Ini Dia Cara Menjadikan Facebook Sebagai Salesman Anda

salesman Facebook

Cara menjadikan Facebook sebagai salesman produk kita, itulah topik bahasan pada tulisan kali ini. Facebook merupakan sosial media dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Seiring dengan semakin banyaknya jumlah pengguna Facebook, Facebook menjadi ladang yang sangat potensial dalam bisnis online. Para pemasar yang andal dapat dengan mudah memanfaatkan Facebook untuk kepentingan meningkatkan omzet mereka.

Lantas, bagaimana cara menjadikan Facebook sebagai salesman dari produk-produk kita? Mari kita bahas jawaban selengkapnya di tulisan berikut.

Untuk menjadikan Facebook sebagai salesman kita maka kita butuh sarana jualan. Ada 4 sarana jualan di Facebook. Empat sarana berjualan tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Akun Personal di Facebook

Pada dasarnya, Facebook tidak menyarankan penggunaan akun personal sebagai sarana jualan. Oleh sebab itu, Facebook menyediakan halaman Facebook (fans page) sebagai sarana melakukan marketing di Facebook. Hanya saja, akibat adanya sistem edgerank, banyak pemasar yang mulai berubah haluan dan fokus pada pemasaran melalui akun personal. Meskipun akun personal bukanlah sarana yang disarankan oleh Facebook, akun personal tetaplah ampuh bila dipakai untuk berjualan di Facebook.

Bahkan, setiap pelaku Facebook marketing sangat perlu memiliki akun personal. Sebab akun personal ini sangat diperlukan agar bisa mengakses fasilitas promosi lain (seperti halaman Facebook, grup, ataupun program periklanan Facebook Ads).

Inilah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan agar bisa berjualan di Facebook melalui akun personal.

  • Buatlah akun personal yang merupakan perwakilan dari brand/toko/usaha online Anda. Ambil contoh, Anda menjual baju, aksesoris, kaos, sepatu yang berciri khas masha and the bear. Nah, Anda dapat membuat akun Facebook dengan nama “Jual Baju dan Aksesoris Masha and The Bear”. Selain itu, pastikan foto profil akun personal Anda juga memakai identitas brand Anda. Anda bisa memakai logo toko online Anda sebagai foto profil akun Facebook Anda. Penggunaan identitas brand semacam ini bertujuan agar akun Facebook Anda lebih mudah dikenali oleh orang-orang.
  • Setelah membuat akun di Facebook, postinglah beberapa penawaran produk di akun Anda. Setelah Anda memiliki akun Facebook yang menampilkan identitas brand Anda, maka postinglah sejumlah produk di akun Facebook Anda. Teknik membuat penawaran yang menarik bisa Anda pelajari di artikel Cara Berjualan di Facebook Supaya Laris Manis.
  • Mulailah memperbanyak teman-teman Anda di Facebook. Anda juga perlu memperbanyak teman-teman di Facebook. Semakin banyak orang yang terhubung dengan akun Facebook Anda maka akan semakin luas target pasar yang bisa Anda jangkau. Silakan add orang-orang yang merupakan target pasar Anda.
  • Bangun interaksi dan jadilah aktif di Facebook. Untuk menjadikan semakin banyak orang yang tahu tentang brand Anda, maka bangunlah interaksi dengan teman-teman Facebook Anda. Aktiflah berkomentar di status teman-teman Anda. Intinya, bangun interaksi dengan mereka. Tujuannya supaya akun Facebook dilihat oleh banyak orang.

Seiring berjalannya waktu, kelak akan semakin banyak orang yang tahu tentang produk Anda. Dengan demikian, Anda tinggal berupaya agar orang-orang yang tahu itu menjadi pembeli produk Anda.

2. Grup di Facebook

Selain akun personal, grup Facebook juga dapat dijadikan sebahai salah satu sarana pemasaran. Hanya saja, berjualan di grup Facebook perlu strategi khusus. Begini strategi jualan lewat grup di Facebook.

Ada dua jenis grup di Facebook. Dua jenis grup tersebut adalah :

  • Grup Facebook yang Anda bangun/miliki sendiri.
  • Grup Facebook yang dibangun oleh orang lain.

