Mungkinkah Seorang Karyawan Rendahan Bisa Membangun Bisnis Sendiri?

Akhir-akhir ini kita sering mendengar isu kenaikan UMR (upah mininum regional). Menjelang pergantian tahun banyak rekan-rekan kita yang menuntut kenaikan UMR. Ya hal ini saya kira wajar, sebab setiap dari kita pasti ingin punya kehidupan yang lebih baik, dan salah satu sarana menjangkau kehidupan yang lebih baik adalah dengan memperbaiki rezeki.

Saya memang bukan (atau belum) menjadi seorang mahasiswa ekonomi, tapi saya tertarik membahas seputar UMR ini, he.he..he. Sangat logis memang jika rekan-rekan kita banyak yang menuntut kenaikan UMR, sebab jika kita analisis gaji karyawan di Indonesia ini pertumbuhannya bisa dibilang begitu lambat. Bandingkan dengan pertumbuhan harga emas dalam 3 tahun terakhir ini, begitu pesat. Tapi bandingkan dengan gaji yang didapat oleh karyawan di Indonesia saat ini :).

Singkat kata, gaji sebagian besar karyawan di Indonesia ini bisa kita sebut sudah “dirampok” oleh yang namanya inflasi. Nah karena keprihatinan ini saya kira wajar kalau terjadi permintaan kenaikan UMR di berbagai daerah. Tapi bukan itu yang kita bahas di artikel ini, kita akan bahas sesuatu yang lain, terutama sesuatu dari sudut pandang bisnis dengan internet.

2 Cara Melakukan Percepatan Rezeki.

Ada dua cara bagi seorang karyawan untuk membangun percepatan rezeki-nya.Caranya adalah :

  1. Membangun bisnis sendiri.
  2. Bekerja dengan tekun, dan lebih baik lagi.

Terlepas dari cara mana yang dipilih, yang paling penting kita bersyukur. Ya bersyukur, bagaimanapun kondisi rezeki kita saat ini, kita harus bersyukur. Sebab dengan bersyukur nikmat/rezeki kita akan ditambah.

Akan tetapi di sini saya mau soroti opsi perbaikan rezeki yang pertama, yakni membangun bisnis sendiri. Banyak orang yang berhasil mencapai yang namanya kebebasan finansial setelah mereka membuka bisnis sendiri. Nah bicara soal membuka bisnis, maka mungkin terbesit di benak Anda, bisakah seorang karyawan membuka dan sukses berbisnis?

Jawabannya adalah bisa. Ini semua adalah masalah mindset dan upaya. Kalau mindset kita tepat dan upaya kita baik, mudah-mudahan Tuhan merestui kita untuk sukses di bisnis yang kita bangun.

Lalu bisnis apakah yang bisa dibangun atau dirintis oleh seorang karyawan? Ada banyak pilihan. Hampir semua bidang yang punya nilai ekonomi bisa dibisniskan. Entah itu bidang yang menjadi bidang pekerjaan Anda saat ini ataupun bidang lain yang Anda punya kemampuan/tertarik di sana.

Yang terpenting adalah upaya. Misalnya seorang Pak Mario Teguh, bisa sukses menjadi seorang konsultan dan motivator meskipun sebelumnya beliau adalah seorang bankir.

Bisnis Internet Sebagai Solusi Membangun “Karier Kedua”.

Jika Anda berniat atau mau membuka bisnis sendiri, tapi belum mau melepas pekerjaan Anda saat ini maka solusinya adalah dengan menjalankan bisnis/karier kedua. Kenapa tidak saya sebut bisnis sampingan? Sebab kata bisnis sampingan seakan menandakan bahwa kita tidak serius untuk berbisnis. Jadi kita pakai istilah yang lebih anggun dan elegan, yakni karier kedua.

Nah ditengah kemajuan zaman, internet bisa menjadi media yang sangat luar biasa untuk menghasilkan banyak rezeki. Selain itu sisi kelebihan dari bisnis internet adalah praktis dan bisa dijalankan paruh waktu. Ambil contoh Anda mau jualan produk, nah dengan adanya internet Anda tidak harus punya toko untuk bisa berjualan, tapi Anda bisa berjualan lewat situs jual beli online, lewat blog ataupun lewat toko online. Dan itu semua bisa Anda laksanakan di luar pekerjaan Anda saat ini (bisa dijalankan paruh waktu).

Lalu muncul pertanyaan, kapankah waktu terbaik untuk memulai bisnis internet? Jawabannya adalah sekarang. Ya jangan tunda lagi, semakin lama kita menunda maka semakin lama kita akan sampai pada kesuksesan.

So, mulai dan ACTION sekarang juga. Ingat, rezeki dan nasib kita hanya bisa berubah kalau kita bertindak.

Dari Mana Harus Memulai Bisnis Internet?

Terkadang kita bingung, mau memulai bisnis dari mana? Saya juga pernah bingung seperti itu sewaktu dulu pertama kali kenal dengan yang namanya bisnis internet. Jika Anda bingung maka saya sarankan Anda membaca artikel 5 langkah super untuk memulai bisnis internet bagi pemula.

Baiklah rekan pembaca, satu pesan yang ingin saya sampaikan di akhir artikel ini adalah jika Anda ingin sukses membangun bisnis maka pakilah konsep ATM. Yakni Amati, Tiru, Menambahkan. Carilah sosok mentor atau orang yang bisa menjadi inspirasi Anda, belajar dan tiru mentor tersebut, lalu setelah Anda berhasil menirunya maka tambahkanlah kelebihan yang Anda miliki.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari bisnis internet lebih jauh, jangan ragu untuk berkonsultasi bersama saya melalui halaman ini :).

Saya kira cukup sekian dulu artikel ini, semoga apa yang baru saja kita bahas bisa menginspirasi Anda untuk menjadi lebih sukses lagi. Aamin.

Tetap semangat dan salam super,

Jefferly Helianthusonfri.

Penulis dan pebisnis internet muda berusia 15 tahun asal kota Lubuklinggau.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • membangun bisnis sendiri
  • www karyawanberbisnis net
  • isu kenaikan umr
  • bisnis sendiri
  • dapatkah seorang karyawan
  • ebook mencapai kebebasan finansial
  • cara membangun bisnis
  • cara mencapai kebebasan finansial
  • membangun bisnis Dan finansial
  • membangun bisnis bagi seorang karyawan
Be Sociable, Share!