Gimana sih Cara Dapetin Duit dari Internet?

Gimana sih dapetin duit dari internet? Bagaimana ya cara supaya internet bisa menghasilkan uang? Gimana sih koq internet itu bisa jadi sumber uang kita? Begitulah pertanyaan yang sering saya dapatkan, entah itu dari rekan pembaca buku saya, teman-teman saya dan para pembaca blog saya. Nah supaya tidak bingung saya sengaja buat artikel ini untuk teman-teman yang belum tahu bagaimana menghasilkan uang dari internet.

Mari kita bahas ya. Setuju? Yuk mari :).

Supaya bisa dapat uang, apa yang harus kita lakukan?

Bekerja?

Salah.. bukan itu.

Yang benar adalah menjual. Ya menjual, tanpa menjual seseorang tidak akan bisa dapat uang. Coba, Anda pergi ke kantor untuk apa? Bekerja bukan? Nah dari bekerja itu apa yang Anda jual? Tenaga, pikiran dan keterampilan Anda, kan? So, singkat kata Anda menjual. Begitu juga dengan bisnis intenet. Kalau mau dapat duit ya jual sesuatu.

Mau Jualan Apa?

Setelah kita tahu bahwa kita harus jualan, maka pasti timbul pertanyaan dari Anda. Mau jual apa ? He..he saya tahu apa yang Anda pikirkan. Ada banyak hal yang bisa kita jual di internet, entah itu berupa produk jasa ataupun produk barang. Berikut beberapa hal-hal yang bisa kita jual di internet.

  • Produk fisik. Contoh produk fisik ini misalnya baju, sepatu, aksesoris, jam, tas atau apa saja yang bisa dipegang secara langsung. Banyak sekali lho orang yang jualan produk fisik di internet.
  • Produk digital, contoh produk digital misalnya video tutorial untuk belajar sesuatu, software (aplikasi), ebook dan berbagai produk yang sifatnya virtual (tidak bisa dipegang secara langsung).
  • Jasa. Ya banyak sekali jasa yang bisa Anda pasarkan di internet, mulai dari jasa desain, jasa konsultasi, jasa pembuatan dan banyak lagi.
  • Ruang iklan. Jika Anda belum atau tidak tertarik menjual jasa, produk fisik atau produk digital maka solusi yang bisa Anda pilih adalah dengan menjual (lebih tepatnya menyewakan) ruang iklan di situs web yang Anda miliki.

Khusus yang menyewakan ruang iklan, konsepnya seperti ini. Jadi Anda punya sebuah website, nah kemudian di web tersebut Anda sediakan ruang khusus supaya orang-orang bisa beriklan di website Anda. Dan jika sudah ada yang beriklan, maka nanti Anda bisa dapat bayaran dari sana.

Jika Anda tertarik mempelajari lebih jauh mengenai bisnis iklan di internet maka silakan Anda baca artikel saya yang berjudul Mengais rezeki dengan bisnis PPC di internet.

Bagaimana Cara Jualan di Internet?

Oke saya sudah tahu bahwa saya harus jualan, selanjutnya bagaimana cara jualannya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut ini jawaban dari saya :

  • Jualan dengan memakai toko online. Ya jika Anda menjual produk (entah itu produk fisik atau digital) sangat disarankan agar Anda mempunyai toko online. Toko online ini penting, sebab dengan toko online kita bisa mempromosikan produk yang kita jual ke seluruh dunia. Saya gak bisa bikin toko online, bagaimana caranya? Ada dua cara, pertama Anda bayar orang untuk membuatkan Anda toko online atau kedua, Anda belajar lewat panduan membangun toko online.
  • Jualan pakai blog. Jika produk yang Anda jual adalah berupa jasa, maka blog adalah media yang sangat tepat. Lewat sebuah blog Anda bisa membangun kredibilitas sekaligus mengenalkan bisnis Anda kepada orang-orang.  Belum bisa buat blog? Tenang mari kita belajar membuat blog.
  • Jualan pakai social media. Hari gini belum punya akun jejaring sosial, ke mana aja loe :D? Ya hadirnya beragam jejaring sosial seperti Facebook, Twitter ataupun Youtube jelas akan sangat memudahkan kita untuk bisa berjualan di internet.. Apapun produk yang Anda jual, social media bisa menjadi sarana pemasaran yang sangat efektif bila dimanfaatkan dengan benar.
  • Jualan lewat forum atau situs jual beli. Contohnya Anda bisa pakai situs TokoBagus.com, BukaLapak.com, Kaskus.co.id dan banyak lagi situs forum jual beli lainnya.

No Action = No Success.

Untuk sukses kita harus bertindak (action), action itu adalah faktor kali. Ambil contoh begini, Anda punya 10 impian, tapi tindakan (ACTION) Anda nol. Maka perhitungannya jadi seperti ini :

10  x 0 = NOL besar.

Jadi tanpa adanya tindakan maka jelas kita tidak bisa sukses. Bukankah Tuhan sudah berjanji seperti ini, tidak akan Ku ubah nasibmu, kecuali kau sendiri yang mengupayakannya. Nah begitu juga dalam bisnis internet, kalau kita tidak ACTION maka jangan harap akan menuai sukses.

Untuk itu setelah Anda membaca artikel ini maka segera-lah ACTION, ambil dan lakukanlah sebuah tindakan. Mulailah dari hal yang paling bisa Anda lakukan saat ini, kalau Anda baru bisa beli buku panduan bisnis internet ya beli kemudian bacalah, kalau Anda baru bisa membuat blog, maka buatlah blognya, kalau Anda baru bisa sedekah ya sedekah dulu deh :).

Baik rekan pembaca, semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda untuk menjadi lebih sukses ya :). Aamin.

Salam super,

Jefferly Helianthusonfri.

Pebisnis internet dan penulis muda berusia 15 tahun.

Untuk mengundang Jefferly sebagai pembicara seputar menulis dan bisnis internet silakan klik di sini.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • dapet duit dari internet
  • gimana ya bisa dapat duit dari internet
  • cara daptin duit
  • gimana sih bisa dapet duit dari internet
  • gimana sih kita bisa dapat uang
  • gimana sih supaya orang bisa tertarik dg bisnis kita
  • gimana sih supaya facebook menjadi sumber uang
  • Gimana sih dapetin inspirasi
  • gimana sih dapetin duit dari web
  • gimana sih cara menyewa apartemen
Be Sociable, Share!