Perlukah Seorang Blogger Menguasai bahasa Indonesia yang Baik dan Benar?

Dunia blogging tidak bisa lepas dari yang namanya menulis. Oleh karena itu kemampuan menulis menjadi aspek penting yang harus diperhatikan oleh setiap blogger. Nah bicara soal menulis, maka kali ini ada topik bahasan menarik yang akan kita disukusikan bersama. Perlu nggak sih seorang blogger menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar?

Mari kita analisis.

Tentu saja bahasa Indonesia adalah bahasa pokok yang biasa kita pakai sehari-hari, tentu saja soal bahasa Indonesia saya kira setiap blogger pasti bisa. Namun yang jadi kenala apakah bisa secara baik dan benar?

Intinya Buatlah Artikel Anda Mudah Dimengerti

Inti dari segala bahasa yang kita gunakan adalah supaya apa yang kita sampaikan bisa dan mudah dimengerti oleh pengunjung . Untuk itu apapun bahasa yang kita gunakan tidak masalah selagi mudah dimengerti oleh pembaca, namun akan lebih baik bila bahasa yang kita gunakan adalah bahasa yang baik dan benar.

Baik dan benar di sini bukan berarti harus terlalu formal seperti pidato seorang presiden. Akan tetapi baik dalam artian tidak ngelantur jauh dari bahasa Indonesia. Penggunaan kata-kata seperti nggak, lagian, gak apa-apa itu boleh saja digunakan namun menurut saya harus dalam frekuensi yang sewajarnya saja.

Namun yang jadi masalah masih banyak blogger yang kurang memperhatikan aspek kebahasaannya. Masih banyak kata-kata yang salah tulis, kata-kata yang tidak sesuai kaidah dan lain sebagainya.

Contoh Kata-Kata yang Sering Keliru Penulisannya

Jujur selama saya bekerja di bidang tulis menulis, baik itu sebagai blogger maupun sebagai penulis saya sering menemui banyak orang yang terkadang keliru dalam menulis kata-kata penting, apa saja contohnya?

Anda

Kebanyakan orang menulis Anda dengan tulisan anda (a nya huruf kecil). Padahal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Anda harus ditulis dengan a menggunakan huruf kapital. Mungkin kebanyakan dari Anda juga kurang memperhatikan kata Anda ini :).

Analisis

Sama halnya dengan “Anda” kata analisis juga sering keliru penulisannya. Banyak orang (termasuk saya dulu) menulis kata analisis dengan kata “analisa”. Padahal analisis adalah kata serapan dari Bahasa Inggris analysis. Dan dalam penyerapan ke bahasa Indonesia akhiran-ysis harus diubah menjadi isis :).  So, mulai dari sekarang analisis ya :D.

Dan ada masih beberapa kata lainnya yang terkadang suka keliru penulisannya, lebih jelasnya bisa Anda baca pada artikel 5 Kata yang Penulisannya Sering Keliru

Kelebihan Bila Kita Memakai Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Ada beberapa nilai tambah yang bisa kita dapatkan bila memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar jika menulis, yaitu :

  • Pembaca akan lebih yakin dengan kemampuan menulis kita. Meskipun kemampuan menulis juga didapatkan dari pengalaman dan proses belajar.
  • Kesan blogger profesional bisa timbul bila artikel kita lebih mudah dimengerti dan sesuai kaidah.
  • Bisa membantu blogger lain untuk belajar bahasa Indonesia secara lebih baik dan lebih benar.
  • Lebih cinta Indonesia :). Bahasa Indonesia bisa tumbuh menjadi bahasa internasional bila kita mencintai dan mengembangkannya :).

Bagaimana? Tertarik memperdalam kemampuan berbahasa Indonesia Anda?

sumber gambar : dwigonoverizal.blogspot.com

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • artikel bahasa indonesia yang baik dan benar
  • bahasa indonesia yang baik dan benar
  • perlukah kursus bahasa indonesia ?
  • perlukah penulisan pidato memakai
  • cara menguasai bahasa indonesia dengan baik
  • penulisan bahasa indonesia yang baik dan benar
  • menggunakan bhs indonesia yg baik dan benar
  • makalah tentang menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar
  • perlukah kita belajar bahasa indonesia
  • bahasa yanng baik dan benar
Be Sociable, Share!