Kiat Supaya Tetap Produktif Dalam Menulis Artikel

Menulis artikel adalah salah satu tanggung jawab seorang blogger, sebab dengan menulis artikellah seorang blogger bisa terus mengembangkan blognya. Akan tetapi yang jadi permasalahan, tidak semua blogger selalu memiliki semangat untuk tetap produktif dalam mengembangkan blognya. Nah untuk itulah di artikel ini mari kita bahas kiat agar tetap produktif dalam menulis artikel.

Posting ini adalah posting ke-105 saya di blog ini :). Tak terasa sekali memang, tapi saya rasa dengan jumlah artikel melebihi angka 100 dapat dikatakan saya termasuk blogger yang cukup produktif. So, mari segera kita bahas kiat agar tetap produktif dalam menulis.

Hilangkan Kebiasaan Menunda.

Menunda memang adalah salah satu penghalang terbesar untuk jadi orang sukses, termasuk untuk sukses menjadi seorang penulis blog yang profesional dan produktif. Apapun suasana hati Anda menulislah, ketika Anda sudah punya ide maka menulislah. Jangan menunda eksekusi ide tersebut, sebab saya punya pengalaman begini. Saya sedang punya ide menulis yang luar biasa, tapi karena suasana hati yang kurang mood akhirnya saya tidak menulis. Dan dampaknya esoknya saya sudah kehilangan semangat dan gagasan untuk mengubah ide tadi menjadi sebuah tulisan :).

Belajar dari pengalaman tersebut, saya sekarang tidak pernah lagi menunda sesuatu, terutama yang berkaitan dengan dunia menulis. Kebiasan menunda hanya akan menjadikan kita kehilangan ide dan gagasan yang sudah kita dapatkan sebelumnya.

Siap untuk menghilangkan kebiasaan menunda 🙂 ?

Perkaya Diri dengan Informasi dan Ilmu Baru.

Agar tetap produktif, seorang penulis tidak boleh lupa mengembangkan dirinya. Kualitas diri seorang penulis sangat menuntukan kualitas tulisan yang ia hasilkan. Jika seseorang itu rajin, rutin dan terus latihan menulis, ditambah dengan berbagai informasi dan ilmu maka dijamin orang itu akan jadi penulis yang hebat.

Jika kita ingin menjadi penulis/blogger yang produktif, jelas kita harus selalu meningkatkan kualitas kita dengan ilmu dan berbagai informasi baru. Tujuannya adalah supaya ide-ide segar tetap mengalir dari kepala dan hati kita :).

Bagaimana cara memperkaya diri dengan informasi dan ilmu baru? Beberapa tips ini akan sangat membantu Anda.

  1. Seringlah berdiskusi dan bertukar pikiran dengan guru atau teman-teman Anda. Jika teman-teman Anda orangnya baik, atau kreatif, maka sering-seringlah berdiskusi dengan mereka. Diskusi biasanya akan menjadikan diri kita punya lebih banyak pengetahuan yang berguna dalam meningkatkan kualitas tulisan yang kita hasilkan. Jangan ragu untuk bertukar pikiran dengan teman-teman hebat Anda :).
  2. Kebiasaan membaca. Nah kalau yang satu ini sepertinya tidak perlu kita bahas panjang lebar deh, memang seorang penulis harus juga menjadi seorang pembaca :).
  3. Ingat kembali pengalaman-pengalaman Anda. Setiap orang pasti punya pengalaman yang layak dibagikan kepada orang lain, nah termasuk pengalaman Anda. So, jangan ragu untuk mengambil hikmah postif dari pengalaman Anda, untuk selanjutnya bagikan hikmah positif tersebut pada orang-orang.
  4. Cari inspirasi, lalu bagikan inspirasi tersebut kepada orang-orang. Ketika Anda punya inspirasi, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menulis sesuatu. Nah di sinilah seorang penulis dituntut memiliki kemampuan melihat suatu inspirasi dari berbagai hal-hal yang terjadi dalam kehidupan, misalnya Anda lihat seorang anak kecil yang hidupnya sedang berkekurangan, tapi ia begitu semangat untuk sekolah, si anak bangun pagi, pulang sekolah cari uang, pagi-pagi sudah harus membantu ayah ibunya, wah-wah inspiratif sekali :). Nah inspirasi yang Anda dapat itu, kemudian bagikanlah kepada orang-orang. Jika Anda rutin melakukan hal semacam ini dijamin Anda mampu menjadi penulis yang produktif.

Latih Terus Kreativitas dan Kemampuan Anda.

Agar Anda makin jago dan punya kemampuan yang dapat dibuktikan, Anda harus terus membuktikan bahwa Anda seorang penulis yang baik dan kalau bisa hebat. Untuk itu selalu lakukanlah upaya membangun kreativitas, dan jangan lupa buktikan kemampuan Anda kepada orang-orang.

Untuk melatih kreativitas, caranya adalah dengan terus latihan menulis. Sebab dari latihan kita akan tahu dan punya ilmu, strategi atau teknik yang lebih baik lagi.

Nah untuk pembuktian, caranya cukup beragam, contoh misalnya dengan :

  1. Mengikuti kompetisi menulis, entah itu kompetisi menulis yang ada di internet, di sekolah, ataupun kompetisi yang diselenggarakan oleh komunitas/organisasi tertentu.
  2. Upayakan diri untuk menjadi penulis dengan menerbitkan buku. Jangan ragu untuk mencoba mengajukan tulisan Anda ke penerbit, agar tulisan Anda bisa dibaca oleh banyak orang. Jika kita sudah mengirim naskah dan menerbitkan buku maka kemampuan kita biasanya akan terus bertambah.
  3. Rajin menulis di media massa, seperti di koran, majalah ataupun di mading.

Sahabat-sahabat saya yang baik hatinya, itu dia pembahasan kita kali ini mengenai kiat agar tetap produktif dalam menulis. O iya, jika Anda mau mendapatkan update terbaru kiat dan tips menjadi penulis maka silakan like fans page Aku Ingin Jadi Penulis.

Oke sekian artikel ini, semoga bisa memberi banyak inspirasi dan kebaikan untuk Anda.

Salam super,

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • tips supaya tetap produktif menulis artikel
  • GAMBAR DAN KATA AGAR TAK MENUNDA SHALAT
  • tips produktif menulis artikel
  • kemampuan menulis
  • kiat jadi penulis artikel di media massa
  • JANGAN MENUNDA SHALAT
  • contoh produktif dalam menulis
  • tips menjadi penulis produktif
  • tips produktif artikel
  • tips supaya tetap produktif
Be Sociable, Share!