Langkah Demi Langkah Menghasilkan Uang dengan Menulis Ebook

Kemampuan menulis adalah salah satu aset yang sangat luar biasa jika dimanfaatkan dengan baik dan benar. Sudah sejak zaman dahulu kala, media tulisan selalu menjadi salah satu cara manusia berkomunikasi. Ada banyak ide bisnis yang bisa dijadikan sumber penghasilan yang melimpah jika Anda memiliki kemampuan menulis, misalnya bidang copywriting, di mana Anda bekerja untuk menulis surat penjualan/penawaran produk dalam bisnis, bidang publikasi massa (misalnya menjadi wartawan, dan jurnalis), menjadi penulis, dan banyak lagi.

Salah satu cara menguangkan kemampuan menulis adalah dengan berbisnis ebook. Bisnis ebook termasuk salah satu ide bisnis yang sangat super, sebab bisa dijalankan oleh siapa saja, dan hasilnya sangat melimpah jika diupayakan dengan baik.

Saya sendiri sudah buktikan, di usia 15 tahun saya sudah mampu menjadi seorang remaja yang punya penghasilan sendiri lewat internet, karena bisnis ebook dan bisnis di bidang tulis menulis. Contoh nyatanya, produk Panduan Membuat Blog saya yang sudah menghasilkan profit jutaan rupiah.

Lantas, bagaimanakah cara atau langkah demi langkah untuk bisa menghasilkan uang dari bisnis ebook ini? Mari kita bahas di artikel ini.

1. Mencari Ide Produk Ebook.

Ide adalah awal dari segala bentuk bisnis, ide bisa datang dari mana saja. Entah itu pengalaman pribadi, masalah orang lain, keadaan lingkungan saat ini dan banyak lagi. Mari kita bongkar cara mencari ide produk yang sudah terbukti ampuh.

  • Mencari ide berdasarkan pengalaman pribadi. Setiap orang pasti punya pengalaman atau ilmu yang sudah pernah ia pelajari, nah pengalaman Anda bisa dijadikan sebuah produk. Misalnya Anda punya pengalaman menjadi seorang agen asuransi yang mampu menjadi sangat sukses dan mendapatkan banyak profit, maka pengalaman dan cara yang dulu Anda gunakan itu bisa Anda bagikan kepada publik lewat produk ebook. Sudah pasti para pemula di bidang agen asuransi sangat ingin belajar dari orang yang sudah lebih dahulu sukses.
  • Mencari ide berdasarkan masalah yang dihadapi orang-orang. Setiap orang punya masalah masing-masing. Mungkin saja tetangga Anda sedang bingung karena masalah saudaranya yang ingin menikah tapi uang untuk resepsi pernikahannya belum cukup. Barangkali saja rekan kantor Anda sedang bingung karena ayahnya terkena diabetes, atau bos Anda sedang bingung bagaimana cara membangkitkan motivasi kerja bawahannya. Nah masalah-masalah semacam inilah yang bisa menjadi ide produk yang sangat luar biasa. Cari masalah, cari solusi atas masalah itu, terapkan solusi itu, dan jika berhasil maka jadikanlah sebuah produk dalam bentuk ebook. Contohnya banyak kalangan pemula yang bingung bagaimana cara membuat blog yang sukses, maka saya ciptakan produk panduan blog yang cocok untuk pemula.
  • Mencari ide berdasarkan keadaan lingkungan saat ini. Coba Anda perhatikan apa sih yang sedang jadi trend atau menjadi perbincangan di lingkungan kita saat ini. Misalnya saat sedang trend penggunaan Blackberry, maka Anda bisa coba buat produk ebook yang membahas seputar cara menghasilkan uang tambahan lewat Blackberry. Lingkungan senantiasa berkembang, dan semakin kompleks sebuah lingkungan maka akan semakin banyak ide bisnis yang bisa kita dapatkan dari sana.
  • Mencari ide berdasarkan pengalaman orang lain. Anda tidak harus memakai pengalaman Anda pribadi untuk membuat sebuah produk, tapi bisa juga dari pengalaman orang lain. Banyak penulis novel atau buku yang menulis buku/karya mereka berdasarkan pengalaman orang lain, dunia ini kaya akan pengalaman dan cukup ambil satu lalu kembangkan jadi sebuah produk yang luar biasa.

Bagaimana? Anda sudah mulai menemukan ide?

2. Susun Rancangan Produk Ebook Anda.

Oke ide produk sudah ada, maka langkah berikutnya adalah mulai menciptakan rancangan produk ebook Anda. Anda bisa melakukan brainstorming untuk menciptakan daftar isi dari ebook yang ingin Anda buat.

Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu menyiapkan sebuah kertas plus pena lalu mulai ciptakan gambaran seperti apa sih produk ebook yang ingin Anda buat.

Mulailah dengan sebuah ide pokok, ambil contoh di sini saya mau membuat ebook dengan ide dasar cara mendapatkan uang dengan blog.

