Seri Membuat Website : Pilih Nama Brand atau Buying Keywords?

Nama atau brand memang punya peranan yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Tak tanggung-tanggung bahkan hanya karena membela brand dan nama saja, berbagai perusahaan rela mati-matian bertempur di jalur hukum jika ada pesaing yang membajak brand-nya. Jadi nama atau brand tentu sangat penting.

Bicara soal brand dan nama, maka pada artikel ini kami akan berbagi tips memilih nama website untuk Anda yang sedang mencari nama website. Artikel ini adalah artikel kedua dari artikel seri membuat website. Jika di artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai, bagaimana merencanakan situs web kita, maka pada artikel ini kita akan bahas tentang pemilihan nama website.

nama website

Salah satu topik yang kerap diperbincangkan ketika memilih nama website adalah nama seperti apa yang harus digunakan. Apakah nama brand atau justru nama yang mengandung buying keywords?

Nah di artikel ini kita akan bahas bersama mana yang lebih cocok untuk website Anda. Silakan nikmati sajian menarik berikut ini.

Apa Itu Nama Brand dan Buying Keywords?

Nama brand adalah nama merek. Jadi website yang memakai nama brand  berarti alamat domain website tersebut akan mengandung merek, contoh misalnya seperti : www.MarioTeguh.asia, www.unilever.co.id, dan banyak lagi.

Sementara buying keywords bisa kita artikan sebagai kata kunci yang dipakai orang-orang untuk membeli (buying) sesuatu. Misalkan Anda mau beli buku Jefferly Helianthusonfri, maka kata kunci yang Anda gunakan barangkali adalah “jual buku Jefferly Helianthusonfri”. Nah “jual buku Jefferly Helianthusonfri” adalah salah satu contoh buying keywords.

contoh buying keywords

contoh buying keywords

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih antara nama brand atau buying keywords untuk dipakai sebagai nama dan alamat website.

1. Pahami Dulu Bisnis Anda

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah memahami tentang bisnis Anda. Apakah bisnis Anda adalah bisnis musiman atau justru bisnis yang akan terus berjalan sepanjang tahun?

Contoh kalau bisnis Anda adalah bisnis musiman, misal bisnis jual kue kering untuk lebaran maka sebaiknya memakai buying keywords. Seperti “jual kue kering lebaran”, “Jual kue lebaran di Bandung” dan sebagainya.

Dan satu hal penting yang harus Anda tentukan adalah apakah Anda mau betul-betul membangun perusahaan atau sekadar membangun bisnis sampingan saja. Jika Anda mau membangun sebuah perusahaan, yang nantinya go-public usahakan untuk memakai nama brand pada website Anda.

2. Jika Belum Dikenal, Direkomendasikan Memakai Buying Keywords

Branding bukanlah sebuah hal yang mudah, apalagi untuk bisa mendapat tempat di hati konsumen jelas butuh proses. Untuk itu jika bisnis Anda baru mulai, belum dikenal maka sangat direkomendasikan agar menggunakan buying keywords.

Contoh kalau Anda jual kaos distro, maka pakailah kata kunci “JualKaosDistro” pada nama dan alamat website Anda. Buying keywords semacam ini akan memudahkan orang untuk tahu langsung apa yang Anda tawarkan.

3. Apakah Anda Sanggup?

Tanya pada diri Anda dan tim Anda, apakah Anda sanggup dan siap berkomitmen penuh untuk mengembangkan website Anda. Jika Anda dan tim sanggup, maka jangan ragu untuk memulai langsung dengan nama brand pada website Anda.

Ketika Anda memutusukan untuk memakai nama brand sebagai nama website, tanggung jawab akan menjadi lebih berat. Sebab ketika Anda sudah punya brand, Anda harus mempertanggung jawabkan brand tersebut.

Anda pun harus berjuang keras menjadikan brand itu dikenal dan bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

4. Membuat Dua Website, Why Not?

Tak ada salahnya Anda mencoba berinovasi dengan membuat dua website sekaligus.

  • Website yang pertama (1) adalah website untuk brand Anda. Jadi di website ini Anda betul-betul getol memasarkan dan mengenalkan bisnis (perusahaan) Anda.
  • Sementara website yang kedua (2) adalah website yang dibuat dengan tujuan membantu pemasaran website utama Anda. Untuk website yang kedua ini, pakai buying keywords.

Dengan kombinasi dua website tadi, Anda bisa mendapatkan jangkauan promosi yang lebih luas. Dan Anda bisa mendapat dua hal sekaligus, yakni bisa mulai memperkenalkan brand Anda, sambil bisa langsung menargetkan orang-orang yang menggunakan buying keywords.

Baik, semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel seri membuat website berikutnya.

Salam super. 🙂

logo JefferlySuperClub

JefferlySuperClub

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • apakah buying keywords itu
  • nama wesite
  • nama-nama alamat website bisnis
  • tips membuat nama brand
Be Sociable, Share!