Perlukah Beriklan di Internet?

iklan di internet

Perlukah beriklan di internet? Pertanyaan inilah yang akan kita bahas dalam tulisan kali ini.

Iklan termasuk salah satu sarana promosi yang kerap dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis. Namun, bagi mereka yang baru memulai bisnis, ada kalanya bingung apakah harus beriklan atau tidak. Selain itu, hal yang kerap menjadi kebingungan adalah media apa yang sebaiknya kita gunakan untuk beriklan.

Kapan sebaiknya kita mulai beriklan di internet? Iklan seperti apa yang harus kita buat di internet? Media periklanan apa yang sebaiknya kita gunakan? Temukan jawabannya dalam tulisan berikut.

Fungsi Iklan di Internet

Secara sederhana, ada dua fungsi utama iklan di internet. Dua fungsi utama tersebut antara lain : untuk mendatangkan leads (mendatangkan orang-orang ke web/bisnis Anda) dan membangun awareness terhadap bisnis Anda. Biasanya, dua fungsi utama inilah yang akan difokuskan oleh para pemasang iklan di internet.

Ketika seorang pemilik bisnis mengiklankan produknya di internet, maka biasanya si orang yang mengklik iklannya akan diarahkan ke web si pemilik bisnis. Nah, barulah di web tersebut ditawarkan produk si pemilik bisnis.

Berkaitan dengan fungsi iklan ini, Anda perlu memasang iklan di internet ketika Anda ingin :

  • meningkatkan leads (jumlah kunjungan ke web Anda, jumlah orang yang menelfon Anda, atau jumlah calon pembeli produk Anda);
  • membangun awareness terhadap bisnis/produk Anda.

Karakteristik Iklan di Internet

Trafik yang didapat dari beriklan di internet adalah trafik instan. Artinya, iklan di internet dapat Anda manfaatkan sebagai cara mendatangkan trafik website secara instan (cepat). Berbeda halnya dengan social media marketing dan SEO, beriklan di internet memungkinkan Anda mendapatkan trafik (pengunjung web) dengan cepat. Jika Anda mengandalkan SEO (Search Engine Optimization), maka akan butuh waktu agar web Anda bisa menempati peringkat yang optimal di mesin pencari.

Dengan memasang iklan, hanya dalam hitungan jam, web Anda segera mendapatkan pengunjung.

Oleh karena itu, iklan di internet cocok digunakan ketika Anda ingin mendapatkan trafik dalam waktu singkat. Misalkan Anda akan menyelanggrakan event. Event tersebut akan diselenggarakan dalam waktu 2 minggu ke depan. Alih-alih mengandalkan SEO, Anda dapat mengiklankan event tersebut. Dengan demikian, orang-orang akan segera tahu tentang event yang akan Anda selenggarakan.

Sampai di sini, dapat kita simpulkan bahwa kita perlu beriklan di internet.

Memilih Program Periklanan yang Akan Digunakan

Ada banyak program periklanan di internet. Untuk jenis iklan PPC (Pay Per Click) saja, ada banyak situs penyedia layanan tersebut. Google AdWords, Facebook Ads, merupakan contoh iklan yang berbasis PPC. Dengan menggunakan program periklanan ini, Anda hanya akan membayar ketika iklan Anda dikBeGo Adwords 250x250lik oleh orang-orang.

Selain program periklanan PPC, ada banyak jenis iklan lain. Contohnya iklan sponsorship di sebuah website. Dengan menjadi sponsor sebuah website, Anda dapat menaruh banner di website tersebut. Dengan demikian pengunjung web tadi berpeluang menjadi pengunjung web Anda.

Dalam memilih program periklanan, Anda harus tahu betul apa tujuan Anda beriklan di internet. Contoh, jika Anda ingin mendatangkan pengunjung dari media sosial, maka Anda bisa beriklan di media sosial (seperti di Facebook atau Twitter). Jika Anda ingin mendatangkan pengunjung dari mesin pencari, maka Anda dapat beriklan di Google AdWords.

Jika Anda ingin mengiklankan website dengan menjadi sponsor suatu web, maka Anda harus pandai memilih web yang akan Anda sponsori. Untuk memilih web tempat Anda menjadi sponsor, faktor yang perlu diperhatikan antara lain :

  • target pembaca website tersebut (apakah sesuai dengan target pasar produk Anda);
  • seberapa banyak pengunjung web tersebut;
  • tarif iklan (apakah sesuai budget Anda? Apakah sesuai dengan hal yang akan Anda dapatkan?).

Yang Perlu Dilakukan Setelah Beriklan

Usai memasang iklan, pekerjaan belumlah selesai. Anda perlu melakukan evaluasi. Evaluasi ini perlu dilakukan secara berkala. Anda harus terus memantau seberapa berhasil promosi yang Anda lakukan. Apakah trafik website Anda meningkat? Apakah penjualan Anda meningkat? Apakah makin banyak orang yang tahu tentang bisnis Anda?

Jika Anda menggunakan iklan untuk mendatangkan trafik website, Anda perlu memantau seberapa tinggi pentingkatan trafik website Anda. Fitur seperti WordPress Stats akan memudahkan Anda memantau trafik website (khususnya jika website Anda berbasis WordPress). Selain itu, pastikan juga website Anda sudah terintegrasi dengan Google Analytics. Ketika web Anda terhubung dengan Google Analytics, Anda akan lebih mudah untuk memantau trafik web Anda.

banner horisontal langganan artikel

 

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • apakah tujuan mengiklankan website kita?
  • belajar tutorial google adwords
  • tujuan beriklan di web atau internet
  • tujuan mengiklankan website
  • Tujuan mengiklankan website kita
Be Sociable, Share!