Gimana Cara Ampuh Dapat Duit dari Blog?

John Chow, contoh blogger yang kaya karena blognya.

Cara dapat duit dari blog? Bagaimana caranya mendapatkan penghasilan dari blog? Gimana sih caranya dapet duit dari blog? Itulah sederet pertanyaan yang sering saya dapatkan dari teman-teman saya, baik itu teman di sekolah, dan terkadang pertanyaan bernada serupa juga cukup sering ditanyakan oleh para pembaca buku saya. Nah supaya jelas dan bisa membantu banyak orang, maka saya buatlah artikel ini.

Dengan judul Gimana cara ampuh dapat duit dari blog, tentu saja di artikel ini kita akan bahas cara mendapatkan duit (uang) dengan memanfaatkan media blog.

Sebelum membahas lebih jauh, perlu sekali dipahami bahwa meskipun kita punya blog belum tentu kita akan dapat uang. Sebab di sini blog hanyalah sebuah media yang kita manfaatkan untuk mencari duit, dan perlu digaris bawahi bahwa cari uang di internet itu tidak mudah ya. Jadi kalau mau dapat duit dari internet, kita harus kerja keras.

Nah setelah dasarnya kita tahu maka mari kita bahas sedikit lebih dalam.

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan uang dari blog, cara tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Lewat Iklan.

Seiring dengan makin berkembangnya dunia internet, maka jelas kegiatan beriklan juga sangat perlu untuk dilakukan via internet. Nah karena semakin banyak orang yang mau beriklan di internet, maka keberadaan blog jelas sangat diperlukan sebagai media untuk menampilkan iklan tersebut.

Ada berbagai jenis iklan yang bisa kita manfaatkan kalau kita ingin menghasilkan uang dari blog. Berikut ini beberapa contoh jenis iklan yang biasanya dimanfaatkan oleh para blogger untuk mendapatkan uang dari blog yang mereka miliki.

  • Iklan PPC. Adalah sebuah metode iklan di mana si pemilik blog hanya akan dibayar untuk setiap klik yang terjadi pada iklan yang ia tampilkan. Misalnya komisi satu klik adalah 300 Rupiah, lalu di blog Anda dalam satu bulan terjadi 1000 kali klik, maka komisi yang akan Anda dapat selama satu bulan adalah sebesar Rp. 300.000,00 (300 x 1000). Informasi lebih jelas mengenai bisnis online PPC ini bisa Anda baca di artikel saya yang berjudul Aneka cara yang pernah saya coba untuk dapat duit dari internet.
  • Iklan Banner Mandiri. Yakni Anda menyewakan ruang iklan di blog Anda, lalu orang bisa memasang iklan di tempat (blog) Anda. Misalnya untuk tampil selama satu bulan, orang harus membayar sebesar Rp. 100.000,00. Nah setelah masa tayang iklan habis, maka orang itu harus membayar lagi atau jika tidak iklannya tidak akan ditampilkan.
  • Iklan review. Di internet ada sebuah metode beriklan di mana orang bisa memasang iklan dalam bentuk tulisan artikel. Nah iklan semacam inilah yang dinamakan dengan iklan review. Anda bisa sediakan layanan iklan review semacam ini di blog Anda, bagaimana caranya? Nanti akan kita bahas di artikel berikutnya.

2. Melalui Kontes Blog.

Di internet, cukup sering diadakan kontes (perlombaan) blog. Kontes ini biasanya adalah kontes menulis dan kontes SEO. Nah kontes semacam ini biasanya diselenggarakan oleh pihak/perusahaan yang sedang mengadakan promosi. Jadi berkat adanya kontes, maka nama si penyelenggara kontes akan terkenal di jagad maya (internet).

Hadiah dari kontes blog ini juga cukup menggiurkan, tak jarang ada penyelenggara yang berani menyediakan hadiah sampai angka jutaan hingga belasan juta Rupiah. Info seputar kontes blog bisa Anda dapatkan dari rekan-rekan blogger lain, untuk itu aktiflah bersilaturahim dengan teman-teman sesama blogger.

3. Dengan Jualan Produk Anda.

Blog juga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan berjualan. Nah dari kegiatan berjualan inilah Anda bisa mendapatkan penghasilan (uang). Produk yang dijual bisa apa saja, entah itu berupa makanan, aksesoris, sepatu, jam, dan banyak lagi.

Selain menjual produk fisik semacam yang tadi saya sebutkan, Anda juga bisa menjual produk yang berbentuk digital, seperti ebook, video tutorial, ataupun berupa software/aplikasi.

4. Menjual Jasa Lewat Blog.

Anda punya keahlian khusus yang layak jual? Atau Anda punya minat yang besar terhadap suatu pekerjaan, seperti mendesain, menulis atau apapun. Nah jika ya maka Anda bisa coba berjualan jasa lewat blog.

Mau tahu kiat sukses berjulan jasa lewat blog? Silakan baca artikel cara dan tips ampuh menjual jasa lewat blog.

5. Membuku-kan Blog Anda.

Raditya Dika dan “marmut”nya.

Raditya Dika adalah contoh blogger yang sukses mendapatkan penghasilan melimpah karena membuku-kan blognya. Nah apa yang terjadi pada Bang Dika juga bisa terjadi pada Anda. Jika Anda sudah punya blog, dan di blog itu Anda isi dengan berbagai artikel, entah itu cerpen, opini, motivasi atau berbagai artikel bermanfaat lainnya, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengajukan blog Anda ke penerbit untuk dijadikan sebuah buku.

Saya sendiri termasuk orang yang cukup beruntung menjadi seorang blogger, sebab berawal dari menulis bloglah saya akhirnya bisa jadi seorang penulis seperti sekarang ini. So, Anda tertarik mencoba?

Baiklah rekan-rekan sekalian, itu dia 5 cara menghasilkan uang dari blog yang bisa saya bahas kali ini. Apakah teman-teman punya cara-cara ampuh lainnya? Jika ada mari berbagi bersama kami. Sekian artikel ini dan semoga bermanfaat ya.

Salam super luar biasa,

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • makanan yg bisa dijual dan menghasilkan uang
  • raditya dika
  • gimana ya cara kita mendapatkan duit
  • gimana twitter dapet duit
  • gimana si dapatin dollar di internet
  • gimana si cara dapat uang dari online
  • gimana menulis blog dapat duit
  • gimana dapat uang lewat blog
  • gimana cari duit
  • gimana caranya kalau klik kita dapat duit
Be Sociable, Share!