Mencari Ide Nama Untuk Halaman Facebook? Ini Tipsnya

Pemasaran melalui media sosial makin menjamur. Hal ini tidak lepas dari tingginya minat orang Indonesia untuk menggunakan media sosial.

Mengutip data Statista, di tahun 2017 diperkirakan terdapat 96 juta pengguna media sosial (jejaring sosial) di Indonesia. Angka ini diproyeksikan akan mencapai 102 juta pengguna di tahun 2018.

Statistic: Number of social network users in Indonesia from 2015 to 2022 (in millions) | Statista

Mau belajar SEO, social media marketing, pembuatan website, email marketing, dan lainnya? Yuk belajar digital marketing secara ampuh, efektif, dan terarah di program private mentoring digital marketing dari Jefferly.

Sebagai sebuah platform dengan jumlah pengguna yang besar, Facebook menjadi favorit para pelaku pemasaran internet. Barangkali kamu juga termasuk orang yang sudah (atau akan) aktif memanfaatkan Facebook sebagai sarana pemasaran, entah itu untuk jualan online, promosi bisnis, dan lainnya.

Salah satu sarana pemasaran di Facebook adalah halaman Facebook (Facebook page). Melalui sebuah halaman, pemilik bisnis dapat mempromosikan bisnis ataupun produk mereka di Facebook. Para blogger, pemilik toko online, pelaku usaha offline, YouTuber, content creator, tak ketinggalan untuk memanfaatkan halaman Facebook sebagai sarana pemasaran.

Namun adakalanya kita bingung ketika hendak manamai sebuah halaman. Nah buat kamu yang bingung menamai halaman Facebook, kali ini ada jawabannya. Berikut tips dalam memilih nama untuk halaman Facebook.

Tips 1: Ketahui Kreteria Nama yang Tepat

Berikut beberapa pertimbangan/kriteria dalam memilih nama, termasuk nama untuk halaman Facebook.

  • Singkat, 
  • mudah diingat, 
  • mudah diucapkan,
  • bisa juga berkaitan dengan nama bisnis/produkmu,
  • bukan nama yang mengandung merek/hak cipta pihak lain,
  • bisa juga berkaitan dengan nama/alamat web,
  • sesuai dengan visi bisnismu.

Tiga kriteria pertama (singkat, mudah diingat, dan mudah diucapkan) sengaja saya tebalkan, sebab kriteria tersebut sangat penting.

Nama yang singkat akan lebih mudah untuk diingat oleh orang-orang. Selain itu, nama yang singkat juga akan mudah dipakai saat kamu membuat iklan di Facebook, membuat banner promosi, membuat brosur, ataupun sarana promosi lainnya.

Alternatif lain untuk mendapatkan ide nama adalah memakai nama yang berkaitan dengan bisnis/produkmu.

Atau kalau bisnis/produkmu sudah punya nama, kamu bisa gunakan nama tersebut sebagai nama untuk halaman Facebook. Misal, kalau kamu sudah punya web, kamu bisa pakai nama/alamat web tersebut sebagai nama untuk halaman Facebook.

Kalau bisnis/produkmu sudah punya nama, kamu bisa gunakan nama tersebut sebagai nama untuk halaman Facebook.

Tips 2: Gunakan Kamus Jika Dibutuhkan

Kamu juga bisa memakai nama yang terdiri dari gabungan kata, ataupun serapan dari kata dalam bahasa tertentu. Misal, kamu bisa saja memilih kata dari bahasa Yunani, bahasa Prancis, atau bahasa lainnya. Bahkan kamu juga bisa memakai kata-kata tertentu dari bahasa Indonesia yang sesuai dengan bisnismu.

Misalkan seperti yang saya lakukan dengan Filobuku.id, toko online yang menyediakan panduan belajar internet marketing. Kata filo, saya ambil dari bahasa Yunani, yang berbunyi philos dan artinya adalah loving (mencintai, menyukai). Kata philo tersebut  saya serap ke ejaan Indonesia, lalu digabungkan dengan kata buku. Jadilah nama Filobuku. Nama ini singkat, mudah diingat, dan mudah diucapkan.

Kamu juga bisa lakukan hal yang sama. Kamu bisa cari kata yang menarik dan unik, lalu gunakan ataupun gabungkan kata-kata tersebut untuk dipakai sebagai nama bisnismu. Nantinya nama tersebut juga bisa kamu gunakan untuk nama halaman Facebook. Bahasa Indonesia pun tak kalah menarik. Ada banyak kata-kata dalam bahasa Indonesia yang mengandung arti menarik. Contoh kata-kata tersebut misalnya: karsa, rana, reka, andal, nala, tabikdabik, langkas, mangkus, sangkil, dan banyak lagi.

Untuk membantumu, kamu bisa gunakan kamus, seperti Kamus Besar Bahasa Indonesia DaringGoogle Translate, ataupun aplikasi/web kamus lainnya.

Situs KBBI Daring.

Kamu bisa cari kata yang menarik dan unik, lalu gunakan ataupun gabungkan kata-kata tersebut untuk dipakai sebagai nama bisnismu. Nantinya nama tersebut juga bisa kamu gunakan untuk nama halaman Facebook.

Tips 3: Gunakan Tools Ini

Salah satu tool yang dapat membantumu mendapatkan ide nama adalah Wordoid. Tool ini akan membantumu mencari nama berdasarkan kriteria yang sudah kamu susun. Cara menggunakan Wordoid untuk mendapatkan ide nama bisa kamu pelajari di video berikut.


Nah teman-teman, itulah beberapa tips dan tool yang bisa kamu gunakan jika hendak mencari ide nama, termasuk ide nama untuk halaman Facebook. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan nama yang cocok.

Oh iya, jika suka dengan video  seperti tadi atau ingin mengakses lebih banyak video seputar internet marketing, yuk nonton dan subscribe di channel Jefferly Helianthusonfri.

 

Mau belajar SEO untuk meningkatkan penjualan dan ranking bisnis Anda di Google? Yuk belajar di MasterClass SEO Untuk Bisnis di sini

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • nama fanspage yang unik
  • nama halaman yang keren
  • contoh nama halaman fb keren
  • nama nama halaman facebook yang bagus
  • nama halaman fb
  • nama halaman facebook
  • contoh contoh nama halaman untuk pembisnis
  • contoh nama fanspage bisnis hni
  • nama halaman keren
  • nama bagus untuk halaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *