Tips Internet Marketing Untuk UKM di Era Mobile

ilustrasi pengguna mobile

Dalam beberapa tahun terakhir, sudah terjadi banyak perubahan dalam bisnis, termasuk dalam marketing. Semakin populernya sosial media dan makin mudahnya mendapatkan smartphone menjadikan mayoritas orang sudah menggunakan ponsel pintar. Akibatnya kegiatan menjelajah internet lebih banyak dilakukan melalui device yang ada dalam genggaman tangan.

Singkatnya, era mobile sudah terjadi dan makin hari semua kegiatan internet marketing akan menuju ke era mobile. Lantas, bagaimana strategi yang dapat diterapkan oleh UKM agar bisa tetap efektif berpromosi di era mobile ini?

Dalam tulisan ini, kami membagikan sejumlah kiat dan tips internet marketing untuk UKM agar bisa efektif berpromosi di era mobile.

Tren Digital Marketing : Beralih ke Mobile

Bukti dari adanya perubahan tren dari desktop ke mobile adalah sebagian besar orang Indonesia mengakses internet dengan menggunakan smartphone mereka. Tak hanya itu, situs media sosial seperti Facebook juga lebih banyak diakses oleh mereka yang menggunakan perangkat mobile. Hal ini tidaklah mengherankan sebab penetrasi ponsel di Indonesia sangatlah besar.

Grafik berikut menggambarkan besarnya penetrasi smartphone di Indonesia.

pertumbuhan jumlah pengguna smartphone Indonesia

Sedangkan grafik berikut juga menunjukkan bukti bahwa dalam tahun-tahun mendatang jumlah pengguna ponsel pintar akan semakin banyak.

jumlah pengguna smartphone di dunia

Dengan adanya fenomena ini, maka mau tidak mau para pemasar harus beradaptasi. Termasuk dalam hal internet marketing, kita perlu menyesuaikan sejumlah strategi agar tepat untuk kalangan yang menggunakan perangkat mobile.

Berikut sejumlah tips internet marketing untuk UKM dalam melakukan marketing ke pengguna mobile.

1. Gunakan Blog/Website yang Mobile Friendly

Dalam tahun-tahun mendatang, website akan tetap diperlukan dalam kegiatan internet marketing. Hanya saja, website tidak lagi seperti web yang dulu yang berorientasi pada pengguna desktop. Di era mobile, website harus dibuat ramah untuk pengguna mobile. UKM perlu punya website yang mobile friendly.

Inilah ciri-ciri website yang mobile friendly.

  • Tampilan website yang responsif. Artinya, tampilan web Anda harus reponsif (bisa menyesuaikan secara otomatis sesuai dengan perangkat yang mengakses). Contoh kalau web Anda diakses dari komputer tablet, maka tampilan websitenya akan sesuai dengan layar tablet tersebut. Demikian ketika web Anda diakses dari ponsel pintar, maka tampilannya akan sesuai dengan tampilan ponsel pintar tersebut.
Contoh tampilan website yang responsif.

Contoh tampilan website yang responsif.

  • Loading website yang cepat dan tidak menguras kuota paket data. Pengguna mobile cenderung menghindari website yang loadingnya lama. Untuk itu, pastikan loading website Anda cepat. Tak hanya itu, website kita juga harus hemat kuota. Pastikan website kita dibuat dengan efisien. Di website, pastikan tidak banyak gambar yang tidak diperlukan, tampilannya sederhana, sehingga ramah bagi pengguna mobile.

Bagaimana cara menjadikan tampilan website kita responsif?

Untuk menjadikan web Anda responsif, Anda dapat menggunakan template yang responsif. Jika Anda menggunakan WordPress, maka saat mencari tema, pastikan Anda mencari tema yang mobile friendly (responsive).

Mencari tema yang desainnya responsif di WordPress.

Mencari tema WordPress yang responsif.

2. Optimalkan Penggunaan Media Sosial

sosial media
Dalam pemasaran di era mobile, kita juga bisa memanfaatkan media sosial. Media sosial yang populer seperti Facebook atau Twitter sudah dibuat agar nyaman bagi pengguna mobile. Nah, dalam upaya menjangkau pengguna mobile, Anda dapat memanfaatkan keberadaan media sosial semacam ini.

Untuk itu, pelaku UKM juga perlu memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sarana pemasaran mereka. Tips-tips pemasaran lewat sosial media Facebook dapat Anda pelajari di artikel ini : Tips Sukses Jualan Online di Facebook.

3. Sesuaikan Konten yang Dibuat dengan Target Pasar

Tips yang ketiga adalah kita perlu menyesuaikan konten yang kita buat dengan target pasar (pengguna mobile). Kita perlu menyiapkan konten-konten yang mobile friendly. Seperti apa konten yang ramah bagi pengguna mobile? Berikut karakteristiknya.

  • Tidak terlalu panjang. Karakteristik dari pengguna mobile adalah mereka membutuhkan informasi secara cepat. Untuk itu, pastikan tulisan/konten yang kita buat tidak terlalu panjang. Tulisan yang tidak terlalu panjang bisa langsung dibaca secara cepat. Bagi sebagian besar orang, konten yang tidak terlalu panjang lebih menarik dibanding konten yang terlalu panjang. Ketika mereka dihadapkan pada konten yang terlalu panjang, biasanya pengguna mobile akan malas dan melewati konten Anda.
  • Tidak berukuran besar.  Biasanya pengguna mobile mengakses internet dengan menggunakan paket data. Untuk itu, konten yang kita buat juga tidak perlu berukuran besar. Konten yang berukuran besar (seperti gambar yang resolusinya sangat tinggi) akan menguras kuota paket data dan bisa memberatkan loading website (ketika diakses oleh pengguna mobile).

Agar dapat membuat konten yang sesuai dengan target pasar, Anda harus memahami siapa target pasar Anda. Anda juga harus tahu seperti apa kebutuhan mereka. Di sinilah pentingnya mempelajari target pasar.

Rekan pembaca sekalian, itulah beberapa tips internet marketing untuk UKM di era mobile. Silakan aplikasikan berbagai inspirasi yang telah Anda dapatkan. Sukses selalu untuk UKM Indonesia.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel JefferlySuperClub via Twitter.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • grafik marketing
  • grafik pengguna internet di indonesia 2015
  • grafik pengguna smartphone
  • grafik penggunaan smartphone indonesia
Be Sociable, Share!