Tips Jualan dan Bisnis Online di Blog

jualan onlineMencari tips agar sukses berjualan lewat blog? Ingin tahu apa saja kiat dan tips sukses berjualan dan bisnis online lewat blog? Jika ya, maka Anda sudah datang ke artikel yang tepat :).

Seiring dengan semakin banyaknya para pelaku bisnis yang memanfaatkan blog dalam berjualan, maka persaingan antar blog pun menjadi semakin sengit. Mau tak mau aroma persaingan ini memaksa para pebisnis online memacu kreativitas dan melakukan berbagai inovasi dalam memasarkan produk mereka. Lantas, apakah memang sedemikian sulitnya untuk sukses berjualan online lewat blog itu?

Tidak, untuk sukses itu tidak sulit. Hanya saja memang untuk sukses butuh kerja keras dan konsisten. Singkat kata, jika Anda ingin sukses berjualan lewat blog, maka lakukanlah tips dan kiat berikut ini secara konsiten dan berkelanjutan.

Pengalaman saya di awal 2013 ini memberi saya beberapa inspirasi untuk menulis artikel ini, dan setelah merenung maka jadilah artikel ini. Berikut saya bagikan tips sukses berjualan online lewat blog.

1. Gunakan Konsep 4 : 1.

4 banding 1Waduh konsep apa nih Jeff? Kayanya saya baru dengar? 

Mungkin sebagian besar dari Anda baru saja mendengar konsep ini. Ya betul sekali bahwa ini konsep baru di JefferlySuperClub, dan memang belum pernah saya sampaikan di blog ini sebelumnya. Jadi seperti apa konsep 4 : 1 ini? Berikut pembahasan selengkapnya.

Konsep 4 : 1 ini artinya adalah diantara 4 artikel blog Anda, pastikan hanya ada satu artikel promosi. Jadi dapat kita buat kesimpulan bahwa artikel promosi itu maksimal hanya boleh 25 % dari isi blog Anda. Anggap saja dalam blog Anda ada 100 artikel, maka sebaiknya hanya ada 25 artikel promosi. Kenapa harus seperti ini?

Sebab orang-orang kurang suka menjadi target jualan, Anda pun pasti demikian, coba deh bagaimana rasanya jika setiap hari selalu ada saja sales yang datang ke rumah Anda? Tidak enak kan? Nah para pembaca blog Anda juga seperti itu.

Mereka datang ke blog Anda karena mereka mau mencari informasi, mereka mau belajar, mereka mau inspirasi. Dan jika kebutuhan mereka sudah terpenuhi, dan mereka suka dengan blog Anda, maka mereka akan lebih welcome dan open dengan penawaran yang Anda lakukan.

Siap menerapkan konsep ini?

2. Update Konten Blog Anda Secara Rutin.

Sesibuk apapun Anda sebagai seorang pebisnis, selalu luangkanlah waktu untuk mengupdate blog Anda. Jika tidak memungkinkan mengupdate blog setiap hari, cobalah untuk setidaknya satu minggu sekali. Para pengunjung datang ke blog Anda karena mereka butuh informasi atau ilmu dari Anda, jadi jika blog Anda punya banyak konten (artikel) yang menarik dan bermanfaat, orang-orang akan suka dengan blog Anda.

Lantas gimana kalau saya ini kurang suka menulis, Jeff?

Tenang :). Milikilah sebuah tim. Dalam berbisnis kita perlu punya tim, jika Anda kurang suka atau tidak tertarik untuk menulis maka delegasikanlah tugas menulis itu pada orang lain dalam tim Anda. Misalnya suruh rekan Anda, atau siapapun yang berminat ikut serta dalam bisnis online yang Anda jalankan.

Atau solusi lainnya, Anda bisa pakai layanan dari rekan-rekan kita yang berbisnis jasa penulisan artikel di blog.

3. Buat Orang-Orang Menikmati Blog Anda.

menikmati blog AndaSebagai seorang pebisnis online, meskipun saat ini saya masih SMA kelas XI (kelas 2 SMA), hampir setiap hari saya selalu membaca buku-buku strategi pemasaran, mulai dari buku hasil karya Ippho Santosa, Hermawan Kartajaya, dan sederet nama-nama guru pemasaran lainnya.

Dan hampir semua buku pemasaran yang saya pelajari mengajarkan bahwa dalam melakukan pemasaran dan penyajian produk, kita harus bisa menciptkan pengalaman (experience) yang membuat pelanggan feel good. Dan hukum ini juga berlaku bagi bisnis online lewat blog.

Pastikan blog Anda sanggup membuat para pengunjungnya feel good, jika mereka sudah merasa feel good, mereka akan dengan senang hati menjadi pelanggan Anda :). Bagaimana cara agar orang-orang merasa “WOW” ketika bertandang ke blog Anda? Ini dia kiat dan tips dari saya.

  • Berikan hadiah gratis yang tidak ada atau jarang ada di blog lain. Ya strategi ini hampir selalu dipakai oleh para master-master internet marketing. Di blog yang mereka miliki, mereka pasti selalu memberikan hadiah, ya hadiah. Entah itu hadiah yang berupa ebook gratis, kaos, atau apa saja. Setiap orang suka hadiah, jadi bahagiakanlah para pelanggan Anda dengan hadiah :). Contoh nyatanya, bisa Anda lihat di sini.
  • Bersahabatlah dengan para pengunjung blog Anda. Jadikan pengunjung blog Anda sebagai sahabat, bukan sebagai target jualan. Jadi ketika mereka bertanya, atau ketika mereka mengrimi Anda email, jawablah email/pertanyaan tersebut. Sesibuk apapun Anda, berikanlah perhatian pada mereka. Ingat loh ya, sebuah blog tidak ada artinya tanpa pengunjung.
  • Pakailah desain blog yang menarik dan nyaman 🙂.

4. Tingkatkan Kemampuan Anda Dalam Hal Copywriting.

copywriting skillCopywriting adalah sebuah teknik menulis yang bertujuan membuat suatu tulisan secara persuasif dengan tujuan mencapai penjualan ataupun pemasaran. Nah kemampuan inilah yang harus senantiasa diasah dan dikembangkan oleh para pebisnis online yang berjualan lewat blog. Sebab buah dari kemampuan dan penerapan copywriting yang baik adalah :

  • Anda akan mampu memasarkan produk Anda lewat artikel/tulisan secara menarik, dan tentu saja dampaknya penjualan akan meningkat.
  • Anda akan mampu membuat berbagai tagline (slogan) yang membuat brand  produk Anda semakin kuat.
  • Anda akan mampu menyajikan artikel yang menarik dan berkesan bagi pembaca.

Jadi, mari belajar dan tingkatkan kemampuan copywriting Anda.

Baiklah rekan-rekan pembaca, itu dia beberapa kiat dan tips agar sukses berjualan online lewat blog. Jika Anda punya tips lainnya, jangan lupa untuk berbagi lewat komentar yang Anda sampaikan ya :).

Tetap semangat dan sukses selalu untuk Anda.

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • jualan di blog
  • cara berjualan lewat online
  • berjualan online di blog
  • belajar membuat blog jualan online
  • isi blog jualan
  • tips jualan di blog
  • strategi jualan online
  • blog untuk berjualan
  • blog jualan
  • tips jualan dan bisnis online di blog
Be Sociable, Share!