Sudahkah Website Anda Mobile Friendly?

tampilan yang mobile friendly

Di tahun 2015, Google mengeluarkan algoritma Mobilegeddon. Algoritma tersebut berkaitan dengan website mobile. Intinya, dengan hadirnya algoritma tersebut, Google menjadikan mobile friendly sebagai salah satu indikator penting dalam optimalisasi website. Jika website kita tidak mobile friendly, maka hal tersebut bisa berdampak buruk terhadap kegiatan SEO yang kita lakukan.

Lantas, apakah website Anda sudah mobile friendly?

Dalam tulisan ini, kami akan mengulas cara sederhana untuk mengecek apakah website kita sudah mobile friendly atau belum. Tak hanya itu, kita juga akan membahas cara sederhana untuk menjadikan website kita mobile friendly.

Cara Mengecek Apakah Website Sudah Mobile Friendly atau Belum

Ada satu fasilitas dari Google Webmaster Tools. Fasilitas ini dapat kita gunakan untuk mengecek apakah website kita sudah mobile friendly atau belum. Berikut cara mengeceknya.

1. Silakan kunjungi alamat : https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/ dari web browser Anda.

2. Isi kotak yang tersedia dengan alamat website Anda, lalu klik analyze.

cek mobile friendly 1

3. Setelah proses selesai, akan tampil informasi apakah website Anda sudah mobile friendly atau belum.

Tak hanya itu, di bagian gambar ponsel, Anda juga bisa melihat seperti apa tampilan web Anda ketika diakses dari perangkat mobile.

cek mobile friendly 2

Sampai di sini kita sudah berhasil mengecek apakah website kita mobile friendly atau tidak. Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara menjadikan website kita menjadi mobile friendly? Ini dia jawaban selengkapnya.

Cara Agar Tampilan Website Menjadi Mobile Friendly

Salah satu cara menjadikan website kita mobile friendly adalah dengan menerapkan responsive web design (desain website yang responsif). Dengan memakai RWD, website kita akan menyesuaikan tampilannya sesuai dengan perangkat yang mengakses. Ambil contoh, ketika website kita diakses oleh ponsel pintar maka tampilan web kita akan sesuai dengan lebar layar ponsel pintar tersebut.

Untuk menjadikan tampilan website menjadi responsif, kita bisa menggunakan tema website yang memang responsif. Bagi Anda pengguna WordPress, Anda dapat memakai tema WordPress yang responsif. Sedangkan bagi Anda pengguna Blogger, Anda juga dapat menggunakan template Blogger yang responsif.

Mencari tema WordPress yang tampilannya responsif.

Mencari tema WordPress yang tampilannya responsif.

Cara lain untuk menjadikan web Anda mobile friendly adalah dengan membuat versi mobile dari website Anda. Dengan adanya versi mobile ini, pengunjung akan langsung diarahkan ke versi mobile jika mereka mengakses web Anda dari perangkat non desktop.

Nah teman-teman, itulah pembahasan tentang website mobile friendly. Pastikan semua website Anda sudah memiliki tampilan yang mobile friendly. Jika web kita tampilannya tidak mobile friendly, tentu hal tersebut akan memberi pengalaman yang kurang baik bagi para pengunjung. Apalagi, semakin hari semakin banyak orang yang mengakses internet melalui perangkat mobile. Untuk itu, pastikan tampilan web Anda sudah mobile friendly.

banner horisontal langganan artikel

Be Sociable, Share!