Ingin Bisnis Anda Sukses? Terapkan 5 Tips Pengelolaan Website Berikut

artikel-yang-enak-dibaca

Apakah Anda memanfaatkan website untuk berpromosi di internet?

Apakah website Anda sudah dimanfaatkan secara optimal?

Ingin website Anda memberi keberhasilan pada kegiatan pemasaran yang Anda lakukan?

Dalam tulisan ini, akan dibahas 5 tips pengelolaan website. Dengan menerapkan lima tips ini, website Anda akan kian optimal dan bisa membantu kesuksesan pemasaran online Anda.

Jika Anda belum punya website, dan ingin belajar membuat website, mari daftar di kursus online ini : www.PanduanMembuatWebsite.com.

1. Terapkan Funneling di Website Anda

Dalam melakukan kegiatan pemasaran, kita pasti punya tujuan. Tujuan ini bisa berupa supaya orang-orang membeli produk kita, mendaftar di website kita, datang ke acara kita, dan lain sebagainya. Nah, untuk membantu Anda mencapai tujuan pemasaran tadi, Anda bisa menerapkan konsep funneling di website.

Funneling adalah kegiatan menyalurkan pengunjung web dari satu ke halaman lain dengan tujuan/maksud tertentu.

Penjelasan  lebih mendalam seputar funneling dapat Anda pelajari di artikel berikut : Sudahkah Anda Menerapkan Konsep Funneling di Website?

Dengan menerapkan funneling, Anda akan melakukan internet marketing dengan lebih efektif. Tentu, hasilnya akan berdampak pada keberhasilan bisnis online Anda.

2. Minta Pengunjung Mendaftarkan Email/Info Kontak Mereka

Hal penting lainnya adalah minta pengunjung untuk mendaftarkan email/info kontak mereka. Mengapa?

Ketika Anda bisa mendapatkan info kontak para pengunjung web, Anda bisa melakukan follow up (tindaklanjut) di waktu yang akan datang.

Bagi Anda yang punya blog, maka sediakanlah fasilitas berlangganan artikel di blog Anda. Dengan demikian, pengunjung yang tertarik bisa mendaftarkan email mereka. Nantinya secara berkala, para pengunjung tadi akan mendapatkan pemberitahuan seputar konten terbaru di blog Anda.

Contoh fasilitas berlangganan artikel.

Contoh fasilitas berlangganan artikel.

Bagi Anda yang punya toko online/website penjualan, maka mintalah para pengunjung untuk mendaftarkan email mereka. Nantinya, Anda dapat mengirimkan email pada para pengunjung tadi. Entah itu email berisi promosi spesial yang Anda adakan, info diskon, rekomendasi produk yang relevan, dan lain sebagainya. (Klik di sini : Panduan Belajar List Building – Panduan Email Marketing. )

Anda yang berjualan jasa pun juga bisa menerapkan hal ini. Di website, Anda bisa sediakan form. Form ini dapat diisi oleh mereka (calon klien) yang tertarik dengan jasa Anda. Nah dari sekian informasi yang hendak Anda dapatkan dari calon klien, pastikan Anda mendapatkan email/kontak mereka.

Hal ini memang sederhana, tapi jika dilakukan secara berkelanjutan pasti akan membawa dampak keberhasilan pada bisnis Anda.

3. Sajikan Konten yang Bermanfaat (Bisa Pakai Video, Grafis, dsb)

Ketika mengelola website, ketahuilah apa tujuan orang-orang mengakses website Anda. Setelah tahu apa kebutuhan orang-orang tadi, maka sediakanlah solusi/jawaban atas kebutuhan tersebut. Misalkan jika Anda punya website tentang tips fotografi, maka sajikanlah konten-konten bermanfaat seputar dunia fotografi.

Jika Anda mengelola website perusahaan, maka sediakan pula channel khusus yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan target pasar. Misalkan seperti yang dilakukan oleh Infolinks.com.

Infolinks ini adalah penyedia platform iklan di internet. Produk mereka berupa platform iklan. Lewat produk tadi, kita para pengiklan bisa beriklan di jaringan website yang terdaftar sebagai publisher Infolinks.  Mereka melayani dua jenis customer, yakni : para pemasang iklan dan para blogger.

