Tips Sederhana tapi Powerful dalam Mendesain Website

mendesain website

Sekadar punya website saja tak cukup. Kita harusĀ  menjadikan website tersebut menarik, plus mampu mendukung perkembangan bisnis kita. Nah, dalam tulisan berikut akan dibahas beberapa tips sederhana dalam mendesain website.

Kendati tips-tips ini sederhana, namun hasilnya bisa sangat powerful. Dengan menerapkan tips-tips berikut, Anda dapat menjadikan website Anda kian menarik, bagus, dan tentunya mampu mendukung bisnis Anda. Entah itu memperbanyak jumlah penjualan produk Anda, awareness terhadap brand Anda, dan lain sebagainya.

Ini dia tips-tips tersebut.

1. Hal Paling Utama Taruh di Paling Depan

Tentukan tujuan utama website Anda. Selanjutnya, letakkan tujuan tadi di bagian paling depan website Anda. Letakkan tujuan tersebut pada bagian yang pertama kali dilihat oleh pengunjung web.

Misalkan Anda menjual jasa penulisan artikel. Sedangkan prioritas Anda adalah mendatangkan sebanyak mungkin leads (orang-orang yang akan menghubungi Anda). Jika demikian maka Anda bisa menaruh form kontak di halaman depan web Anda. Jadi, ketika pengunjung datang, mereka akan langsung tahu jasa Anda dan mereka bisa segera menghubungi Anda.

Contoh lain, Anda juga bisa menjelaskan produk Anda (secara singkat) di halaman depan. Selanjutnya, sediakan tombol read more / more info. Jadi, ketika pengunjung membaca penjelasan singkat tentang produk Anda, mereka bisa segera klik tombol read more untuk tahu info lebih lengkap.

Intinya, ketahui apa tujuan utama web Anda. Selanjutnya, letakkan tujuan utama tadi di bagian paling awal web Anda.

Meletakkan form kontak di halaman depan website.

Meletakkan form kontak di halaman depan website.

2. Miliki Menu Navigasi

Jangan lupa untuk menghadirkan menu navigasi di web Anda. Hadirnya menu navigasi akan memudahkan pengunjung untuk membuka halaman yang mereka butuhkan.

Kembali pada tips nomor 1, letakkan hal paling utama di paling awal. Oleh karena itu, susunan menu navigasi pun bisa Anda sesuaikan dengan prioritas Anda. Misalkan Anda bisa menaruh menu profil di sebelah menu home. Dengan demikian, pengunjung akan lebih cepat untuk membaca profil Anda.

Contoh menu navigasi website.

Contoh menu navigasi website.

3. Bisa Juga Manfaatkan Minisite

Dalam kondisi tertentu, Anda bisa menggunakan minisite. Minisite adalah website yang biasanya hanya terdiri dari satu halaman. Yang mana halaman tersebut digunakan untuk memfokuskan perhatian pengunjung pada satu hal. Contoh web minisite misalnya : www.BelajarListBuilding.com.

Di website tadi, perhatian pengunjung diarahkan hanya pada satu hal, yakni pada penawaran produk Panduan List Building.

Website BelajarListBuilding.com.

Website BelajarListBuilding.com.

Nah web minisite ini biasanya digunakan untuk satu hal yang bersifat spesifik. Misalkan untuk menawarkan satu produk saja. Atau web minisite juga bisa digunakan untuk menjaring info kontak/alamat email prospek Anda.

Untuk membuat web minisite, ada berbagai cara yang dapat digunakan. Bisa dengan menggunakan WordPress, Blogspot, ataupun dengan memanfaatkan template minisite yang banyak tersedia di internet. (Baca juga : Cara Mendapatkan Template Minisite Gratis.)

Jika Anda ingin dipandu langkah demi langkah untuk membuat blog, toko online, dan web minisite, mari belajar di www.PanduanMembuatWebsite.com.

Banner panduan membuat website

4. Gunakan Grafis yang Menarik

Tips berikutnya adalah gunakan grafis yang menarik. Grafis ini dapat berupa headline yang menarik, header website yang tepat, ataupun banner yang menarik. Hadirnya grafis yang menarik akan menjadikan pengunjung makin tertarik dengan website Anda. Tampilan web Anda pun akan kian cantik.

Untuk membuat grafis yang menarik, Anda dapat menggunakan software pengolah gambar seperti Photoshop. Selain itu, Anda juga memanfaatkan tool desain yang banyak tersedia di internet. Salah satunya seperti tool dari MarketingUnderwear.

5.Manfaatkan Pop-Up (Bila Perlu)

Tips yang kelima, Anda juga bisa memanfaatkan keberadaan pop-up. Pop-up dapat Anda gunakan untuk menampilkan hal-halĀ  paling penting di web Anda. Contoh, jika Anda ingin mendapatkan email pengunjung web, maka gunakan pop-up untuk menampilkan form pendaftaran nama dan email.

Pemanfaatan pop-up sangat ampuh untuk meningkatkan tayangan terhadap hal-hal penting web Anda. Entah itu banner promosi, form pendaftaran, penawaran produk, dan sebagainya.

Hanya saja, pastikan pop-up website Anda mudah untuk ditutup sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung.

Contoh penggunaan pop-up di sebuah website.

Contoh penggunaan pop-up di sebuah website.

Nah teman, itulah lima tips sederhana dalam mendesain website. Jika tips tadi dilakukan, maka pasti akan ada peningkatan di website Anda. Semoga menginspirasi.

 

Be Sociable, Share!