Google Mengubah Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id

Logo Blogger (sumber gambar : Grovo.com).

Logo Blogger (sumber gambar : Grovo.com).

Baru-baru ini Google melakukan perubahan di mana domain blogspot.com diarahkan menjadi blogspot.co.id (khusus untuk wilayah Indonesia). Dengan demikian, jika semula blog Anda beralamat di www.nama.blogspot.com, maka ketika blog Anda diakses dari Indonesia, pengunjung akan diarahkan ke alamat. www.nama.blogspot.co.id.

Bagi Anda pengguna Blogspot, Anda juga bisa mengecek blog Anda. Dapat dipastikan alamat blog Anda diarahkan ke .blogspot.co.id.

Alasan Google Mengganti Alamat URL Blogspot di Indonesia

Seperti dikutip dari Kompas.com, alasan Google mengganti alamat url Blogspot untuk wilayah Indonesia adalah agar sejalan dengan visi Google dalam mendukung kebebasan berpendapat dan aturan mengenai konten-konten kontroversial.

Dengan demikian, jika pemerintah Indonesia meminta Google untuk menghapus konten kontroversial yang melanggar hukum Indonesia, konten tersebut akan dihapus dan tidak bisa diakses pengguna dari Indonesia. Kendati demikian, konten tersebut masih dapat diakses pengguna dari negara lain.

Apakah Ini Berpengaruh Terhadap SEO?

Contoh sebuah blog di Blogspot.

Contoh sebuah blog di Blogspot.

Menurut Google, perubahan alamat url Blogspot ini dapat berpengaruh terhadap SEO.

“Mesin pencari akan menganggap versi blogspot.com dari blog Anda sebagai blog yang resmi,” seperti ditulis oleh Google.

Kendati demikian, pengunjung akan langsung diarahkan ke alamat url baru dari blog Anda. Jadi, jika pengunjung mengakses www.namablogAnda.blogspot.com, pengunjung akan langsung diarahkan ke www.namablogAnda.blogspot.co.id. Dengan demikian, Anda tidak perlu kuatir akan kehilangan trafik.

Dari segi tampilan dan konten, tidak ada perubahan yang terjadi. Usai perubahan alamat url ini, tampilan dan konten blog Anda akan tetap sama seperti sebelum datangnya perubahan.

Rekan pembaca sekalian, mau tidak mau, kita para pengguna Blogger harus tetap mengikuti ketentuan yang telah ada. Hal ini akan lumrah kita jumpai ketika kita menggunakan layanan dari suatu situs/platform. Semoga blog Anda tetap sukses dan jaya.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel via Twitter.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • blogsoprt co id
  • cara isi url blogspot to google co id
  • luastakbertepi blogspot co id
  • mengapa google mengubah blogspot com jadi blogspot co id
Be Sociable, Share!