Studi Kasus : Cara Menjual Produk Informasi dari KeajaibanMenulis.com

Banner-promosi- KeajaibanMenulisSalah satu cara monetisasi website/blog yang kita miliki di internet adalah dengan menjual produk informasi.

Apa itu produk informasi? Produk informasi adalah sebuah produk yang didalamnya terdapat banyak informasi yang ingin dibeli oleh konsumen.

Contoh produk informasi misalnya buku. Kenapa kita mau membeli sebuah buku? Tentu saja jawabannya karena buku tersebut mengandung informasi/ilmu yang kita butuhkan.

Nah seiring dengan perkembangannya produk informasi tidak lagi terbatas pada bentuk barang yang bisa disentuh, namun kini berbagai bentuk produk informasi sudah hadir. Contohnya produk informasi hadir dalam bentuk ebook dan video tutorial.

Di artikel ini kami akan menunjukkan studi kasus, seperti apa berbisnis online dengan cara menjual produk informasi itu. Studi kasus yang kami angkat kali ini akan diambil dari situs website KeajaibanMenulis.com – sebuah kursus online untuk orang-orang yang ingin menjadi penulis profesional.

Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini Anda bisa mendapatkan inspirasi baru dalam bisnis online. Siapa tahu beberapa dari Anda kelak bisa menghasilkan profit yang besar dari bisnis jualan produk informasi.

Produk Informasi Apa yang Ditawarkan di KeajaibanMenulis.com?

KeajaibanMenulis.com adalah sebuah kursus online yang ditujukan untuk membantu orang-orang yang mau menjadi seorang penulis profesional.

Produk informasi yang dihadirkan (materi kursus yang diberikan) disajikan dalam bentuk ebook, video tutorial dan konten (artikel) khusus premium member.

Jadi para peserta kursus di KeajaibanMenulis.com nantinya bisa mengakses materi dasar yang berupa paket ebook dan video tutorial. Kemudian guna mendukung proses pembelajaran, para peserta kursus juga akan terus mendapatkan materi-materi tambahan.

Berikut produk informasi yang dijual oleh KeajaibanMenulis.com :

  • Ebook Sukses Menghasilkan Uang dari Menulis Buku. Ebook ini adalah ebook yang isinya ditujukan untuk membantu orang-orang belajar menulis dan menerbitkan buku sendiri.
  • Ebook Panduan Jitu Menghasilkan Banyak Uang dari Menulis Artikel. Ebook ini adalah ebook yang fungsinya memandu orang-orang (para peserta kursus) untuk belajar menghasilkan uang dengan menjadi seorang penulis artikel profesional.

produk informasi

  • Paket video tutorial. Di dalam paket video tutorial telah tersedia beberapa video yang ditujukan untuk membantu peserta kursus dalam belajar.
  • Materi khusus premium member. Materi ini hanya bisa diakses oleh peserta kursus. Contoh materi khusus ini bisa Anda lihat langsung di halamanĀ ini.

Bagaimana Strategi Harga Dalam Menjual Produk Informasi?

Tidak ada aturan khsusu dalam menentukan harga produk informasi yang kita jual. Namun dalam menentukan harga suatu produk informasi kita perlu mempertimbangkan hal-hal berikut.

  1. Benefit (manfaat) yang diterima konsumen. Tentunya semakin banyak manfaat/semakin dahsyat manfaat yang akan didapat oleh konsumen, kita bisa memasang harga yang lebih tinggi. Bahkan tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa semakin mahal suatu produk semakin berkualitas produk itu.
  2. Perbandingan dengan produk lain. Maksudnya seperti ini, Anda boleh-boleh saja memasang harga yang tinggi untuk produk informasi Anda, namun pastikan bahwa harga yang Anda pasang itu realistis. Ambil contoh kalau Anda menjual ebook dan video tutorial panduan membuat website, tentu akan cukup mengherankan apabila harga produk Anda mencapai angka di atas 200 ribu Rupiah. Kenapa? Sebab di toko buku saja harga buku panduan website jarang sekali ada yang bisa mencapai di atas 60.000. Selengkap-lengkapnya produk Anda, Anda juga tetap perlu melihat dari sudut pandang pembeli.
  3. Biaya produksi yang Anda keluarkan. Meskipun biaya produksi produk informasi relatif kecil (iya kan kita tidak perlu mencetak produk informasinya), kita tetap perlu mempertimbangkan biaya khusus yang kita keluarkan dalam produksi. Seperti misalnya biaya desain cover produk kita, biaya iklan dan lain sebagainya.

Di KeajaibanMenulis.com sendiri harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni 150.000 Rupiah.

Dengan harga segitu peserta cukup satu kali saja membayar biaya pendaftaran maka mereka berhak mendapatkan materi pembelajaran secarat terus menerus.

Seperti Apa Strategi Pemasaran KeajaibanMenulis.com?

Kedepannya KeajaibanMenulis.com akan mengoptimalkan 3 media utama berikut.

  1. Halaman Facebook.
  2. Blog.
  3. Twitter.

Konsep promosi yang dipakai oleh KeajaibanMenulis.com adalah dengan mengoptimalkan sharing konten edukasi. Jadi KeajaibanMenulis.com tidak hanya berpromosi memaksa orang-orang membeli produk mereka, melainkan promosi yang dilakukan akan bersifat mendidik orang-orang.

Salah satu contoh bentuk promosi melalui konten edukasi misalnya seperti di artikel ini : Cara Mendapatkan Passive Income dengan Menjadi Penulis.

Untuk di Twitter, konten edukasinya akan dibagikan dalam bentuk kultwit (kumpulan tweet bersambung tentang suatu topik).

contoh kultwit edukasi di Twitter

contoh kultwit edukasi di Twitter

Apa Visi dari KeajaibanMenulis.com?

Visi dari KeajaibanMenulis.com adalah bisa melahirkan 500 penulis profesional baru di tahun 2014.

Nah itulah beberapa sharing tentang studi kasus berbisnis informasi dari KeajaibanMenulis.com. Semoga bermanfaat.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • artikel kasus produk
  • cara jitu menjual produk informasi
  • contoh artikel menjual produk
  • contoh membuat artikel studi kasus
  • contoh produk-produk dan cara menjualnya
  • contoh produksi yang kata kunci menghasilkan
  • contoh study kasus menjual / membeli produk
  • studi kasus menghasilkan online
Be Sociable, Share!