Jenis-Jenis Konten yang Perlu Ada di Blog Anda

Catatan editor : artikel ini adalah salah satu materi tentang blogging yang JefferlySuperClub.com bagikan pada kursus online “blog fantastis modal gratis”. Jika Anda tertarik untuk ikut belajar di kursus ini, silakan kunjungi situs ini.

konten blogKonten adalah syarat mutlak penentu kualitas sebuah blog, tanpa konten yang bagus dan berguna sebuah blog tidak lebih dari sekedar seonggok “sampah” yang mengotori dunia maya. Mau tak mau suka tidak suka, kalau mau menjadi blogger (pengelola blog) yang profesional kita harus mejunjung tinggi standar dan kualitas konten blog kita.

Lihatlah sederet blog sukses, pasti punya konten (artikel) yang bermanfaat bagi para pembacanya. Entah itu yang bisa membuat pembacanya terhibur, pembacanya terinspirasi, pembaca menjadi punya pengetahuan baru atau lainnya.

Lantas bagaimana cara membuat konten blog yang bagus dan bermanfaat? Jenis konten seperti apa saja yang perlu ada di blog kita? Nah di artikel ini kita akan membahasnya. 🙂

Bagaimana Cara Membuat Konten Blog yang Berguna?

menulis bloggerAda beberapa hal yang perlu Anda miliki jika mau menjadi pembuat konten yang bagus dan berguna bagi orang lain. Inilah sejumlah hal tersebut.

  1. Anda menyukai kegiatan membuat konten. Ini syarat yang paling utama, Anda harus suka membuat konten blog. Suka di sini dalam artian keseluruhan prosesnya, mulai dari mempelajari pengetahuan yang diperlukan, menyukai membuat konten tersebut di blog, intinya Anda harus semangat, harus bergairah, dan kuncinya hanya bisa diraih jika Anda mencintai blog dan pembaca Anda.
  2. Anda punya kemampuan membuat konten yang baik. Kemampuan membuat konten, bisa berupa menulis, editing foto, editing video atau lainnya. Tidak ada yang melarang Anda menulis sekalipun tulisan Anda jelek, tetapi pastikan setiap hari Anda terus tumbuh lebih baik, termasuk dalam hal kemampuan membuat konten.
  3. Anda punya pengetahuan dan mengerti apa yang Anda buat. Jangan sekadar jadi blogger copas yang betul-betul buta apa yang ia buat. Tanya deh blogger-blogger copas (copy paste) apakah mereka mengerti apa yang mereka tulis? Mungkin sebagian besar akan menjawab tidak mengerti. Mempunyai pengetahuan dan kompetensi ini penting dalam proses mem-branding blog Anda.
  4. Anda punya banyak ide. Ide-ide ini perlu Anda miliki agar Anda tetap produktif. Bagaimana cara mendapatkan ide untuk ide blog Anda? Silakan tonton video Cara-Cara Mudah Mencari Ide Blog.

Mudah-mudahan Anda semakin produktif dalam membuat konten yang baik. 🙂

Jenis-Jenis Konten yang Perlu Ada di Blog Anda

Nah bagaimana dengan jenis-jenis konten yang perlu kita miliki di blog? Inilah uraian selengkapnya.

  • Artikel. Ya artikel adalah konten paling dasar yang harus ada di blog Anda.  Artikel juga merupakan konten yang ada di hampir semua blog di internet. Dalam artikel, Anda membagikan informasi yang bermanfaat.
  • Gambar. Gambar juga sangat diperlukan untuk hadir dan melengkapi blog Anda. Fungsi gambar selain untuk mempercantik tampilan, gambar juga bisa berfungsi untuk menjadi ilustrasi dan media yang menjelaskan informasi yang mau Anda sampaikan.
Contoh penggunaan gambar pada artikel.

Contoh penggunaan gambar pada artikel.

  • Infografik. Sudah kenal dengan yang namanya infografik? Infografik adalah gambar yang berisi suatu informasi. Fungsi dari infografik adalah menyampaikan informasi dengan gaya penyampaian yang praktis dan lebih mengutamakan kehadiran gambar. Contoh penggunaan infografis dalam artikel bisa Anda lihat di artikel Trik Khusus Banjir Like di Halaman Facebook.
  • Video. Hadirnya konten berupa video juga akan menjadikan blog Anda makin berisi dan makin menarik. Video bisa menjadi salah satu cara Anda menyampaikan penjelasan kepada pembaca. Dengan adanya video, pembaca bisa mendapatkan informasi yang bersifat gambar dan suara, sehingga mereka bisa dengan mudah menikmatinya. Bagaimana cara membuat konten dalam bentuk video? Kami sudah membahasnya di Buku Pintar Promosi di Internet. Tetapi jangan kuatir, kami juga akan bahas caranya pada artikel berikutnya.

Tips Menulis Artikel di Blog

Tak bisa dipungkiri, sebagian besar konten yang ada di blog saat ini adalah konten berupa artikel. Nah bagi Anda yang bertanya-tanya tentang bagaimana tips dalam menyajikan konten dalam bentuk artikel, maka berikut tips dari kami.

  1. Pelajari tips dan trik menulis headline yang menarik. Headline atau judul dari artikel blog Anda adalah hal yang sangat krusial, dengan headline yang menarik orang-orang akan menjadi lebih tertarik untuk membaca artikel Anda. Tanpa headline yang menarik, akan sulit bagi kita untuk meraih perhatian audiens. Untuk itu pastikan Anda mempelajari trik dan metode penulis headline yang menarik. Nah di mana belajarnya? Anda bisa ikuti pembelajaran-nya gratis di Belajar Copywriting Dahsyat.
  2. Terus ikuti perkembangan teknik menulis.
  3. Teruslah berlatih menulis.
  4. Perkaya pikiran Anda dengan beragam ide-ide tulisan.
  5. Pelajari dan terapkan penulisan dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Berbagai pengetahuan seputar tips, dan metode menulis bisa Anda pelajari di sini.

Akhir kata, kami berharap agar Anda kian produktif dalam menyajikan berbagai konten berkualitas di blog Anda masing-masing.

Salam semangat!! 🙂

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • konten blog
  • apa itu konten blog
  • materi blog yang menarik
  • konten dalam blog
  • apa itu konten
  • apa itu konten dalam blog
  • jenis konten yg perlu ada di blog
  • konten dalam blogg
  • materi blog yang bagus
  • jenis konten yang ada di blog
Be Sociable, Share!