Strategi-Strategi Pemasaran GRATIS Untuk UKM

promosi produk UKM, pemasaran UKM

Ilustrasi pebisnis UKM (sumber gambar : http://www.bbc-law.co.uk/)

Untuk bisa meningkatkan penjualan produk-produk UKM, sudah tentu perlu dilakukan upaya pemasaran. Bicara soal pemasaran, ada beragam teknik marketing yang dapat diterapkan secara gratis. Dalam tulisan ini kita akan membahas berbagai strategi pemasaran gratis untuk UKM.

Inilah strategi pemasaran gratis yang cocok untuk UKM.

1. Content Marketing Lewat YouTube

social media marketing dengan YoutubeDi artikel sebelumnya (baca : Bagaimana Cara Melakukan Content Marketing Untuk UKM?), sudah dibahas bahwa salah satu media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan content marketing adalah YouTube. Lewat YouTube, pemasar dapat memublikasikan sebuah video, lalu dalam video tersebut diselipkan promosi tentang produknya.

Demikian halnya, para pelaku bisnis UKM juga dapat meanfaatkan YouTube sebagai salah satu media pemasaran. Pelaku bisnis UKM dapat membuat sebuah channel di YouTube. Selanjutnya, melalui channel tersebut mereka dapat memublikasikan berbagai video yang sifatnya dapat mendukung pemasaran UKM.

Contoh video yang dipublikasikan misalnya :

  • Tips penggunaan produk UKM.
  • Info menarik yang berkaitan dengan bidang UKM tersebut. Misal : UKM tersebut merupakan UKM yang menjual produk kuliner suatu daerah, maka video yang dibuat bisa berupa video promosi pariwisata daerah tersebut.
  • Tips-tips bermanfaat seputar bidang produk UKM. Contoh kalau produk yang dijual berupa perawatan dan kecantikan, maka video yang dibuat bisa seputar tips-tips kecantikan.

Dalam video yang dibuat, pastikan ada identitas brand UKM Anda. Anda bisa menampilkan logo bisnis Anda, menampilkan alamat website, menampilkan nomor telefon, dsb.

Panduan lengkap membuat video tutorial/video untuk channel YouTube dapat dipelajari di sini.

2. Memasarkan Produk UKM Lewat SEO

SEO (Search Engine Optimization) juga dapat digunakan sebagai salah satu strategi marketing UKM. Dengan penerapan SEO yang optimal, website/blog milik pelaku UKM bisa menembus halaman pertama pencarian Google. Bahkan bila didukung dengan SEO yang benar-benar dahsyat, maka bisa saja website/blog pelaku UKM menempati peringkat pertama pada hasil pencarian mesin pencari.

Ketika website Anda menempati halaman pertama hasil pencarian di Google, sudah tentu website Anda akan mudah untuk dijumpai oleh calon pembeli. Semakin banyak calon pembeli yang datang ke web Anda maka bisa saja penjualan semakin meningkat.

Lantas, bagaimana cara menerapkan SEO agar web/blog pelaku UKM bisa ranking 1 di Google?

Kiat-kiatnya sudah pernah dibahas di artikel berikut : Cara Menerapkan SEO Agar Web Ranking 1 di Google.

Melalui sebuah website, UKM dapat mengenalkan bisnis mereka.

Melalui sebuah website, UKM dapat mengenalkan bisnis mereka.

3. Gunakan Facebook Sebagai Media Promosi UKM

Facebook termasuk media sosial yang perlu dimanfaatkan dalam pemasaran produk-produk UKM. Melalui Facebook, pelaku UKM dapat memasarkan produk mereka dengan biaya yang relatif terjangkau. Ada berbagai macam fasilitas pemasaran di Facebook, di antaranya :

  • Akun personal di Facebook,
  • halaman Facebook,
  • dan grup di Facebook.