Dari dua jenis grup di atas, grup yang paling nyaman untuk dipakai berjualan adalah grup milik Anda sendiri. Mengapa? Karena Anda merupakan pemilik grup tersebut. Hanya saja, berjualan lewat grup sendiri perlu strategi khusus. Anda tidak hanya sekadar membuat grup, mengundang orang ke grup, lalu menawarkan produk. No.. bukan seperti itu.

Anda harus membangun sebuah komunitas. Studi kasusnya seperti yang saya lakukan di Online MeetUp Pembaca Buku Jefferly. Di grup ini saya mengumpulkan pembaca buku-buku saya. Namun, saya tidak sekadar menawarkan buku-buku saya. Hal yang saya lakukan adalah saya justru mengundang terciptanya interaksi di grup ini. Saya mempersilakan pembaca buku saya bertanya, berkonsultasi, saya mempersilakan mereka untuk sharing, saya juga kerap membagikan ebook/video gratis. Hal-hal ini diciptakan supaya tercipta interaksi di grup tersebut.

Contoh interaksi yang tercipta di grup Online MeetUp Pembaca Buku Jefferly

Contoh interaksi yang tercipta di grup Online MeetUp Pembaca Buku Jefferly

Nah setelah terbangun interaksi, barulah sesekali saya mempromosikan produk saya. Saat saya me-launching buku baru,  saya posting promosi buku baru tersebut di grup ini. Saat saya merilis produk, barulah posting promosi produk tersebut saya bagikan di grup. Tetapi, porsi jualannya sangat kecil apabila dibandingkan dengan kegiatan sharing, edukasi dan membangun interaksi yang saya lakukan.

Contoh promosi buku yang saya lakukan di grup Online MeetUp Pembaca Buku Jefferly

Contoh promosi buku yang saya lakukan di grup Online MeetUp Pembaca Buku Jefferly

Hal demikian juga dapat diaplikasikan di bisnis Anda. Ambil contoh Anda menjual produk-produk kecantikan. Nah, Anda bisa membangun grup yang topiknya seputar kecantikan. Di grup tersebut persilakan orang-orang untuk sharing ataupun bertanya seputar kecantikan. Anda berperan sebagai admin grup tersebut. Nah, sebagai admin tugas Anda adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk. Setelah tercipta interaksi di grup Anda, barulah tawarkan produk-produk Anda.

Lantas, bagaimana dengan pemasaran melalui grup milik orang lain?

Di grup milik orang lain, kita justru dilarang untuk berjualan. Untuk mengakalinya, manfaatkan saja grup tersebut sebagai sarana pemasaran. Cara promosi (pemasaran) melalui grup milik orang lain akan kita bahas di artikel Facebook marketing berikutnya.

3. Halaman Facebook

Halaman Facebook juga sering dipakai sebagai sarana pemasaran di Facebook. Sudah banyak toko online, website, atau brand besar sekalipun yang menggunakan Facebook page sebagai sarana marketing mereka.

Berikut cara menjadikan halaman Facebook sebagai salesman Anda.

  • Buatlah sebuah halaman di Facebook. Anda boleh pakai nama brand Anda sebagai nama halaman Facebook. Kalau tidak pakai nama brand, maka gunakanlah nama yang masih berkaitan dengan produk Anda. Contoh, Anda menjual batik. Anda bisa memakai nama “Komunitas Pecinta Batik Nusantara” sebagai nama dari halaman Facebook Anda. Dengan memakai nama tersebut, Anda akan menarik minat orang-orang yang mencintai batik untuk jadi penggemar di halaman Anda.
  • Setelah membuat halaman Facebook, isilah halaman Anda dengan konten yang bermanfaat. Mengelola¬† halaman Facebook tidak melulu tentang menjual, menjual, dan menjual. Ada kegiatan lain yang juga perlu dilakukan seorang pemasar di Facebook. Kegiatan tersebut bisa berupa : mengedukasi fans, membangun brand awareness, memublikasikan event/acara yang diadakan oleh perusahaan, dsb. Nah, setelah Anda punya halaman Facebook maka manfaatkan halaman tersebut untuk membagikan konten-konten seperti gambar berikut.
Contoh konten di halaman Facebook Starbucks. Konten ini ditujukan untuk mengundang interaksi dari fans.

