Tiga Cara Mendapatkan Lebih Banyak Follower/Friend di Media Sosial

mendapatkan lebih banyak follower

Memiliki banyak follower/friend di media sosial, kerap kali menjadi salah satu Key Performance Indicator dalam kegiatan digital marketing. Tak heran, banyak kegiatan sosial media marketing yang befokus pada peningkatan jumlah follower di media sosial.

Dengan memiliki banyak follower/friend di media sosial, kita bisa memiliki audiens yang besar. Dengan jumlah audiens yang besar, akan semakin banyak orang yang menerima informasi yang kita publikasikan. Tak heran, ketika kegiatan sosial media marketing dilakukan, jumlah follower/fans/friend di media sosial kerap menjadi salah satu tujuan utama.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan lebih banyak follower di media sosial?

Berikut tiga cara sederhana untuk mendapatkan lebih banyak follower/friend di media sosial.

1. Miliki Media Publikasi dan Gunakan Media Tersebut

Untuk bisa memiliki banyak pengikut di media sosial, kita harus menjadikan akun media sosial kita populer.

Nah, supaya akun media sosial Anda populer maka Anda perlu punya media publikasi. Media publikasi ini bisa hadir dalam berbagai bentuk. Bisa berupa program televisi, bisa berupa buku, tulisan yang Anda muat di media masa, bisa berupa website/blog, ataupun media-media lainnya. Tokoh-tokoh publik seperti motivator populer, aktris, aktor, seniman populer, bisa punya banyak follower karena akun media sosial mereka dipublikasikan dan sering disebut di media-media populer.

Salah satu media publikasi yang mungkin untuk dimiliki oleh setiap orang adalah blog. Apapun profesi/bisnis Anda, Anda bisa punya blog. Contoh, kalau Anda seorang penulis maka jelas Anda perlu blog. Lewat blog tersebut Anda bisa berbagi ilmu menulis, berbagi cerita tentang pekerjaan penulis Anda, dan lain sebagainya. Kemudian, lewat blog tersebut, Anda juga bisa mempromosikan akun media sosial Anda.

Contoh lain, misalkan Anda punya klinik kecantikan. Nah, Anda bisa membuat blog.

Lalu, dalam blog tersebut Anda menulis tentang kecantikan. Dengan demikian, blog Anda dapat menjadi sarana promosi salon kecantikan Anda. Selain itu, jelas blog tersebut dapat Anda manfaatkan untuk promosi akun media sosial Anda.

Jadi, pastikan bisnis Anda sudah punya media publikasi sendiri. Media publikasi ini bisa berupa website/blog, akun media sosial, ataupun channel di YouTube.

2. Selalu Tampilkan Ajakan (Call to Action) dalam Tulisan Anda

Ketika Anda menulis di blog, pastikan Anda selalu menampilkan call to action (ajakan) untuk memfollow akun media sosial Anda. Ajakan untuk memfollow akun media sosial ini dapat Anda tampilkan di awal ataupun di akhir tulisan Anda.

Menampilkan ajakan memfollow akun Twitter di akhir tulisan.

Menampilkan ajakan memfollow akun Twitter di akhir tulisan.

Menampilkan call to action akan menjadikan pembaca blog/pengunjung web Anda lebih aware terhadap akun media sosial yang Anda miliki. Tak hanya itu, berikutnya mereka akan tertarik menjadi pengikut Anda di media sosial.

Call to action ini bisa Anda kemas dalam berbagai bentuk. Bisa dengan sekadar menampilkan nama Anda yang di dalamnya disisipi link menuju profil media sosial Anda, ataupun bisa dengan menampilkan ajakan langsung untuk mem-follow media sosial Anda.

3. Promosikan Akun Media Sosial Anda Dalam Berbagai Kesempatan

Ketika Anda memiliki kesempatan untuk mempromosikan akun media sosial, maka manfaatkanlah kesempatan tersebut. Contoh, ketika Anda sedang presentasi, Anda dapat menampilkan akun media sosial Anda dalam slide yang Anda gunakan. Misalkan, Anda ingin mempromosikan akun Twitter. Nah, Anda dapat menampilkan username akun Twitter Anda dalam setiap slide yang Anda gunakan.

Anda juga bisa mempromosikan akun media sosial Anda lewat email yang Anda tulis. Di setiap akhir email, Anda dapat menampilkan akun media sosial Anda. Dengan demikian, teman yang menerima email Anda dapat dengan mudah menjadi follower Anda di media sosial.

Contoh lain, misalkan Anda punya toko. Saat pembeli membeli produk Anda, mereka mendapatkan tas belanja. Nah, di tas belanja tersebut Anda dapat menampilkan alamat website ataupun akun media sosial Anda. Dengan demikian, orang-orangĀ  semakin sadar akan keberadaan website dan brand Anda. Ketika ada space (ruang) yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi akun media sosial/alamat web Anda, maka manfaatkanlah ruang tersebut.

Menampilkan akun media sosial/alamat web di tas belanja termasuk ide yang dapat Anda coba.

Menampilkan akun media sosial/alamat web di tas belanja termasuk ide yang dapat Anda coba.

Rekan pembaca, itulah beberapa kiat sederhana untuk menambah jumlah follower Anda di media sosial. Intinya, sering-seringlah mempromosikan akun media sosial Anda. Makin sering akun media sosial Anda dipromosikan, makin banyak follower yang bisa Anda dapatkan. Semoga tiga cara mendapatkan lebih banyak follower ini bermanfaat bagi Anda.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel JefferlySuperClub via Twitter.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • ajakan untuk mengfollow media sosial kita bahasa inggris
  • Cara mendapatkan fans di media social
  • cara publikasikan akun yuotube d media sosial
  • contoh publikasi dalam sosial media
  • tokoh penginspirasi yg punya banyak pengikut di medsos
  • tulisan profil media sosial
Be Sociable, Share!