Dapat Ide Posting Blog dengan Menjelajah Komunitas Blogger

Terkadang menjadi seorang blogger itu tidak mudah, ada kalanya kita menjadi krisis ide dan menjadi susah untuk menelurkan tulisan di blog. Untuk itu kegiatan berburu ide itu sangat perlu untuk dilakukan. Beberapa bulan yang lalu saya pernah menulis artikel di Java Creativity yang berjudul 5 Trik Super Mencari Ide Menulis di Blog. Dan saya mendapat respon yang cukup bagus dari rekan-rekan blogger lainnya.

Memang mencari ide untuk membuat posting itu bisa kita lakukan dalam banyak kegiatan, seperti membaca buku, browsing di internet, jalan-jalan, main ke blog tetangga dan masih banyak lagi. Anyway, salah satu cara ampuh yang bisa mendatangkan ide dengan cepat adalah dengan menjelajah komunitas blogger.

Sekarang kan blogging sudah menjadi trend di Indonesia dan makin banyak orang yang terjun ke dunia blog. Maka tak heran jumlah populasi blogger yang meningkat akan dibarengi dengan munculnya banyak kumpulan (komunitas) blogger.

Trik Mendapatkan Ide Posting

Di setiap komunitas Blogger biasanya sering terjadi interaksi, seperti jual beli, tanya-bertanya dan masih banyak lagi. Nah dari interaksi-interaksi itulah bisa lahir ide untuk selanjutnya kita buat posting di blog.

Ada banyak komunitas blogger yang bisa Anda jelajahi, baik yang berupa forum di situs-situs tertentu, maupun komunitas-komunitas blogger yang ada di jejaring sosial tertentu. Di Facebook tersedia cukup banyak komunitas blogger yang bisa Anda singgahi, misalnya.

Saya juga merupakan member dari beberapa grup di atas, sehingga saya tau betul bagaimana memanfaatkan grup-grup blogger itu untuk mendapatkan ide posting.

Ketika ada yang mengirim pertanyaan di grup, maka coba cermati dan pahami pertanyaan tersebut, siapa tau solusi dari pertanyaan itu bisa Anda bahas di blog.

Jika ada yang jualan produk tertentu, lihat dan cari informasi seputar produk itu. Siapa tau bisa mendatangkan ide bisnis maupun ide menulis bagi Anda. Berikut contoh beberapa interaksi yang biasa terjadi di grup-grup blogger.

Memang masih banyak cara lain, misalnya dengan mengunjungi blog para member grup tersebut, mind mapping ide dengan blogger lain dan sebagainya.

Satu pesan saya di akhir posting ini adalah bergabung dengan grup atau komunitas blogger itu sangat bermanfaat. Kita bisa berinteraksi, memperkenalkan diri, berbagi dan tentunya bisa promosi (jualan).

Baiklah, saya kira sekian dulu posting ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi Anda 🙂

Salam Sukses Selalu

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • Ide ngeblog
  • membuat pesan di akhir post
  • blog tentang komunitas tertentu
  • menjual kumpulan ide komunitas
  • mencari ide ngeblog
  • kumpulan komunitas blogger
  • ide untuk isi blog buat komunitas
  • ide ngepost di wordpress
  • club berburu
  • trik mendatangkan ide posting
Be Sociable, Share!