Tips Blogging : Update Artikel Itu Penting Tapi Jauh Lebih Penting Mempromosikannya

ilustrasi-kreatif-bisnis-online

Artikel ini adalah artikel tamu yang ditulis oleh : Tresna Amanah, blogger dari Tresnamedia.com.

Sahabat, melakukan update artikel merupakan suatu hal yang harus di lakukan blogger secara berkelanjutan guna menjaga agar trafik blog tetap stabil dan para pembaca blog tidak bosan.

Hanya saja, sebenarnya ada satu hal yang jauh lebih penting dari sekadar membuat konten.

Mau tau apa itu?

Hal tersebut adalah mempromosikan konten atau artikel yang sudah dibuat.

Maka jangan heran kalau ada banyak sekali blogger yang sudah mempunyai ratusan artikel di blognya, namun pengunjungnya juga masih ratusan.

Padahal, idealnya jumlah pengunjung blog bisa puluhan kali lipat dari jumlah artikel di blog kita.

Inilah yang banyak tidak di sadari para blogger baru, mereka menyangka setelah artikel selesai dibuat, maka pengunjung akan datang dengan sendirinya, untuk membaca artikel tersebut.

Datang dari mana coba?

Sedangkan untuk mendapatkan peringkat yang bagus di search engine, artikel kita haruslah memiliki banyak penayangan dan rujukan dari website-website lain lebih dulu. Barulah setelah itu bisa mendapatkan peringkat yang bagus di search engine. Kalau tidak, maka selamanya artikel kita akan tenggelam di telan bumi dan tak tau lagi di mana rimbanya.

Dalam artikel ini saya ingin mengajak sahabat semua untuk rutin mempromosikan konten blog yang sudah ditulis.

Berikut beberapa hal penting yang harus kita lakukan setelah mengupdate artikel di blog.

1. Membagikan Konten di Social Media

sosial mediaSocial media merupakan sumber traffic terbesar kedua setelah search engine. Tak heran kalau banyak website dan brand besar memanfaatkan social media untuk mempromosikan sekaligus mencari traffic pengunjung dari sana.

Nah kalau website besar saja melakukan hal itu, lalu kenapa kita tidak?

Kita juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai saran untuk memperkenalkan blog kita kepada teman-teman, keluarga, maupun pengguna lain yang tidak kita kenal sekalipun. Lambat laun, artikel kita bisa dibaca dan tak jarang jika para pembaca merasa artikel kita menarik, mereka akan membagikannya di social media milik mereka, yang tentunya bisa menjadi sumber traffik yang gratis bagi kita.

Di samping itu, media sosial juga sangat penting untuk membangun brand ataupun reputasi blog di mata para pengguna internet. Kenapa? Karena kadang orang-orang lebih mudah berkomunikasi melalui social media (seperti Facebook) di bandingkan melalui komentar di blog kita.

Namun ada satu hal yang harus diperhatikan. Membagikan artikel di social media tidak cukup hanya dengan membagikan link artikel kita ke fanspage ataupun akun pribadi milik kita. Apalagi jika follower kita masih sedikit, ini sangat-sangat tidak efektif.

Untuk itu mensiasati hal tersebut, kita bisa bergabung di grup ataupun komunitas yang mempunyai banyak anggota  dan tentunya masih sesuai dengan niche blog kita.

(Baca juga tulisan dari PanduanBlogging.com : Konsep Mendatangkan Trafik Blog dari Media Sosial).

2. Submit Konten ke Situs Social Bookmark

Mesikipun ada yang bilang cara ini sudah tidak efektif lagi, namun menurut saya masih sangat ampuh untuk mempromosikan artikel baru kita. Walau bagimanapun, artikel baru yang kita buat tetap memerlukan suntikan backlink dari website lain agar bisa mendapatkan peringkat yang baik di Google.

Namun sebelum melakukan hal ini, yang perlu diperhatikan adalah jangan submit artikel di social bookmarking yang memiliki kualitas rendah, di mana, tidak ada filter konten yang di muat di situ. Hal ini  justru akan membuat reputasi blog kita jelek.

Untuk itu pilihlah social bookmarking yang memiliki kualitas yang bagus dan yang memiliki filter konten yang dikelola oleh pemilik social bookmarking tersebut.

3. Lakukan Guest Posting di Blog Lain

Yang terakhir adalah guest poting di blog lain.

Ini juga sangat penting dalam upaya kita meningkatkan reputasi blog kita.

Dengan guest posting, selain kita akan mendapatkan traffic ke blog, kita juga bisa memperoleh backlink yang berkualitas, karena backlink tersbut berada di tengah konten dan bukan di komentar blog.

Namun tentunya kualitas artikel yang kita kirim ke blog lain haruslah kita jaga dan kita buat sama bagusnya dengan kita membuat artikel untuk blog sendiri. Tujuannya agar pemilik blog yang kita tuju mau menerima artikel kita untuk diterbitkan di blog mereka. Karena tentunya mereka juga tetap ingin menjaga kualitas artikel yang diterbitkan di blog kesayangan mereka.

Ada banyak sekali blog yang mau menerima guest blog ini, sobat bisa mencarinya di google dengan keyword “guest blog” atau “penulis tamu”.

Demikianlah hal-hal yang harus kita lakukan setelah menerbitkan artikel baru, untuk tambahan silahkan sobat baca cara ampuh memperbanyak pengunjung blog untuk pemula.

Be Sociable, Share!