Setelah ide dasar, ciptakanlah sub bahasan-bahasan yang akan Anda tampilkan, seperti contoh berikut ini.

1. Pendahuluan.

Apa itu blog?

Kenapa harus bikin dan punya blog?

Sejarah blog.

Beberapa cara mudah untuk membuat blog.

Cara mudah membut blog gratis.

2. Mulai Membuat Blog

Mendaftarkan blog pertama Anda di Blogger.com.

Membuat posting artikel pertama Anda.

Mengganti template blog Anda.

Mengganti favicon blog Anda.

3. Resep-Resep dan Tips Sukses Untuk Blog

Trik supaya mudah menemukan ide menulis blog.

Trik mendatangkan pengunjung ke blog Anda.

Trik mendapatkan banyak komentar di blog.

dan seterusnya. Buatlah daftar isi (rancangan) produk yang jelas agar nanti mudah bagi Anda untuk menyusun ebook tersebut.

3. Melakukan Observasi dan Pengumpulan Bahan Tulisan.

Tahap yang ketiga adalah melakukan observasi, dan pengumpulan materi-materi yang akan Anda susun dan sajikan dalam bentuk ebook. Akan tetapi jika ebook nya Anda tulis berdasarkan pengalaman Anda sendiri, maka tahap pengumpulan bahan tulisan bisa Anda lewatkan.

4. Mulai Menulis Ebook.

Cara terbaik untuk mulai adalah dengan segera memulai. Setelah Anda punya rancangan seperti apa ebook yang akan Anda buat, maka segera mulai menulislah. Mulailah menulis halaman pertama sesuai dengan kerangka yang sudah Anda susun.

Agar bisa disiplin, buatlah jadwal penulisan dan pastikan Anda mentaati jadwal tersebut, sehingga ebook Anda selesai tepat waktu. Selain itu dalam menulis Anda tidak perlu pusing-pusing soal EYD yang baik dann benar, tapi menulislah se-enjoy Anda, senyaman mungkin, yang paling penting tulisan Anda bisa dibaca dan dengan mudah dimengerti oleh pembaca ebook Anda nantinya.

Dalam menulis Anda juga bisa tambahkan cerita pengalaman Anda, tujuannya agar ebook menjadi lebih personal dan orang makin percaya dengan apa yang Anda tulis.

5. Editing.

Setelah naskah selesai, maka berikanlah waktu istirahat sekitar beberapa hari atau satu minggu untuk Anda. Segarkan pikiran Anda, agar Anda bisa melakukan proses editing dengan baik dan santai. Mudah-mudahan dengan pikiran yang segar kualitas tulisan ebook Anda semakin baik lagi.

Minimalisir semua kesalahan dan kekurangan yang ada dalam ebook, agar pembaca benar-benar puas dengan produk Anda.

6. Launching dan Publikasi.

Jika naskah ebooknya sudah diedit, maka segera terbitkan ebook tersebut. Nah tahap penerbitan dan pelepasan ebook ini disebut dengan launching. Untuk kepentingan publikasi ebooknya Anda bisa pakai beragam media, seperti :

  • website penjualan khusus, contohnya seperti ebook Panduan Bisnis Ebook saya.
  • Memanfaatkan halaman Facebook.
  • Publikasi lewat blog Anda.
  • Publikasi lewat artikel penjualan yang dibuat khusus di forum-forum di internet.

7. Promosi Secara Terus Menerus.

Agar bisa mendatangkan banyak penjualan, tentu Anda harus mengenalkan produk ebook Anda ke banyak orang. Nah oleh karena itu promosi secara terus menerus harus selalu Anda lakukan. Ada banyak cara-cara promosi ebook yang bisa Anda coba, seperti :

  • lewat media iklan seperti iklan di Facebook dan Google Adwords.
  • lewat artikel review, dalam artikel review tersebut bahaslah produk Anda. Contoh artikel review bisa Anda lihat di artikel cara cari duit dengan afiliasi Amazon.
  • lewat promosi dengan memakai Facebook, Twitter ataupun jejaring sosial lainnya.
  • lewat posting di forum-forum yang ada di internet.
  • dan banyak lagi.

Bagaimana pembaca?
Semakin tertarik untuk berbisnis ebook ini? Itu dia 7 langkah ampuh untuk mendapatkan penghasilan dari kegiatan menjual dan berbisnis ebook. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Tetap semangat dan semoga rezeki Anda baik sekali.

Aamiin.

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • jadi broker apa yg sedang booming
  • cara mencari uang dengan menulis
  • step by step bikin ebook
  • syep by step bikin ebook
  • menghasilkan uang dari ebook
  • mencari ide ebook
  • contoh ebook yang laris manis
  • sebuah prosedur langkah demi langkah untuk menyusun sebuah masalah
  • cara membuat surat dengan baik
  • panduan membuat ebook tahap demi tahap
Be Sociable, Share!