Mungkinkah Memasarkan dan Menjual Jasa Lewat Facebook

Kegiatan berbisnis menjual jasa, termasuk salah satu cara bisnis online yang cukup diminati masyarakat Indonesia saat ini. Pertumbuhan bisnis menjual jasa lewat internet juga tidak kalah dibanding bisnis online lain seperti bisnis jualan online, blogging ataupun beragam bisnis internet lainnya. Nah bicara soal menjual jasa di internet, kali ini kita akan bahas mengenai memasarkan jasa melalui situs social media Facebook.

Seperti yang kita ketahui, Facebook adalah situs jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia, maka tak heran Facebook sangat baik bila dimanfaatkan untuk berpromosi. Termasuk dalam hal promosi produk jasa Anda.

Mungkinkah memasarkan / menjual jasa lewat Facebook?

Jawabannya adalah sangat mungkin. Kenapa saya bilang sangat mungkin?

Sebab sudah ada banyak orang yang berhasil mendapatkan klien-klien setelah mereka memasarkan produk jasa nya di Facebook. Simak kisah sukses Ahmad Wibawa, beliau menjual jasa penulisan artikel lewat situs Facebook, dan sampai saat ini bisnisnya terus berkembang.

Jika kita telusuri lebih dalam, sangat logis sekali bahwa Facebook adalah media yang sangat tepat untuk memasarkan produk jasa. Berikut ini beberapa nilai lebih menjual jasa lewat situs Facebook.

  1. Kita bisa menunjukkan berbagai portofolio kita dengan mudah. Tak bisa dipungkiri, portofolio yang sudah kita hasilkan sangat menentukan keputusan apakah orang akan memakai jasa kita atau tidak. Jika portofolio kita memuaskan, maka pasti akan banyak orang yang mau memakai jasa kita. Nah di Facebook, kita bisa menampilkan berbagai portofilio dengan sangat mudah, misalnya kita bisa pakai media foto untuk menampilkan hasil kerja kita :).
  2. Profil Facebook akan membantu calon klien mengenali kita lebih jauh. Dibanding situs jejaring sosial lain, Facebook adalah situs jejaring sosial yang sangat memudahkan kita untuk menelusuri profil seseorang. Nah termasuk calon klien kita nanti, mereka tentunya ingin bekerja sama dengan orang yang track record atau profilnya baik, jadi mereka bisa lebih nyaman. Nah tentunya tidak sedikit calon klien yang memanfaatkan situs Facebook untuk mencari partner.
  3. Facebook memungkinkan kita untuk membangun relasi dengan banyak orang.Ya, cukup dengan memanfaatkan Facebook kita bisa membangun relasi dengan lebih banyak orang. Jika relasi yang kita bangun itu baik bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan partner bisnis yang nantinya akan banyak membantu kita.
  4. Praktis dan murah. Ya ini salah satu faktor yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih Facebook sebagai media pemasaran produk jasa Anda. Sebab dengan memakai Facebook Anda bisa berpromosi dengan praktis dan pastinya biaya promosinya relatif lebih murah dibanding cara promosi lain di internet.

Kiat Sukses Menjual Jasa Lewat Facebook.

Berikut ini beberapa kiat supaya Anda bisa sukses memasarkan produk jasa Anda lewat Facebook.

  1. Pakailah nama, foto dan profil yang baik. Ya tampilah profesional dan meyakinkan, jangan buat orang meragukan jasa Anda hanya karena tampilan Anda di social media tidak profesional. Jadi pakailah foto profil dan nama yang baik, tak hanya itu Anda juga harus lebih berhati-hati dalam menulis status/mengupload foto. Jangan sampai status atau foto Anda mengganggu orang lain.
  2. Pisahkan urusan pribadi dan urusan bisnis. Ketika Anda menjadi seorang penjual jasa di Facebook, pastikan Anda bisa membedakan antara mana urusan bisnis, mana urusan pribadi. Jangan mencampuradukan keduanya.
  3. Gunakan bahasa yang santun dan baik. Ya ini penting sekali, hindari memakai bahasa yang “alay” dan kurang sopan. Ingat ya, apa yang kita tampilkan akan sangat menentukan pendapat orang-orang mengenai diri kita.
  4. Bangun relasi dan pertemanan dengan partner-partner bisnis Anda. Ya lakukan sosialisasi. Facebook dibuat untuk tujuan mempermudah orang bersosialisasi lewat internet, jadi jangan lupa untuk membangun relasi dan pertemanan dengan orang-orang di Facebook. Terutama bangunlah relasi dengan partner bisnis Anda :). Tak jarang biasanya partner-partner tadi akan ikut membantu mengembangkan bisnis kita.
  5. Ciptakan personal branding lewat akun Facebook Anda. Bagaimana cara praktis membangun brand lewat Facebook? Temukan jawabannya di sini.
  6. Bagikan status dan konten yang bermanfaat, serta menarik. Contohnya seperti status humor/lucu, status kata-kata motivasi, status yang berkaitan dengan keahlian Anda dan sebagainya. Konten yang bermanfaat semacam ini akan menjadikan Anda makin dikenal. Tidak percaya? Silakan dicoba :).

Baiklah rekan pembaca, itu dia ulasan kita mengenai pemasaran jasa lewat situs Facebook. Jika Anda ingin tau panduan lengkap untuk berjualan online lewat situs Facebook, maka silakan baca buku saya yang berjudul Jualan Online dengan Facebook dan Blog.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat ya.

Tetap semangat dan semoga sukses selalu,

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • jual jasa di internet
  • belajar social media marketing
  • memasarkan produk lewat facebook
  • menjual jasa
  • menjual jasa lewat internet
  • cara menawarkan jasa di internet
  • cara menawarkan jasa di facebook
  • tips berjualan via facebook
  • Cara menjual jasa di facebook
  • jual jasa
Be Sociable, Share!