(Diskusi SEO) Apakah Backlink NoFollow Tidak Baik Untuk SEO?

cover depan ranking 1Menyadari pentingnya pembelajaran tentang SEO, maka JefferlySuperClub akan banyak menulis artikel seputar diskusi SEO. Kami menyediakan rubrik diskusi SEO, sebagai “perpanjangan tangan” dari buku Ranking 1 di Google? Siapa Takut!, harapannya semoga para pebisnis online dan blogger bisa semakin mudah untuk mendapatkan informasi SEO yang berkualitas secara cepat dan praktis.

Artikel pertama dari rubrik diskusi SEO ini, kita akan membahas apakah backlink nofollow tidak baik (jelek) untuk SEO?

Tak bisa dipungkiri, kebanyakan blogger kerap berburu backlink secara seradak seruduk, alias secara asal-asalan. Tanpa peduli apakah backlink tersebut nofollow ataupun dofollow.

Dofollow artinya backlink tersebut akan diikuti oleh robot mesin pencari, sementara nofollow adalah kebalikan dari dofollow.

Banyak blogger, dan para pengelola website yang ketar-ketir, cemas menanti apakah backlink nofollow akan menyebabkan peringkat websitenya anjlok.

Nah karena cukup banyak orang yang bertanya-tanya tentang pengaruh backlink nofollow bagi SEO, maka di artikel ini kita akan cari tahu jawabannya.

Apakah Backlink Nofollow Buruk Bagi Website Saya?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Matt Cutts (kepala divisi pemberantasan SPAM di Google) melalui salah satu videonya di Youtube telah memberi penjelasan atas hal ini.

Berikut adalah video yang berisi penjelasan dari Matt Cutts tentang pengaruh backlink nofollow bagi optimasi SEO sebuah website.

Jadi Kesimpulannya?

sumber gambar : technogerms.com

sumber gambar : technogerms.com

Sudah menonton video tadi? Tentu Anda sudah tahu jawabannya. 🙂

Jadi dapat kita simpulkan bahwa backlink nofollow tidak akan memberi pengaruh buruk bagi optimasi SEO website kita.

Secara default, nofollow link tidak akan menyakiti website kita.

Tetapi….

Jika kita menanam backlink nofollow secara berlebihan, misalnya kita memasang link di setiap komentar yang kita sampaikan di blog lain, dan orang-orang terganggu atas hal tersebut, jelas hal ini akan berpengaruh buruk bagi SEO website kita.

Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Hidup ini harus seimbang.

Oke, semoga diskusi SEO kali ini bisa menarik dan bermanfaat bagi Anda. 🙂

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • backlink buku
Be Sociable, Share!