Ciri-Ciri Website Bisnis Online Penipuan

ilustrasi scamKita memang tidak boleh berprasangka buruk (suudzon) terhadap orang lain, akan tetapi bukan berarti kita harus meninggalkan prinsip kehati-hatian dalam berbisnis. Termasuk dalam hal bisnis online. Nah bicara soal bisnis online, maka kali ini saya akan kembali sharing (berbagi) kepada teman-teman pembaca sesuatu yang mudah-mudahan bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Kita akan bahas ciri-ciri website bisnis online yang dicurigai sebagai SCAM.

Penipuan dalam bisnis online, memang bukanlah hal baru, dari beberapa tahun lalu sejak bisnis internet mulai dikenal, memang ada pihak-pihak tertentu yang kerap melakukan penipuan melalui internet. Untuk itu supaya kita terhindar dari penipuan semacam itu, jelas kita harus berhati-hati.

Artikel ini saya buat dengan tujuan agar rekan-rekan kita para pemula yang baru mau mencoba bisnis online tidak tertipu oleh segelintir orang yang kerap menjanjikan harapan palsu lewat internet (wah jadi PHP dong pemberi harapan palsu :D ).

Berikut ciri-ciri website yang mengindikasikan PHP (pemberi harapan palsu) dalam bisnis internet.

1. Produk atau Layanan yang Ditawarkan Tidak Jelas.

Ya coba cek website tersebut, apakah produk atau layanan yang ditawarkan sangat jelas? Website bisnis online yang jujur pasti menjelaskan produknya secara jelas, sehingga calon pembeli jadi tahu apa sih yang akan mereka dapatkan, apa sih manfaatnya bagi mereka. Sementara website bisnis online yang PHP itu biasanya hanya berfokus pada dapat banyak uang dengan kerja instan.

Ambil contoh di Sekolah Bisnis Ebook, saya selaku penjual menjelaskan secara detail apa saja isi produk yang akan didapatkan oleh pembeli. Jadi mereka tahu bahwa setelah mereka belajar di Sekolah Bisnis Ebook mereka akan dapat apa, mereka akan diajari apa, dan mereka nantinya bisa apa.

Penjual yang baik selalu berusaha memberi banyak manfaat dan menjadikan si pembelinya itu berkembang untuk menjadi lebih mampu. Sehingga di sana tercipta adanya hubungan win-win solution. Si penjual untung karena dapat profit sementara si pembeli untung karena mendapatkan benefit (manfaat), entah si pembeli dapat ilmu atau metode baru, si pembeli jadi lebih pandai melakukan sesuatu, si pembeli mendapatkan kedamaian dan banyak lagi.

2. Menjanjikan Hasil Banyak dan Instan dengan Kerja Santai.

scam alertCoba deh kita pikir dengan logika, apa mungkin seseorang bisa dapat uang jutaan rupiah dengan hanya klik ini klik itu?

Apa mungkin kita bisa mendapatkan banyak uang hanya dengan kerja santai?

Jelas tidak mungkin. Untuk sukses wajib kerja keras. Untuk dapat banyak uang juga wajib kerja keras. Tidak ada satu pun kenikmatan yang bisa didapat tanpa dibarengi dengan perjuangan untuk mencapai kenikmatan tersebut.

Jadi kalau ada suatu website yang hanya fokus ceritanya ke uang-uang, uang melulu, dan web tersebut menjanjikan dapat banyak uang dengan kerja santai, itu pasti SCAM (penipuan). Enak aja mau dapat banyak uang tapi kerja santai dan males-malesan?

Come on hidup ini tidak mudah dan butuh perjuangan :).

3. Menjanjikan Income Tanpa Batas dengan Proses Instan.

Mungkinkah mendapatkan income tanpa batas dengan proses instan? Mustahil. Bahkan perusahaan sebesar Microsoft pun harus dibangun dengan berjuta peluh keringat yang tidak mudah.

Sekali lagi kita harus pegang teguh prinsip, mau kaya tidak bisa instan. Kalau mau kaya dengan instan itu baru bisa terjadi kalau kita menang undian :).

4. Produknya Sama Seperti Situs Lain.

Untuk Anda yang sudah lama menekuni bisnis internet pasti sudah tahu maksud saya. Ya, ada situs-situs yang produknya sama seperti situs lain. Yakni situs tersebut sama-sama menjual script yang katanya bisa menciptakan sistem mesin uang secara otomatis. Hari ini bisa sukses dengan bermodalkan script doang?

Selain itu bentuk, tata letak websitenya juga sangat mirip antara satu situs penipuan dengan situs lainnya. Padahalkan kalau dalam berbisnis, sebisa mungkin kita menjadi berbeda dengan kompetitor. Lho koq ini malah sama persis :D.

5. Terlalu Banyak Mengumbar Screenshot  Penghasilan.

Jangan terlalu mudah untuk percaya pada berbagai screenshot penghasilan yang ada di internet. Sebab screenshot semacam itu bisa saja dibuat dengan memakai aplikasi Photoshop. Bahkan untuk membuat screenshot palsu pun caranya amat mudah, Anda bisa coba pakai layanan dari situs ini nih http://mutasi.sanjiscripts.com/.

Jadi lebih hati-hati ya :).

Nah rekan-rekan pembaca, itulah beberapa sharing dari saya terkait penipuan bisnis online yang kerap terjadi. Semoga dengan artikel ini, kita bisa menjadi pribadi yang lebih berhati-hati ya. Tetap semangat dan saya mendoakan bagi kesuksesan Anda :).

Salam super,

Jefferly Helianthusonfri.

Penulis dan blogger muda berusia 16 tahun dari Lubuklinggau.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • penipuan bisnis online
  • bisnis online penipuan
  • bisnis online penipu
  • penipuan kerja online
  • kerja online penipuan
  • penipuan bisnis internet
  • situs penipuan bisnis online
  • situs online penipu
  • situs kerja online penipuan
  • ciri ciri web online yang jujur
Bantu Share ya :)