Punya Website? Ini Tips Membuat Halaman Profil di Web

Salah satu elemen penting yang perlu ada di website adalah halaman profil.

Entah website Anda berupa blog pribadi, toko online, atau mungkin web perusahaan, tetaplah butuh halaman profil.

Melalui halaman profil, kita bisa menginformasikan berbagai hal untuk pengunjung. Mulai dari profil bisnis/diri kita, cerita dibalik blog/web kita, dan banyak lagi.

Dalam posting ini, sudah dibagikan sebuah video yang akan memandu Anda membuat halaman profil di website.

Halaman Profil = Saluran Untuk Memperkenalkan Diri/Bisnis Anda

Halaman profil adalah halaman yang bisa kita gunakan untuk menampilkan profil bisnis/diri kita. Tergantung jenis web yang Anda kelola. Jika Anda mengelola blog pribadi, maka tentu isi halaman profilnya seputar blog dan diri Anda.

Jika Anda mengelola web perusahaan, maka tentu isi halaman profilnya adalah profil perusahaan/bisnis tersebut.

Halaman profil dapat digunakan untuk:

  • Mengenalkan profil diri/bisnis kita. Tak sekadar memberi informasi biodata diri/bisnis kita, halaman profil bisa dipakai untuk mengomunikasikan nilai-nilai bisnis kita, cerita bisnis kita, menampilkan kredibilitas brand kita, dan banyak lagi. Singkatnya, usai membaca/melihat halaman profil, pengunjung web akan menjadi lebih kenal dengan kita.
  • Membangun interaksi dan keterikatan dengan pengunjung/pembaca web kita. Jika mereka sudah kenal dengan kita, maka tentu akan lebih mudah untuk membangun interaksi. Ingat kata peribahasa, tak kenal maka tak sayang.

Video: Tips Membuat Halaman Profil di Blog/Website

Bulan Februari 2017 lalu saya membuat video yang berjudul Tips Membuat Halaman Profil di Blog. Video tersebut berisi 4 tips untuk membuat halaman profil. Tips-tips dalam video tadi dapat diterapkan di website/blog Anda.

Selengkapnya, sila simak video berikut.

Ringkasan isi video:

  1. Langsung beritahu apa manfaat blog/web Anda bagi pengunjung. Di awal halaman, langsung beritahu apa pentingnya blog/web Anda bagi pengunjung. Pengunjung mencari manfaat bagi mereka. Untuk itu langsung beritahu manfaat dan pentingnya web/bisnis Anda bagi pembaca.
  2. Tampilkan bukti sosial/testimonial. Jika Anda pernah diliput media, maka Anda bisa tampilkan liputan tersebut di web. Atau, jika Anda mendapatkan komentar positif/apresiasi dari orang lain, maka tampilkan testimoni/apresiasi tadi di halaman profil. Hal ini bertujuan agar pengunjung makin yakin dengan kredibilitas dan kapabilitas diri/bisnis Anda.
  3. Jika berupa web pribadi (misal: blog), maka ceritakan tentang Anda. Anda bisa bercerita tentang awal mula Anda mendirikan blog, latar belakang pekerjaan, keahlian, latar belakang pendidikan, hobi, dan info-info personal lainnya. Tunjukkan sisi personal Anda pada pembaca. Hanya saja, jangan lupa untuk menyaring mana info yang privasi mana yang untuk publik. Bagi web perusahaan, tampilkanlah cerita di balik perusahaan Anda. Komunikasikan pesan Anda dengan menarik, personal, dan menyentuh.
  4. Sertakan call to action/ajakan. Anda harus tahu apa goals utama Anda dalam mengelola web. Apakah ingin orang-orang subscribe di web Anda? Ingin orang-orang mengikuti Anda di media sosial? Ingin membangun loyalitas pelanggan? Atau seperti apa? Setelah tahu apa goals-nya, maka tampilkan ajakan di halaman profil. Contoh, jika tujuan Anda adalah meningkatkan pengikut di media sosial, maka ajaklah pembaca untuk follow akun media sosial Anda.

Untuk menyimak video-video lainnya, yuk subscribe di channel Jefferly Helianthusonfri.

Inspirasi Lainnya

Jika Anda butuh inspirasi dalam membuat halaman profil, berikut beberapa contoh yang menarik.

  • Zappos.com. Di halaman profilnya, Zappos menampilkan cerita awal mula berdirinya perusahaan mereka. Cerita yang menarik. Anda bisa belajar dari hal tersebut.

Halaman profil perusahaan di situs Zappos.

  • Google.com. Siapa yang tak kenal dengan Google? Google memberi inspirasi yang bagus dalam membuat halaman profil perusahaan. Mereka menampilkan story telling yang menarik seputar nilai-nilai mereka, kegiatan perusahaan, peluang karir, dan banyak lagi. Tak ketinggalan, mereka memakai video-video yang menarik seperti berikut ini.

  • Starbucks.com. Anda sering ngopi di Starbucks? Mungkin Anda juga bisa belajar dari Starbucks dalam membuat halaman profil perusahaan. Di halaman profilnya, Starbucks menampilkan beragam informasi seputar: produk mereka, misi mereka, partner, portofolio brand, informasi seputar investor, dan banyak lagi. Starbucks memakai tampilan yang sederhana.

Selain membuat halaman profil yang menarik, jangan lupa untuk baca artikel berikut:

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara jualan online laris di facebook
  • apa itu com blogger
  • jual barang dengan fanspage facebook
  • cara promosi dengan komunitas
  • cara promo online shop di facebook
  • cara pintar beriklan di facebook
  • cara mendapatkan pasif income google
  • cara mempromosikan club
  • cara memasarkan produk lewat facenook
  • cara memasarkan barang via fb
Be Sociable, Share!