Tiga Cara Meningkatkan Subscriber Blog/Website Anda

cara meningkatkan subscriber
Jika blog/website Anda memiliki fasilitas berlangganan artikel, sudah tentu pengunjung dapat dengan mudah mendaftar menjadi subscriber (pelanggan) konten blog/web Anda. Ketika mereka menjadi subscriber, pengunjung tadi akan mendapatkan pemberitahuan ketika ada konten terbaru di website Anda.

Jika saat ini Anda sudah mulai menyediakan fasilitas berlangganan artikel, sudah seberapa banyak subscriber yang Anda miliki?

Apakah sudah cukup banyak atau justru masih sedikit?

Bagaimana cara meningkatkan subscriber di website kita?

Pada tulisan ini kami akan mengulas tiga cara sederhana yang dapat digunakan untuk meningkatkan subscriber di website Anda. Cara-cara berikut tidak hanya dapat diterapkan untuk meningkatkan subscriber di website. Lebih dari itu, cara-cara berikut juga dapat digunakan untuk meningkatkan subscriber di akun YouTube ataupun media sosial Anda yang lain.

Inilah tiga kiat sederhana meningkatkan jumlah subscriber di website Anda.

1. Letakkan Widget Berlangganan Artikel pada Posisi yang Strategis

Cara pertama guna meningkatkan subscriber adalah Anda harus menempatkan widget berlangganan artikel pada posisi yang strategis. Posisi yang strategis adalah posisi yang selalu dan pasti terlihat oleh pengunjung web. Contoh posisi-posisi strategis untuk menempatkan widget berlangganan artikel :

  • di akhir artikel;
  • di halaman depan web Anda;
  • di sidebar atas;
  • di awal artikel;
  • di pojok kiri bawah setiap halaman;
  • di pop up yang muncul di tengah halaman.

pop up
Dengan menempatkan widget berlangganan artikel di posisi-posisi tadi, widget tersebut pasti terlihat oleh pengunjung. Dengan demikian, pengunjung akan lebih aware terhadap ajakan untuk menjadi subscriber website Anda.

Untuk itu, jika misalkan widget belum berada pada posisi strategis, pastikan widget berlangganan artikel segera Anda tempatkan pada posisi yang strategis.

2. Sisipkan Call to Action di Setiap Posting Anda

Agar jumlah subscriber semakin banyak, Anda juga bisa memasang call to action di setiap posting yang Anda buat. Ambil contoh, Anda dapat menampilkan call to action (ajakan) untuk menjadi subscriber pada akhir posting Anda.

Call to action ini bisa Anda tampilkan lewat kalimat dalam posting ataupun melalui banner.

Akhir posting merupakan posisi yang strategis untuk mempromosikan berbagai hal. Entah itu promosi produk Anda, profil media sosial Anda, ataupun ajakan untuk menjadi subscriber.

Jika selama ini Anda belum menempatkan call to action di akhir posting, Anda dapat segera memulai menampilkan call to action menjadi subscriber dalam setiap posting yang Anda tulis.

cara meningkatkan subscriber

Menempatkan ajakan berlangganan artikel di akhir posting.

3. Jelaskan Mengapa Mereka Perlu Menjadi Subscriber

Guna meningkatkan konversi subscriber, Anda dapat membuat sebuah halaman khusus. Melalui halaman tersebut, Anda menjelaskan mengapa mereka (pengunjung web) perlu mendaftar sebagai subscriber.

Halaman khusus yang berisi penjelasan ini dapat berupa posting khusus di blog ataupun bisa juga berupa squeeze page (halaman yang dipakai untuk menampilkan autoresponder guna menjaring email).

Contoh halaman khusus yang digunakan untuk menjelaskan alasan perlu menjadi subscriber.

Contoh halaman khusus yang digunakan untuk menjelaskan alasan mengapa perlu menjadi subscriber.

Dalam halaman khusus tadi, jelaskan berbagai manfaat yang akan didapat oleh subscriber. Dengan cara ini, orang-orang akan semakin yakin untuk menjadi subscriber web Anda.

Agar halaman khusus ini senantiasa dibuka oleh pengunjung, Anda dapat membuat banner yang bila diklik pengunjung akan diarahkan ke halaman khusus tadi. Banner tadi dapat Anda tempatkan di sidebar web Anda, di dalam posting, ataupun di berbagai tempat strategis lainnya.

Meskipun Anda sudah menerapkan tiga cara di atas, faktor terpenting terletak pada konten. Konten adalah daya pikat utama dalam sebuah website. Apabila Anda ingin mendapatkan banyak subscriber, Anda harus mampu menghadirkan konten yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengunjung. Anda harus tahu betul seperti apa konten yang dicari oleh pengunjung web Anda. Selanjutnya, buatlah konten dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan apa yang dicari pengunjung web.

Jika konten kita mengagumkan dan bermanfaat bagi pengunjung, mereka akan dengan senang hati untuk mendaftar sebagai subscriber web kita.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel JefferlySuperClub via Twitter.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara membuat subscriber sederhana blog
Be Sociable, Share!