Pelaku UKM bisa memulai dengan membuat akun Facebook. Lalu, akun Facebook tadi dijadikan sebagai representasi bisnis UKMnya di Facebook. Gunakan logo bisnis Anda sebagai foto profil akun Facebook. Kemudian, gunakan akun Facebook tersebut untuk memublikasikan beragam konten yang berkaitan dengan pengenalan produk/bisnis Anda.

Contoh, misalkan produk UKM yang Anda pasarkan adalah produk kuliner. Nah, di akun Facebook, Anda dapat memberikan konten-konten yang berkaitan dengan bidang kuliner. Tak hanya itu, Anda juga bisa menulis konten-konten yang sesuai dan disukai oleh target pasar Anda.

Selain akun Facebook, halaman Facebook juga dapat digunakan oleh pelaku UKM. Berbeda dengan akun Facebook, halaman Facebook dapat menampung lebih banyak audiens. Jika di akun Facebook, jumlah maksimal teman yang bisa dimiliki adalah 5000. Di halaman Facebook (Facebook page), jumlah audiens yang dimiliki tidaklah dibatasi.

4. Manfaatkan Situs Forum Jual Beli dan Marketplace yang Tersedia

Beberapa tahun belakangan, kehadiran situs forum jual beli dan marketplace sangat memudahkan UKM untuk memasarkan produk-produk mereka. Para pelaku UKM juga dapat memanfatkan forum jual beli sebagai salah satu sarana pemasaran produk-produk mereka. Tak hanya forum jual beli, situs marketplace (situs yang mempertemukan pembeli dan penjual) juga dapat dimanfaatkan.

BukaLapak.com dan Tokopedia.com merupakan dua situs marketplace yang populer dan dapat dimanfaatkan pelaku UKM. Dalam memilih sebuah marketplace/forum jual beli, pastikan Anda memilih marketplace yang populer dan dikunjungi oleh banyak orang. Ibarat sebuah mall, marketplace yang dikunjungi banyak orang adalah marketplace yang ramai sehingga memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak pembeli.

5. Buatlah Sebuah Blog dan Manfaatkan Blog Tersebut Untuk Promosi UKM

Bicara soal pemasaran dengan cara gratis, maka sudah tentu tidak bisa lepas dari yang namanya blog. Kehadiran teknologi web 2.0 benar-benar memudahkan para pelaku UKM dan indepreneur untuk memasarkan produk mereka. Penting bagi pelaku UKM untuk memiliki sebuah blog. Mengapa? Sebab melalui sebuah blog, pelaku UKM dapat memasarkan produk mereka.

Lewat blog Anda bisa :

  • Melakukan edukasi terhadap target pasar/calon pembeli.
  • Membangun kepercayaan lewat konten-konten berkualitas yang Anda publikasikan di blog.
  • Menawarkan produk lewat halaman khusus di blog.
Contoh kegiatan pemasaran lewat konten di blog/website.

Contoh kegiatan pemasaran lewat konten di blog/website.

Untuk membuat sebuah blog, pelaku UKM bisa memulai dari blog gratis seperti Blogger.com atau WordPress.com. Nantinya, manfaatkan blog tersebut untuk melakukan kegiatan content marketing (pemasaran lewat konten). Gunakan pula blog tersebut sebagai wadah untuk membangun komunitas pelanggan produk Anda.

Dengan kehadiran internet, para pelaku UKM dapat melakukan pemasaran dengan cara-cara gratis. Tentunya ini sangat membantu sebab bisa menghemat budget pemasaran. Intinya, para pelaku UKM dapat menggunakan kreativitas dan sumber daya yang sudah mereka miliki untuk meningkatkan promosi produk mereka.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • contoh strategi pemasaran UMKM
  • tempat pemasaran ukm
  • pemasaran hasil ukm
  • pemasaran ukm
  • memasarkan barang cepetlsku dan gratis
  • contoh website ukm
  • strategi pemasaran praktis pelaku umkm
  • strategi pemasaran produk umkm
  • cara promosi ukm
  • strategi penjualan club
Be Sociable, Share!