Situs Infolinks.com

Situs Infolinks.com

Nah, secara berkala, Infolinks kerap membagikan konten bermanfaat untuk para blogger. Contoh konten tadi misalnya tips desain website, tips pengelolaan website, dan banyak lagi.

Contoh konten bermanfaat yang dihadirkan oleh Infolinks untuk para blogger.

Contoh konten bermanfaat yang dihadirkan oleh Infolinks untuk para blogger.

Jangan hanya sekadar mengandalkan konten tulisan, perkaya konten Anda. Anda bisa sajikan konten dalam bentuk video, gambar (seperti foto dan infografis), dan lain sebagainya.

(Butuh panduan belajar YouTube marketing/video marketing? Baca buku ini : buku YouTube Marketing).

4. Ajak Pengunjung Website Mengikuti Anda di Media Sosial

Agar Anda bisa tetap berinteraksi dengan target pasar/pengunjung web, mintalah mereka mengikuti Anda di media sosial.

Caranya?

Promosikan akun media sosial Anda di website. Jika Anda punya akun Twitter, Instagram, halaman Facebook, channel YouTube, akun Linkedin, atau apapun itu, promosikan akun tadi di blog/web Anda. Misalkan dengan menampilkan ajakan follow di akhir posting/konten web Anda.

Bisa juga dengan menampilkan widget like box ataupun widget social media lain di blog.

Menampilkan like box halaman Facebook di blog.

Menampilkan like box halaman Facebook di blog.

Dalam kegiatan social media marketing, jumlah pengikut merupakan salah satu faktor yang penting. Oleh karena itu pastikan Anda terus meningkatkan jumlah pengikut di media sosial.

5. Tampilkan Portofolio/Testimoni di Website Anda

Buatlah satu halaman atau widget khusus di web Anda. Di halaman/widget tersebut, tampilkan  bukti yang dapat meyakinkan calon pembeli/klien untuk menjadi customer Anda. Bukti tadi bisa berupa portofolio ataupun testimoni. Jika Anda punya toko online, maka tampilkanlah testimoni dari mereka yang sudah membeli produk Anda.

Jika Anda menjual jasa, maka tampilkanlah testimoni dari klien-klien Anda. Bisa juga dengan menampilkan berbagai portofolio/karya yang sudah Anda kerjakan.

Setiap kali Anda selesai melayani sebuah konsumen, maka mintalah mereka untuk memberikan review/komentar terkait pelayanan/produk Anda. Agar customer mau memberikan review/ulasan tentang jasa/produk Anda, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Misalnya :

  • Berikan service yang amat memuaskan. Ketika menggunakan ojek/taksi online kita pasti mengharapkan pelayanan yang sangat baik dari driver. Ketika driver-nya ramah, peduli, dan memberi layanan terbaik, pasti kita tidak akan segan untuk memuji ataupun memberikan review terbaik. Hal yang sama juga bisa kita lakukan, berikan service/produk terbaik untuk konsumen. Dengan demikian, mereka tidak akan ragu untuk memberi rating, review, ataupun komentar terbaik bagi kita.
  • Berikan reward untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Tak ada salahnya untuk memberi reward agar para pelanggan mau memberikan review. Reward ini bisa berupa bonus tertentu untuk mereka yang memberi review, potongan harga tertentu, bonus item, dan lain sebagainya.
  • Mintalah maka kita akan diberi. Ya cara ini paling sederhana. Mintalah secara langsung agar pelanggan memberikan review/evaluasi terhadap pelayanan/produk kita. Sebagian besar orang pasti akan rela memberi masukan/review jika kita minta secara baik-baik.

Jika sudah berhasil mendapatkan review positif/testimoni, maka tampilkanlah testimoni tadi di website. Testimoninya bisa dalam bentuk screeenshot chat/email, rekaman suara, foto dan kata-kata konsumen, atau bahkan video (ini lebih baik). Selain itu, adanya testimoni ini dapat menjadi semacam bukti sosial bahwa produk/layanan Anda berkualit.

Itulah 5 tips pengelolaan website untuk keberhasilan bisnis online. Hal-hal tadi memang sederhana, tapi yakinlah jika dilakukan secara konsisten, pasti akan berdampak pada keberhasilan bisnis kita. Selain itu, meski hal-hal di atas sederhana, saya masih cukup sering menjumpai website yang belum menerapkan beberapa tips di atas.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • peningkatan pengelolaan website dan blog
Be Sociable, Share!