Tips Memulai Bisnis Internet Untuk Pelajar dan Mahasiswa

Memulai bisnis sejak bangku sekolah atau kuliah? Kenapa tidak? Sudah banyak koq orang yang menjadi pengusaha sukses setelah belajar berbisnis semuda mungkin. Saya yakin sebagian besar dari teman-teman pasti punya niat dan keinginan untuk berbisnis sejak masih menjadi pelajar atau mahasiswa/i, untuk itulah pada aritkel ini saya mau berbagi tips untuk berbisnis internet bagi rekan-rekan kita yang masih pelajar dan mahasiswa/mahasiswi.

Well, kita tahu sendiri kan bahwa bisnis internet itu sudah sangat populer dan merupakan sebuah ladang bisnis yang amat potensial dan menggiurkan. Beragam jenis bisnis hadir di jagad maya ini, mulai dari blogging, affiliate marketing, jual ebook dan video tutorial, jualan online, dan banyak lagi. Seiring dengan semakin menggiurkannya bisnis internet, maka jelas pasti banyak teman-teman yang ingin berbisnis internet.

Nah berikut ini beberapa tips dari saya untuk teman-teman pelajar/mahasiswa yang mau memulai bisnis internet. Tips-tips ini saya rangkum dari pengalaman pribadi saya sendiri lho :).

1. Buat dan Gunakan Skala Prioritas.

Di usia kita yang relatif muda memang terkadang masalah waktu kerap menjadi penghambat jika tidak dikelola dengan benar. Belajar tanpa berbisnis saja terkadang masih repot, apalagi kalau kesibukkan kita ditambah dengan kegiatan bisnis. Tapii… tidak seburuk itu lho.

Kalau kita bisa manajemen waktu dengan baik pasti kegiatan kita tidak akan banyak terganggu. Nah supaya bisa mengatur dan me-manajemen waktu dengan baik maka kita perlu menetapkan yang namanya skala prioritas. Jadi kita harus kelompokkan mana urusan-urusan yang harus diselesaikan lebih dahulu.

Misalnya ketika ada tugas, maka segera selesaikanlah tugas itu sesegera mungkin. Setelah tugas sekolah/kuliah itu selesai, baru deh kita kembali berbisnis. Jika kita sudah terbiasa menerapkan sistem semacam ini dijamin kegiatan kita tidak terganggu :).

2. Cepatlah Beradaptasi.

Bertambahnya kegiatan bisnis dalam keseharian kita jelas akan berpengaruh pada hidup kita sehari-hari. Maka dari itu kita dituntut untuk cepat beradaptasi, jika kita tidak beradaptasi maka jelas kita bisa menjadi lesu dan kehilangan minat untuk tetap berbisnis. Memang berbisnis itu tidak mudah, tapi jika kita ikhlas belajar maka kita pasti bisa.

Saya dulu juga sempat kesulitan beradaptasi dan akibatnya nilai sekolah jadi banyak yang turun, akan tetapi setelah berjalan beberapa bulan nilai sekolah tadi kembali dapat diperbaiki. Intinya kembali ke poin nomor satu yakni manajemen waktu dan skala prioritas :).

3. Pendidikan Tetaplah yang Paling Utama.

Meskipun kita sudah kecanduan bisnis, atau bahkan sampai lupa waktu tapi kita tidak boleh meninggalkan pendidikan yang kita tempuh di sekolah/kampus. Pendidikan tetaplah yang paling utama. Kenapa? Sebab semakin berilmu kita maka semakin tinggi kualitas kehidupan yang bisa kita dapatkan.Bukankah agama sudah mengajarkan bahwa kita harus menjadi orang yang lebih berilmu :).

Untuk itu jangan pernah mengabaikan pendidikan ya sobat.

4. Carilah Sosok Motivator atau Inspirator.

Karena di usia kita yang masih relatif muda, jelas kita rentan terserang galau. He..he..he. Untuk itulah di sini kita harus berusaha mencari sosok motivator atau inspirator yang bisa menjadi teladan atau pemberi semangat untuk kita. Kalau saya dulu (bahkan sampai sekarang), saya terus belajar dari Pak Mario Teguh, sementara untuk inspiratornya ada banyak sekali, mulai dari keluarga, rekan-rekan yang sudah sukses di bisnis internet, tokoh publik dan banyak lagi.

Hadirnya sosok motivator atau inspirator akan menjadikan diri kita lebih semangat untuk semakin sukses dalam bisnis ataupun pendidikan :).

5. Cari dan Belajarlah Mentor yang Berpengalaman.

Untuk bisa sukses dalam bisnis internet, ada banyak sekali hal yang harus kita pelajari dan praktikkan. Untuk itulah kita butuh guru, mentor atau pembimbing, supaya ketika belajar kita tidak tersesat dan bingung harus melakukan apa. Meskipun bisnis internet bisa dipelajari secara otodidak, akan sangat baik jika kita juga belajar dari orang-orang yang sudah berhasil.

Misalnya dengan belajar dari buku panduan bisnis internet, konsultasi dengan rekan-rekan pebisnis internet lain, mengikuti seminar/workshop dan banyak lagi. Semakin banyak yang kita pelajari, mudah-mudahan semakin baik upaya kita untuk bisa sukses dalam bisnis internet ini.

Nah rekan pembaca yang baik hatinya, itu dia 5 tips dari saya untuk teman-teman yang mau memulai bisnis sejak di bangku sekolah atau kuliah. Semoga artikel ini bisa menginspirasi ya.

Tetap semangat dan semoga sukses selalu :),

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • bisnis di internet mungkinkah bagi mahasiswa
  • cara berbisnis untuk pelajar
  • bisnis internet untuk pelajar
  • bisnis internet mungkinkah bagi mahasiswa?
  • cara memulai menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa
  • bisnis internet bagi pelajar
  • cara memulai usaha bagi mahasiswa
  • menjadi sukses semuda mungkin
  • memulai bisnis untuk mahasiswa
  • bisnis pelajar di internet
Be Sociable, Share!