Kiat Ampuh Mempromosikan Bisnis Lewat Facebook

sosial media

Facebook merupakan media sosial yang sering dimanfaatkan dalam kegiatan promosi bisnis. Bahkan, kegiatan digital marketing pun tak lepas dari Facebook. Hal ini tidaklah mengherankan sebab Facebook memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak. Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, sudah tentu Facebook merupakan “pasar” yang amat menjanjikan.

Lantas, bagaimana kiat ampuh mempromosikan bisnis lewat Facebook?

Di artikel berikut kami akan membagikan beberapa tips ampuh untuk Anda yang ingin mempromosikan bisnis lewat Facebook.

1. Gunakan Facebook Page (Halaman Facebook)

Halaman Facebook diperlukan ketika Anda ingin membangun komunitas yang besar. Brand-brand terkenal seperti Starbucks, Coca Cola, atau Mario Teguh menggunakan halaman Facebook sebagai representasi brand mereka di Facebook. Lewat halaman Facebook ini jugalah, brand-brand tadi dapat berinteraksi dengan penggemar mereka.

interaksi brand

Anda juga bisa menggunakan halaman Facebook. Ambil contoh, Anda menjual produk batik, maka Anda bisa membuat halaman Facebook tentang batik. Anda dapat membuat halaman dengan nama “Pecinta Batik Nusantara”. Selanjutnya, halaman tersebut Anda gunakan untuk membangun komunitas pecinta batik.

Dalam mengelola halaman tersebut, Anda dapat mengirimkan konten-konten yang berhubungan dengan batik. Barulah sesekali Anda selipkan promosi tentang toko online batik Anda.

Keunggulan membangun komunitas dengan halaman Facebook adalah halaman Facebook dapat menampung audiens dalam jumlah yang besar. Sifat komunikasi di halaman Facebook juga massal. Dalam arti, Anda sebagai brand dapat berkomunikasi secara langsung dan luas dengan publik.

2. Promosikan Halaman Facebook Anda

Setelah Anda punya halaman Facebook, Anda perlu mempromosikan halaman Facebook tadi. Tujuan dari promosi halaman Facebook adalah menjadikan halaman Anda dikenal banyak orang. Semakin banyak orang yang tahu tentang halaman Facebook Anda, makin banyak pula orang yang bisa jadi fans di halaman Anda. Selain itu, promosi halaman Facebook diperlukan untuk membangun awareness (kesadaran orang) terhadap brand Anda.

Promosi halaman Facebook dapat dilakukan dengan cara berbayar ataupun cara gratis. Jika Anda ingin menghemat budget maka Anda dapat menerapkan strategi gerilya marketing. Berbagai strategi gerilya marketing untuk UKM dapat dipelajari di artikel berikut : Strategi-Strategi Pemasaran Gratis Untuk UKM.

Jika Anda punya budget, maka Anda dapat menerapkan cara-cara promosi berbayar, seperti beriklan di Facebook atau di media lain.

Intinya, bangunlah komunitas di halaman Facebook Anda. Perbanyak orang yang menjadi penggemar di halaman Facebook Anda.

3. Lakukan Interaksi dengan Fans/Penggemar

Setelah Anda berhasil membangun komunitas di halaman Facebook, lakukanlah interaksi dengan penggemar yang sudah tergabung dalam komunitas Anda. Interaksi dapat dibangun dengan cara-cara berikut.

  • Mengirimkan konten bermanfaat. Konten ini bisa berupa gambar ataupun tulisan. Brand-brand besar seperti Starbucks lebih sering mengirimkan konten dalam bentuk gambar. Konten visual cenderung lebih menarik dibanding tulisan. Konten visual yang diunggah pun biasanya berhubungan dengan brand Anda. Selain konten berupa gambar, konten informatif yang edukatif juga dapat Anda kirimkan ke halaman Facebook.
Contoh konten visual yang bertujuan membangun brand awareness.

Contoh konten visual yang bertujuan membangun brand awareness.

konten visual 2

  • Jawablah pertanyaan dari penggemar. Adakalanya penggemar akan memberi komentar berisi pertanyaan. Nah jika hal itu terjadi, upayakan menjawab komentar dari penggemar. Menjawab pertanyaan akan menghadirkan interaksi.
  • Kirimkan konten-konten yang berhubungan dengan brand Anda. Contoh konten ini bisa berupa event yang diadakan oleh bisnis Anda. Bisa juga konten seputar launching produk baru. Selain itu, Anda juga bisa mengirimkan konten-konten promosi produk yang dikemas secara menarik.
Contoh konten promosi di halaman Facebook Garuda Indonesia.

Contoh konten promosi di halaman Facebook Garuda Indonesia.

Halaman Facebook sangat cocok jika dipakai untuk promosi sebuah brand.

Meskipun Anda menjalankan bisnis yang sifatnya personal atau Anda berfokus pada personal branding, Anda juga bisa menggunakan halaman Facebook. Apabila Anda fokus pada personal branding, maka brand yang ditampilkan di halaman Facebook juga haruslah berupa profil personal Anda. Selanjutnya gunakan halaman tadi untuk membangun interaksi antara Anda selaku sebuah brand dengan penggemar/pengikut Anda.

Dalam mengelola sebuah halaman Facebook, dibutuhkan kreativitas. Kreativitas ini diperlukan untuk memudahkan kita membuat campaign-campaign kreatif dan menarik. Contoh campaign yang kreatif misalnya lomba/kontes. Jika diperlukan, Anda dapat mengadakan kontes. Kontes/lomba bertujuan untuk membangun engagement dan kedekatan dengan fans Anda di Facebook.

4. Gunakan Facebook Ads

Facebook Ads bukanlah satu-satunya sarana promosi di Facebook. Facebook Ads hanya alat bantu promosi di Facebook.

Kendati demikian, keberadaan Facebook Ads sangat membantu para pelaku bisnis untuk mempromosikan bisnis di Facebook. Dengan Facebook Ads, Anda dapat mempromosikan halaman Facebook Anda, Anda juga bisa mempromosikan website Anda. Tak hanya itu, Facebook Ads juga dapat menjadi alat bantu publikasi campaign yang Anda adakan di Facebook. Dengan bantuan Facebook Ads, Anda dapat memublikasikan promosi Anda secara luas.

Selain itu, Facebook Ads juga dapat digunakan saat Anda baru merilis produk baru. Facebook Ads dapat digunakan untuk meningkatkan engagement posting Anda di Facebook. Ketika Anda beriklan di Facebook, posting Anda bisa dilihat oleh sebagian besar penggemar halaman Facebook Anda.

Rekan pembaca sekalian, itulah beberapa kiat ampuh mempromosikan bisnis di Facebook. Intinya, Anda perlu membangun komunitas penggemar di Facebook. Selanjutnya, manfaatkan komunitas penggemar tersebut sebagai target promosi Anda di Facebook. Sedangkan keberadaan Facebook Ads diperlukan sebagai alat bantu Anda di Facebook. Tanpa Facebook Ads Anda bisa tetap berpromosi di Facebook. Hanya saja, ketika Anda memanfaatkan Facebook Ads, jangkauan promosi Anda bisa semakin luas.

Belajar Iklan Di Facebook 728x90

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel JefferlySuperClub via Twitter.

 

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara membangun personal branding batik
  • cara membuat iklan batik di sosmed
  • cara sukses jualan batik di facebook
  • facebook untuk bisnis berbayar
  • konten promosi batik
  • maksud jumlah orang yang berinteraksi dalam promosi facebook
  • tips jualan batik d facebook
Be Sociable, Share!