Tips dan Cara Menulis Promosi Dahsyat di Blog


“People do not care how much you know until they know how much you care.”

Orang lain tidak akan perduli seberapa besar pengetahuan Anda hingga mereka tahu seberapa besar peduli Anda terhadap mereka.

Memasuki era media sosial seperti ini, penggunaan blog untuk kegiatan promosi menjadi makin gencar dilakukan. Mulai dari para UKM, hingga sejumlah brand besar pun getol memberdayakan blog untuk marketing dan menciptakan lebih banyak penjualan. Pada artikel kali ini, Jefferly Helianthusonfri (penulis internet marketing sekaligus Co-Founder JefferlySuperClub.com) akan membahas secara mendalam mengenai tips menulis promosi di blog Anda.

Asian Family Customers Shopping in The Super Market (Flickr.com)

Buat penawaran di blog Anda, penawaran yang menarik orang-orang.

Ketika merintis startup JefferlySuperClub.com ini saya sempat mendapatkan sejumlah pertanyaan dari kawan-kawan yang sedang mulai belajar bisnis internet, gimana sih menulis promosi di blog?

Atau pertanyaan semacam ini, cara promosi di blog itu bagaimana ya,

ada nggak kiat dan metode supaya kita jago menulis penawaran (promosi) di blog?

Ternyata ada lho teknik dan metode khusus untuk meningkatkan penjualan melalui blog. Teknik tersebut dinamakan dengan CRO (Conversion Rate Optimization), jika SEO tujuannya adalah untuk mendapatkan pengunjung yang tertarget dari mesin pencari maka lain halnya dengan CRO. CRO tujuannya adalah mengoptimalkan blog/website kita agar rasio closing (terjadinya penjualan)/tercapainya tujuan kita menjadi lebih tinggi.

Elemen-elemen dalam hal CRO sudah kami kupas dalam buku Cepat Tepat Dahsyat Promosi Toko Online yang akan terbit kemungkinan pada bulan Agustus 2013.

Tapi kali ini kita tidak bicara soal CRO, kita akan bicara soal bagaimana menulis penawaran (promosi) secara ampuh di blog kita.

Berikut beberapa inspirasi dahsyat untuk Anda yang mau menulis promosi (penawaran) secara ampuh dan optimal di blog.

1.Tunjukkan Kepedulian Anda

Pada awal posting, saya memulai dengan quote yang begitu JLEB, begitu menohok hati, pahamilah bahwa orang-orang tidak peduli terhadap pengetahuan Anda, mereka tidak peduli terhadap penawaran Anda. Mereka baru akan peduli setelah Anda mulai peduli pada mereka.

Nah inilah tips pertama, yakni tunjukkan kepedulian Anda dalam setiap penawaran yang Anda buat.

Bagaimana menunjukkan kepedulian terhadap pengunjung blog Anda? Bisa dengan cara ini :

Tuliskan (sambil tanyakan) masalah-masalah yang mereka hadapi pada awal penawaran Anda. Misalnya seperti ini

“Apakah Anda pernah merasakan betapa tidak enaknya mengalami perut yang buncit?”

“Apakah Anda juga mengalami penurunan kepercayaan diri karena perut yang besar?”

peduli (care) pada pembaca blogAnd then.. setelah Anda tulis dan tanyakan masalah-masalah seperti di atas, Anda mulai bisa masuk ke penawaran Anda. Tidak lain tidak bukan, kita bertanya sebagai bukti rasa empat kita pada mereka.

Selain dengan menggunakan pertanyaan seperti di atas, Anda juga bisa membumbuhi penawaran (promosi) Anda dengan kata-kata seperti

  • “Saya pernah merasakan seperti yang Anda rasakan… “
  • “Saya mengerti betul, betapa terganggunya hari-hari saya karena ….(tulis masalah orang-orang target promosi Anda)….

