Kenapa Kita Perlu Memakai Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Dalam Blogging

Memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam nge-blog? Hello.. apa itu tidak berlebihan? Pro dan kontra seputar penggunaan bahasa Indonesia memang sering terjadi, mulai dari bidang pendidikan di sekolah sampai kegiatan blog pun juga bisa memunculkan pro dan kontra seputar pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Akan tetapi, pada artikel kali ini saya akan mencoba menggali lebih jauh mengenai penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam blogging. Kita tidak akan bahas segi pro dan kontranya, tapi di sini kita akan bahas segudang manfaat yang akan kita dapatkan bila melakukan kegiatan blogging dengan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Berikut ini beberapa manfaat yang akan kita rasakan jika memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar ketika menulis blog.

1. Ini Profesionalitas Bung.

Apakah Anda memanfaatkan blog untuk cari duit? Jika ya, maka jelas profesionalitas adalah hal yang sangat penting. Perhatikan para blogger profesional, apakah banyak diantara mereka yang menulis blog memakai bahasa alay, bahasa yang penuh singkatan dan susah dimengerti?

Saya kira tidak ada. Ambil contoh, dapatkah Anda bayangkan jika seorang master blogging seperti Daniel Scocco menulis blognya memakai bahasa alay versi bahasa Inggris? Jika terjadi tentu saja banyak pembacanya akan kecewa. *mau jadi apa DailyBlogTips.com? :D.

Untuk saat ini, semua kembali kepada setiap diri kita, apakah mau tampil sebagai blogger profesional atau seperti blogger amatiran yang hanya menjadikan blog sebagai ajang permainan belaka.

2. Bahasa Indonesia Bisa Membawa Blog Anda ke Dunia Internasional.

Apakah Anda punya keinginan agar blog Anda bisa go internasional dan dibaca banyak bule di luar sana? :). Jika ya maka pakailah bahasa Indonesia yang benar. Lho, apa hubungannya?

Jadi begini, ternyata seiring dengan makin berkembangnya dunia blog Indonesia membuat banyak orang luar negeri yang tertarik belajar lebih banyak mengenai Indonesia. Dan cukup sering terjadi bahwa banyak orang luar negeri yang rajin mampir di blog-blog berbahasa Indonesia. Lha, mereka kan banyak yang gak ngerti bahasa Indonesia?

Nah di sinilah peranan Google Translate, sama seperti kita yang sering menggunakan Google Translate ketika menjelajah blog bule-bule di luar negeri, para bule pun sering memakai Google Translate untuk menjelajah blog berbahasa Indonesia. Meski tidak 100 % akurat, tapi Google Translate cukup membantu para bule memahami isi artikel di blog berbahasa Indonesia yang mereka kunjungi.

Tapi yang jadi masalah adalah Google Translate itu hanya bisa menerjamahkan bahasa Indonesia yang sesuai EYD, jadi kalau bahasa tidak baku jelas akan susah dimengerti oleh para bule yang mampir di blog kita. Berikut ini beberapa contoh penulisan bahasa Indonesia yang tidak sesuai EYD yang sering membuat para bule bingung ketika berselancar di blog berbahasa Indonesia.

  • Toko-toko sering ditulis menjadi toko2.
  • Pemakaian bahasa singkatan, misalnya”Aku syng banget sm Indonesia”.
  • Bahasa alay, contoh misalnya kalimat “dapet penghasilan dari bisnis online akan membuat kita ceuumunguddhh...”
  • dan banyak lagi.

Jadi, kita sudah tau kan bahwa pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar itu penting.

3. Bahasa Indonesia Adalah Bahasa Persatuan.

Karena kita blogger Indonesia maka sudah seharusnya kita memakai bahasa persatuan. Penggunaan bahasa persatuan akan menunjukkan bahwa kita adalah blogger yang benar-benar cinta Indonesia. Selain itu dengan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar maka isi blog kita akan lebih mudah dipahami oleh orang-orang dari seluruh Indonesia :).

4. Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar Mendukung SEO On Page.

Penggunaan bahasa juga bisa berpengaruh pada optiasi SEO on page blog kita, sebab ini erat kaitannya dengan penulisan keyword. Semakin relevan isi artikel kita dengan keyword  yang dibidik maka makin besar pula peluang artikel kita terindex di hasil pencarian teratas mesin pencari Google.

Akan tetapi jika aritkel kita ditulis dengan memakai bahasa yang tidak sesuai EYD, maka rerelevansi konten blog kita di mata Google bisa menurun dan dampaknya bukan tidak mungkin ranking website/blog kita juga ikut turun.

Untuk itu, mari kita pakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Kalau Pakai EYD, Ntar Tulisannya Kaku Dong?

Mungkin bagi sebagian blogger, menulis dengan EYD akan terasa kaku, tapi saya yakin lambat laun kita pasti terbiasa koq. Yang terpenting di sini bukanlah tulisan kita itu harus full  EYD dan sesuai kaidah, akan tetapi yang penting tulisan kita itu mudah dimengerti oleh semua orang.

Menulislah dengan tetap mempertahankan gaya bahasa Anda sendiri. Dalam hal ini EYD berfungsi agar tulisan kita itu lebih mudah dipahami oleh semua orang (banyak pembaca).

Baiklah rekan pembaca, sekian artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda :).

Tetap semangat!!

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • mengapa kita harus menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar
  • mengapa kita harus berbahasa indonesia yang baik dan benar
  • mengapa kita harus berbahasa indonesia
  • mengapa kita harus menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar
  • penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar dalam penulisan skripsi
  • mengapa kita harus menggunakan bahasa indonesia
  • Untuk apa kita menggunakan bahasa
  • alasan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar
  • mengapa kita harus berbahasa indonesia dengan baik
  • mengapa setiap tulisan harus menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar
Be Sociable, Share!