Contoh konten di halaman Facebook Starbucks. Konten ini ditujukan untuk mengundang interaksi dari fans.

Contoh konten edukasi yang dibagikan di halaman JefferlySuperClub

Contoh konten edukasi yang dibagikan di halaman JefferlySuperClub

Contoh konten promosi yang dibuat oleh Garuda Indonesia di halaman Facebook mereka.

Contoh konten promosi yang dibuat oleh Garuda Indonesia di halaman Facebook mereka.

  • Perbanyak jumlah fans di halaman Anda. Semakin banyak orang yang menjadi fans di halaman Anda maka semakin banyak pula orang yang nantinya akan melihat penawaran produk-produk Anda. Untuk itu, silakan perbanyak jumlah fans di halaman Facebook Anda. Cara memperbanyak like halaman Facebook dapat Anda pelajari di ebook Fans Page Dahsyat. Untuk mendownload ebook ini silakan bergabung di grup Online MeetUp Pembaca Buku Jefferly, lalu Anda buka menu files.
Download ebook Fans Page Dahsyat di grup Online MeetUp Pembaca Buku Jefferly

Download ebook Fans Page Dahsyat di grup Online MeetUp Pembaca Buku Jefferly

  • Posting penawaran produk-produk Anda di halaman. Memposting penawaran produk juga tetap diperlukan. Tujuannya agar fans menjadi tertarik membeli produk-produk Anda.
Contoh posting penawaran produk di halaman Facebook.

Contoh posting penawaran produk di halaman Facebook.

Itulah gambaran umum tentang cara menjadikan halaman Facebook sebagai salesman produk Anda.

4. Facebook Ads (Program Periklanan di Facebook)

Fasilitas promosi lain yang juga sudah disediakan oleh Facebook adalah program periklanan Facebook Ads. Facebook Ads ini bisa kita manfaatkan untuk :

  • Mengiklankan website/toko online kita.
  • Memublikasikan penawaran produk kita.
  • Memublikasikan event yang berkaitan dengan bisnis kita.

Bahkan, dibanding dengan fasilitas promosi lain seperti akun personal atau halaman, Facebook Ads merupakan fasilitas yang paling praktis untuk digunakan. Kok bisa?

Sebab di Facebook Ads, kita tinggal membuat iklan. Nanti iklan itu akan ditayangkan kepada target pasar yang sudah kita atur. Lebih kerennya, kalau memakai Facebook Ads, dengan modal hanya beberapa dollar Anda bisa menjangkau ribuan orang. Lantas, apakah beriklan di Facebook itu sulit?

Tidak.

Yang perlu Anda persiapkan adalah akun Facebook yang aktif. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan sarana pembayaran yang nantinya akan dipakai untuk membayar iklan Facebook. Anda bisa membayar iklan Facebook dengan memakai kartu kredit. Kalau Anda belum punya kartu kredit, tak perlu risau. Anda dapat menggunakan PayPal untuk membayar iklan Facebook. Cara menggunakan PayPal sebagai sarana pembayaran Facebook Ads dapat Anda pelajari di situs www.BelajarIklandiFacebook.com.

Setelah dua hal tadi siap (akun personal yang aktif dan sarana pembayaran), Anda tinggal beriklan di Facebook. Untuk beriklan di Facebook Anda bisa mengakses alamat berikut : https://www.facebook.com/ads/create/.

Jika Anda mau dipandu langkah demi langkah belajar beriklan di Facebook, silakan bergabung di situs www.BelajarIklandiFacebook.com.

Itulah beberapa teknik dan cara menjadikan Facebook sebagai salesman dari produk Anda. Jika ada sesuatu yang kurang jelas, silakan tanyakan pada saya via email lewat halaman kontak berikut.

 

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • facebook sebagai promosi produk
  • cara menjual akun facebook
  • contoh konten edukasi yang bisa di share di grup jualan
  • contoh interaksi salesman
  • contoh promosi acara di medsos
  • Contoh promosi poto sepatu di sosmed
  • downloadebook belajariklandifacebook com
  • agar bisnis online d kenali banyak orang
  • Fesbukan pakaian
  • manggunakan brand awarness facebook ads
Be Sociable, Share!