Pilih Bisnis Online Afiliasi atau PPC?

Bisnis afiliasi, adalah salah satu bisnis online yang sangat diminati oleh para pelaku bisnis di internet saat ini. Baik itu para pendatang baru ataupun para pemain yang sudah lama berkecimpung dalam bisnis internet. Namun di tengah gencar dan suburnya bisnis online afiliasi,  kegiatan mencari uang lewat iklan PPC juga tidak kalah populer. Tak jarang dua cara mencari uang di internet ini (PPC dan afiliasi) menjadi pilihan pertama teman-teman yang mau memulai bisnis dan cari duit di internet.

Sehari sebelum aritkel ini dibuat, saya sempat mendapatkan pertanyaan dari salah satu rekan kita, beliau bertanya seperti ini.

“Mas Jeffer, lebih baik fokus di bisnis afiliasi dulu atau di bisnis PPC dulu?”.

Ya itulah pertanyaan yang saya dapatkan, nah berawal dari pertanyaan tersebut saya jadi terinspirasi untuk menulis artikel ini. So, pada bahasan kita kali ini kita akan bahas alasan dan kelebihan dari masing-masing bisnis online tadi. Lalu rekan-rekan pembaca bisa tentukan mana bisnis yang paling cocok untuk teman-teman tekuni :).

Kelebihan Bisnis Online Afiliasi Dibanding Bisnis PPC.

Berikut ini beberapa kelebihan bisnis afiliasi dibanding PPC.

  • Komisinya lebih gede. Tak bisa dipungkiri, komisi adalah salah satu faktor yang memotivasi kita dalam menjalankan sebuah bisnis online. Semakin besar komisi yang bisa kita dapatkan, tentu saja bisa membuat kita lebih termotivasi. Dibanding dengan iklan PPC, komisi dari bisnis afiliasi relatif lebih besar :).
  • Sangat cocok untuk Anda yang suka jualan. Jika Anda termasuk orang yang sangat suka berjualan, dan Anda tertantang untuk melatih skill marketing, Anda maka bisnis afiliasi adalah sangat cocok untuk Anda. Sebab dalam bisnis afiliasi ini, hanya orang-orang yang bisa menjual-lah yang bisa bertahan dan sukses. Yang tidak bisa jualan, rasanya akan sulit sekali untuk bisa sukses di bisnis online ini.
  • Tidak harus selalu menulis artikel. Jika Anda adalah orang yang kurang suka atau kurang hobi menulis, maka bisnis afiliasi cocok untuk Anda jalankan. Kenapa? Sebab Anda tidak harus selalu menulis artikel di blog, melainkan Anda bisa memanfaatkan berbagai media pemasaran lainnya.

Kelebihan PPC (Pay Per Click) Dibanding Afiliasi.

Nah setelah kita membahas kelebihan bisnis afiliasi, maka berikut adalah kelebihan PPC dibanding afiliasi.

  • Tidak harus bisa melakukan penjualan. Ya tugas kita adalah mengarahkan lebih banyak orang untuk mengklik iklan PPC yang kita tampilkan. Kalaupun si pengklik tidak membeli produk pemasang iklan maka kita tetap akan mendapatkan komisi. Ini berbeda dengan afiliasi, di mana kalau pada afiliasi kita harus bisa melakukan penjualan suatu produk.
  • Lebih praktis dan mudah. Tak bisa dipungkiri, cara mencari uang dengan PPC adalah cara awal yang sangat tepat untuk dipilih oleh rekan-rekan pemula yang baru mencoba bisnis internet. Sebab lewat PPC kita bisa mencari uang dengan modal finansial yang relatif lebih sedikit. Ya hanya bermodalkan sebuah blog yang bermanfaat ditambah dengan kemampuan mendatangkan trafik ke blog tersebut.
  • Tidak harus punya pengetahuan seputar suatu produk. Kalau di bisnis afiliasi, sebagai pemasar produk, kita jelas harus tahu (meskipun sedikit) mengenai produk yang kita pasarkan. Jadi nanti kalau ada orang bertanya megenai produk yang kita pasarkan, kita bisa menjawabnya. Akan tetapi berbeda dengan PPC, karena kita tidak menjual suatu produk maka kita tidak harus tahu mengenai suatu produk. Sebab dalam PPC, tugas kita adalah menampilkan iklan, dan sama sekali bukan untuk menjual.

Jadi Pilih yang Mana Nih, Afiliasi Atau PPC?

Mengenai pilihan bisnis online yang akan dijalankan, semua kembali kepada Anda. Sebab Anda-lah yang nanti akan menjalakannya. Anda bisa menjadikan beberapa kelebihan yang tadi kita bahas sebagai bahan pertimbangan dalam memilih antara afiliasi dan PPC.

Kalau saya pribadi, lebih memilih untuk memulai dulu dari PPC. Sebab saya orangnya suka menulis, jadi akan lebih enjoy ketika disuruh menulis dibanding berjualan. Ya meskipun berjualan itu tetap harus (karena kita berbisnis), tapi dengan PPC saya bisa lebih bebas untuk menulis.

Nah untuk Anda, saya yakin Anda pasti punya kebijakan dan pilihan masing-masing.

Bagaimana Cara Memulainya?

Setelah Anda menentukan mau mencoba afiliasi atau PPC, maka sudah saatnya kita segera memulai.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis afiliasi, maka saya sarankan Anda membaca artikel 3 langkah jitu menghasilkan uang dengan affiliate marketing. Sementara untuk Anda yang tertarik bisnis PPC, maka silakan Anda baca artikel mengais rezeki di internet dari PPC.

Apapun Bisnis-nya, Tetap Fokus dan Berusahalah Sebaik Mungkin.

Sudah itu motivasinya :). Singkat, padat dan jelas, bukan? Jadi apapun bisnis yang kita jalankan, tetap fokus dan berusaha sebaik mungkin, agar kita pantas bagi rezeki yang terbaik. Setuju atau sangat setuju?

Baiklah rekan pembaca yang baik rezekinya, sekian dulu ya pembahasan kita pada artikel kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini, Anda tidak bingung untuk memilih antara bisnis PPC atau bisnis afiliasi, sehingga Anda bisa segera mulai. Makin cepat kita mulai, maka mudah-mudahan makin cepat bagi kita untuk berhasil.

Tetap semangat dan semoga sukses selalu.

Jefferly Helianthusonfri.

Penulis dan blogger muda berusia 16 tahun dari Lubuklinggau.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • rekan bisnis online
  • afiliasi pay per click
  • affiliasi ppc
  • pilih bisnis online afiliasi atau ppc
  • membangun bisnis PPC
  • Bisnis ppc
  • bisnis online
  • bisnis affiliate
  • belajar bisnis ppc
  • CARA JADI AFILIASI SUKSES
Be Sociable, Share!