Konsisten Adalah Kunsi Sukses Blogging

Blogging itu ibaratkan fase pertumbuhan seorang manusia, dimulai dari lahirnya sebuah blog, pertumbuhan masa balita blog, remajanya sebuah blog hingga menjadi sebuah blog yang dewasa dan mulai menjadi blog otoritas. Namun yang jadi kendala, tidak semua blog bisa melewati masa-masa puncaknya. Banyak blog yang hanya bertahan hingga masa balita, sudah mulai drop. Sudah sampai masa remaja ehh malah si blogger hilang semangatnya karena uang tak kunjung datang.

Secara pribadi, saya memang masih bisa dibilang sebagai baru dalam dunia blogging. Dan beberapa blog saya baru memasuki masa balita alias masih sangat muda. Semua blog saya belum ada yang berumur satu tahun, dan mayoritas blog saya baru lahir.

Hal tersebut bisa dimaklumi sebab saya memulai blogging secara serius untuk make money online pada pertenghan (bulan Juni 2011). Namun meski begitu saya cukup puas sebab saya sekarang sudah punya beberapa niche blog berbahasa Inggris :D.

Apakah Kunci Sukses Seorang Blogger?

Dalam ebook Membangun Mindset Blogger Sukses saya sudah sempat menjelaskan kunci sukses seorang blogger ada 5. Salah satu kunci sukses blogging adalah konsisten.

Menjadi blogger itu tidak mudah. Dan ada banyak halang rintang yang akan ditemui, mungkin tidak bisa dijelaskan satu per satu. Namun dengan konsisten maka blog akan tumbuh menjadi lebih kuat, lebih powerful dan tetap bertahan di tengah goncangan atmosfer dunia blogging.

Bagaimana Menerapkan Konsisten dalam Dunia Blogging?

Setiap fase dalam kehidupan sebuah blog itu selalu harus konsisten.

masa-masa awal

Ketika di awal semua tidaklah mudah, Anda harus bertahan. Sebagai sebuah blog baru tentu saja trafik blog akan sangat kecil, jumlah index halaman blog kita di Google juga cukup kecil, dan alhasil impain meraup banyak uang dari blog menjadi cukup sulit direalisasikan. Di sinilah butuh konsisten tahap 1, yakni tetap sabar dan tekun. Ingat siapa yang bersungguh-sungguh ia yang akan berhasil.

masa-masa balita sebuah blog

Menginjak usia balita, blog kita mulai tumbuh. Ciri-ciri blog kita misalnya :

  • postingan yang ada sudah berkisar antara 50-100 posting.
  • ranking Alexanya sudah mulai mencapai angka di bawah 3 juta-an.
  • trafik sekitar 20 sampai 100 per hari.
  • dan masih ada banyak ciri-ciri lain.

Pada tahap ini, upaya yang kita lakukan harus tetap konsisten, pada tahap ini sudah mulai ada tanda-tanda bahwa blog sudah siap menghasilkan uang.  Namun lagi-lagi konsisten masih harus tetap dipegang. Jangan terburu-buru berharap hasil instan dari blog Anda.

Masa-Masa Remaja

Ketika blog sudah beranjak remaja maka blog semakin matang. Jumlah posting sudah ratusan, trafik sudah mencapai angka di atas 500-an per hari, pengunjung loyal sudah cukup banyak dan sebagainya. Pada tahap ini monetize yang kita pilih, jika tepat sasaran maka blog akan menghasilkan uang yang lumayan.Lagi-lagi konsisten masih diperlukan agar blog Anda tetap bertahan dan tidak tergerus ketatnya persaingan antar blog.

Masa Dewasa

Konsisten tetap diperlukan meski usia blog sudah dewasa, meski ribuan dollar mengalir setiap bulannya ke rekening Anda, konsisten tetap diperlukan. Jika tidak konsisten menjaga kecepatan blog, bukan tidak mungkin popularitas turun dan blog Anda yang sudah otoritas itu justru ditinggalkan.

So sahabat-sahabat blogger Indonesia yang super 🙂 konsisten tetap diperlukan di semua usia blogging. Tanpa konsisten sulit bagi kita untuk tetap bertahan mengelola dan memajukan blog kita, ingat bahwa siapa yang bersungguh-sungguh ia akan berhasil.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • konsisten adalah
  • gambar kunci sukses
  • kunci sukses
  • selalu konsisten
  • ciri-ciri konsisten
  • ciri ciri konsisten
  • pertumbuhan manusia hingga menjadi sukses
  • kuat ditengah goncangan
  • ciri konsisten
  • sukses blogging
Be Sociable, Share!