Siap mencobanya? :)

2. Utamakan Untuk Selalu Memberi Informasi dan Manfaat

Sekalipun Anda menggunakan blog untuk tujuan promosi dan komersial, pastikan untuk selalu memberi informasi atau sesuatu yang bermanfaat bagi orang-orang.

Kombinasikan promosi yang Anda lakukan dengan informasi yang bermanfaat, misalnya Anda menggunakan blog untuk menawarkan produk obat jerawat, nah selalu usahakan untuk melengkapi penawaran Anda dengan tips-tips terkait produk Anda, misalnya tips mencegah munculnya jerawat, tips perawatan wajah, dan sebagainya.

Prinsip 4 : 1 yang pernah kami bahas di artikel Tips Jualan dan Bisnis Online di Blog pasti akan bermanfaat bagi Anda.

3. Lengkapi Penawaran dengan Konten Multimedia

Ini tidak wajib, tetapi untuk produk-produk tertentu akan sangat membantu. Dalam promosi dan penawaran yang Anda buat di blog, Anda juga bisa menambahkan konten multimedia seperti video, audio, hingga slide yang berisi penawaran produk Anda.

Hadirnya konten tambahan, entah itu yang berupa video maupun slide bisa menambah ketertarikan dari orang yang membaca penawaran Anda. Dan jangan lupa, pastikan penggunaan konten tambahan ini adalah untuk membantu pembaca semakin mudah memahami penawaran dari Anda.

Panduan menambahkan konten multimedia di website/blog bisa Anda dapatkan di sini.

4. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Boleh saja memakai bahasa daerah, jika memang target konsumen Anda adalah orang-orang untuk wilayah tertentu. Tetapi jika target konsumen Anda adalah orang Indonesia secara keseluruhan, maka gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tujuannya bukan hanya untuk memudahkan artikel Anda dipahami orang-orang, tetapi lebih dari itu hal ini untuk menunjang kesan profesional dari bisnis Anda.

5. Jujur, Sederhana dan Ramah

Ingat, orang sukses itu pasti jujur, ramah (mudah berhubungan dengan orang lain) dan sederhana. Ingat itu dan mari kita praktikkan selalu :)

6. Jangan Lupa Call to Action

Satu hal penting lainnya yang tidak bisa kita lupakan adalah call to action. Jangan sampai ketika Anda menulis penawaran sudah panjang lebar, ba-bi-bu.., membahas ini dan itu, tetapi Anda tidak menyertakan call to action.

Call to action ini wajib Anda tambahkan agar pembaca penawaran Anda menjadi semakin berminat untuk segera melakukan apa yang Anda anjurkan, entah itu mengorder produk Anda, mendaftar di mailing list Anda, me-like halaman Facebook Anda, dan sebagainya.

contoh call to action pada penawaran di blog

contoh call to action pada penawaran di blog

Contoh call to action yang efektif misalnya :

  • Beli (tulis produk Anda di sini) sekarang, dan dapatkan bonus (tuliskan bonus dari Anda)
  • Like (tulis nama halaman Facebook Anda), dan dapatkan ribuan tips gratis seputar….
  • Mau mendapatkan (tulis produk Anda) dengan diskon dan penawaran terbatas? Klik di sini..

Dan ada banyak lagi contoh call to action yang bisa Anda buat.

Saya yakin dengan menerapkan 6 tips di atas secara terus menerus, profit yang Anda dapatkan akan terus meningkat. O iya, jangan lupa saya akan sering share tentang blog marketing di Twitter @JefferSuperClub dan di fans page JefferlySuperClub.com.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • belajar kata-kata promosi
  • berbisnis super pintar
  • blog cepe ukm marketing kalimat promosi ampuh
  • cara penulisan promosi pada twitter
  • kalimat promosi cepat tepat
  • kata2 untuk teknik promo yg baik
  • pemanfaatan blog untuk promosi brand
  • penulisan utk promosi
Bantu Share ya :)