Ini Cara Mendapatkan Minimal 1000 Pengunjung Web per Hari

Trafik website merupakan hal yang penting. Semakin banyak pengunjung sebuah website, maka makin banyak peluang bisnis yang bisa dimiliki web tersebut. Apapun bisnis online Anda, trafik merupakan faktor yang penting.

Jika Anda berjualan online, makin banyak pengunjung web Anda maka akan makin banyak calon pembeli. Jika Anda menampilkan iklan di blog, makin banyak pengunjung web, maka pengiklan akan kian tertarik untuk beriklan di website Anda.

Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan trafik website.

Bagaimana cara mendapatkan setidaknya 1000 pengunjung web dalam satu hari? Berikut cara-caranya.

Cara-cara ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai blogger selama hampir 4 tahun terakhir.

1. Buat Konten yang Berkualitas dan Optimalkan SEO

Cara pertama adalah dengan membuat konten-konten berkualitas. Lalu pastikan konten tersebut menempati peringkat yang tinggi di pencarian mesin pencari (seperti di Google). Mesin pencari adalah salah satu sumber trafik utama bagi para pemilik web di internet.

Untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin pencari, kita perlu menerapkan SEO (Search Engine Optimization). Bagaimana cara menerapkan SEO? Ada berbagai teknik SEO yang bisa digunakan, baik itu metode SEO on page ataupun SEO off page. Anda bisa mempelajari seputar SEO di sini :

Seperti apa konten berkualitas?

Ada banyak definisi konten berkualitas. Namun sebagai acuan, Google Webmsater sudah membuat kriteria seputar konten dan halaman website yang berkualitas. Anda bisa baca panduannya di sini : Google Webmaster Guidelines.

Saya mengartikan konten berkualitas sebagai konten yang bermanfaat dan disukai pembaca/audiens. Dengan kata lain, konten berkualitas adalah konten yang bernilai. Dikutip dari Impactbrand, kriteria konten yang bernilai antara lain :

  • konten yang unik dan original,
  • konten yang actionable (bersifat praktis dan dapat dipraktikkan pembaca), dan
  • menjadi sumber referensi bagi pembaca.

Apapun niche (bidang/ceruk pasar) website Anda, kriteria tadi cukup membantu untuk menjadi acuan saat membuat konten.

Nah pastikan Anda melengkapi konten berkualitas tadi dengan berbagai optimalisasi SEO. Dengan demikian, konten Anda akan ditemukan oleh pembaca di internet.

Bagi saya, cara pertama ini adalah cara yang dapat diandalkan untuk jangka panjang. Kenapa? Sebab ketika konten kita sudah berhasil menempati posisi yang baik di pencarian Google, maka selama beberapa waktu ke depan, konten kita akan mudah ditemukan oleh orang-orang. Selagi konten kita bisa menempati posisi yang tinggi di pencarian, selama itu pula orang-orang akan tetap berdatangan ke website kita.

2. Manfaatkan Akun Media Sosial yang Punya Banyak Pengikut

Cara kedua adalah memanfaatkan akun media sosial yang punya banyak pengikut. Misalkan Anda punya halaman Facebook yang punya puluhan ribu penggemar, atau Anda punya akun Twitter dengan jutaan pengikut. Dengan demikian, Anda tinggal memanfaatkan akun tersebut. Setiap kali Anda selesai memublikasikan konten di website, maka bagikanlah konten tersebut di akun media sosial Anda tadi.

Media sosial dapat menjadi salah satu sumber trafik andalan Anda. Kenapa? Sebab orang Indonesia relatif menyukai menghabiskan waktu di media sosial. Mengacu pada data yang dihimpun We Are Social, di awal tahun 2016 jumlah pengguna aktif sosial media di Indonesia mencapai 79 juta orang.

Data seputar dunia digital di Indonesia. (Sumber : We Are Social).

Oleh karena itu, pastikan Anda tak ketinggalan untuk memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sumber trafik website. Media sosial yang bisa Anda gunakan misalnya : Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, ataupun media sosial lainnya sesuai karakteristik target pasar produk/jasa Anda.

Secara umum, media sosial terbesar yang dapat jadi sumber trafik adalah Facebook. Sebab Facebook merupakan jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia.

(Segera dapatkan : Buku Panduan Facebook Marketing).

3. Bangun List Email dan Manfaatkan

Cara yang ketiga adalah memanfaatkan email list. Sebagai pemilik website, sebaiknya Anda mulai mengumpulkan email pengunjung web Anda. Misalkan jika Anda punya blog, maka Anda bisa sediakan form berlangganan artikel. Dengan demikian, ketika pengunjung menyukai konten-konten Anda, mereka dapat medaftarkan diri untuk berlangganan artikel. Setiap kali ada artikel terbaru, pengunjung tadi akan mendapatkan pemberitahuan via email.

Contoh fasilitas berlangganan artikel di blog/web.

Tak hanya itu, bagi Anda para pemilik toko online pun bisa melakukan hal yang sama. Anda bisa memberi berbagai reward untuk pengunjung yang mau mendaftarkan email mereka. Contoh reward ini misalkan potongan harga, kupon belanja/voucher, promo menarik, dsb. Ketika Anda berhasil mengumpulkan email para pengunjung web, Anda dapat menjangkau mereka di waktu yang akan datang. Misalkan ketika Anda melaunching produk baru, maka Anda tinggal sebarkan info produk tersebut ke para pengunjung yang terdaftar di email list Anda.

Metode ini bisa dibilang sebagai bentuk dari email marketing.

Jika Anda punya email list yang berisi 10.000 orang, lalu 20 – 30 % dari mereka aktif mengecek email dari Anda, maka tentu mendapatkan 1000 pengunjung relatif mudah. Anda tinggal sebarkan konten Anda ke mereka, maka trafik akan berdatangan ke website Anda.

(Jika Anda ingin belajar email marketing, Anda bisa ikut kursus online di situs ini : BelajarListBuilding.com).

4. Iklankan Website Anda

Cara yang ke-4 adalah dengan mengiklankan website Anda. Cara ini relatif lebih praktis dibanding tiga cara yang sudah disebutkan. Hanya saja, untuk menerapkan cara ini tentu Anda harus menyiapkan anggaran untuk iklan. Yang perlu Anda lakukan adalah Anda iklankan website Anda. Anda bisa beriklan di website-website populer ataupun di media sosial. Misalkan Anda bisa beriklan di Facebook, Twitter, di Google, dsb.

Atau bisa juga Anda menjadi sponsor di blog-blog yang punya ribuan pengunjung tiap harinya.

Nah itulah empat cara agar website Anda bisa mendapatkan setidaknya 1000 pengunjung per hari. Anda tidak harus melakukan semua cara yang sudah disebutkan, Anda bisa fokus pada satu atau dua cara yang paling cocok untuk Anda. Misalkan jika Anda ingin fokus di konten dan SEO, maka fokuslah di hal tersebut. Atau jika Anda hanya ingin memanfaatkan media sosial, juga tak masalah.

Kalau pengalaman pribadi, saya biasanya mengandalkan cara pertama dan ketiga. Saya fokus menghasilkan konten-konten berkualitas di website, melakukan SEO, dan mengoptimalkan email marketing. Untuk media sosial dan iklan juga saya gunakan. Hanya saja, effort utama saya diarahkan ke konten, SEO, dan email marketing.

Semoga menginspirasi. 🙂

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • 1000 situs penting
  • cara dapatkan 1000 pengunhljung web setiap hari
  • Cara mendapatkan pengunjung situs minimal 1000 perhari
  • minimal pengunjung web dalam 1 hari
Be Sociable, Share!