mengakses pengaturan moderasi di grup Facebook.

Mengaktifkan sistem moderasi posting di grup Facebook.

Mengaktifkan sistem moderasi posting di grup Facebook.

Semakin banyak interaksi yang terjadi di grup Anda, maka hal itu semakin baik. Ini akan jadi keuntungan bagi Anda. Mengapa? Sebab komunitas Anda aktif berinteraksi. Berita baiknya, mereka berinteraksi di wadah yang merupakan milik brand Anda. Nantinya, Anda dapat memanfaatkan komunitas ini. Saat Anda baru merilis produk, Anda dapat mengirimkan pemberitahuan ke grup yang mana pemberitahuan tersebut juga bisa dilihat oleh member grup Anda.

4. Tidak Sembarangan Dalam Promosi

Karena Facebook merupakan media sosial, kita harus berhati-hati dalam mempromosikan produk di Facebook. Hindari cara-cara promosi yang mengganggu. Cara-cara promosi yang mengganggu misalnya : mentag sembarang orang di foto produk yang kita unggah ke Facebook, mengirimkan pesan promosi secara sembarangan di grup, atau mengirimkan pesan promosi secara sembarangan melalui chat.

spaming di Facebook
Hindari menggunakan cara-cara spamming seperti tadi. Mengapa? Sebab bila menggunakan cara-cara spamming, hal ini bisa berdampak buruk bagi brand image Anda. Agar image brand Anda tetap baik, pastikan Anda menggunakan cara-cara promosi yang tepat.

Itulah 4 kiat ampuh untuk sukses jualan online di Facebook. Intinya, kita dapat memanfaatkan Facebook untuk mendukung pemasaran produk-produk kita. Dalam pemasaran di Facebook, upayakan agar Anda mampu membangun sebuah komunitas. Selanjutnya, manfaat komunitas tersebut untuk mendukung pemasaran produk Anda.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel JefferlySuperClub via Twitter.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • grup waralaba facebook
  • instagram buku jefferly
Be Sociable, Share!