Cara Supaya Mudah Dipercaya Oleh Prospek

Cara supaya dipercaya oleh calon pembeli (prospek) itulah hal yang akan kita bahas pada sajian artikel kali ini. Kepercayaan memang amatlah penting dalam bisnis, tanpa kepercayaan bisnis kita akan sulit bertumbuh dan berkembang. Untuk itu menjadi dipercaya amatlah perlu kita upayakan dengan baik.

Istilah building trust atau membangun kepercayaan bukanlah istilah baru dalam bisnis, nah bagaimanakah agar kita bisa dipercaya? Mari kita lihat hal-hal apa saja yang harus diperhatikan.

1. Penampilan

Sebagai seorang sales Anda haruslah terlihat menarik dan tampil meyakinkan. Kesan pertama biasanya muncul karena faktor penampilan. Perhatikan orang-orang yang jatuh cinta itu, biasanya mereka tertarik pada penampilan pertama kan?

Begitu juga dengan menjual produk. Agar kita menarik bagi prospek maka kita harus tampil sebaik mungkin. Mudah-mudahan dengan tampilan yang baik, prospek akan lebih percaya kepada kita.

Tidak hanya bisnis di dunia nyata, yang harus memperhatikan penampilan. Akan tetapi bisnis online juga lho, tampilan di sini bukanlah tampilan fisik (tampilan kita), melainkan yang saya maksud adalah tampilan hal-hal yang dilihat oleh prospek (calon pembeli).

Contohnya seperti :

  • penampilan website penjualan kita haruslah rapi dan mudah dijelajahi.
  • penampilan blog kita harus baik, agar prospek nyaman.
  • dan banyak lagi penampilan-penampilan yang harus kita perhatikan.

2. Catatan Prestasi

Prestasi adalah salah satu nilai tambah dalam menjual, lihatlah para penjual (marketer) hebat, mereka pasti punya prestasi yang membuat orang lain merasa yakin pada para penjual itu.

Demkian pula dengan Anda dan saya, kalau ingin lebih dipercaya, maka tampilkanlah prestasi yang sudah pernah Anda capai. Tentunya prestasi yang berkaitan (relevan) dengan produk yang Anda jual.

Contoh nyatanya seperti yang saya lakukan, di website Sekolah Bisnis Ebook dan Cara Membuat Blog saya menunjukkan prestasi saya sebagai seorang pebisnis internet dan penulis muda di Elex Media Komputindo.

Ingat, berfokus pada nilai tambah ya.

3. Gelar atau Jabatan

Gelar atau jabatan Anda bisa juga menjadi nilai tambah ketika sedang berusaha melakukan penjualan kepada prospek.

Contohnya, seorang manager marketing jelas akan lebih dipercaya dibanding seorang junior sales.

Oleh karena itu, selagi ada kesempatan untuk meraih gelar/jabatan, usahakanlah hal tersebut.

Lagi-lagi kita harus berusaha memberi nilai tambah :).

4. Penyampaian (Komunikasi) yang Baik

Komunikasi adalah unsur yang amat penting dalam sebuah penjualan, dengan komunikasi yang baik mudah-mudahan apa yang kita sampaikan dapat diresapi dan dipahami oleh prospek, sehingga penjualan bisa terjadi.

Nah untuk bisa mahir dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi kepada prospek, jelas kita harus latihan terus menerus.

5. Joint Venture dengan Merek Lain

Kerja sama (join venture) adalah salah satu trik yang bisa Anda lakukan. Jika memungkinkan, maka cobalah untuk bekerja sama dengan merek yang sudah terkenal/dipercaya, lakukan kerja sama yang saling menguntungkan, mudah-mudahan dengannya prospek akan lebih percaya kepada kita.

Contohnya seperti ini, misalkan Anda meluncurkan produk baru, anggap saja produk panduan bisnis internet terbaru, nah dalam menggagas serta mengemas produk tersebut cobahalah lakukan joint venture dengan figur yang sudah dikenal dalam bisnis internet, tentu saja dengan kerja sama ini produk Anda akan lebih dipercaya karena menggandeng merek yang sudah besar dan dipercaya.

Bagaimana? Menarik sekali ya, bahasan kita kali ini. Semoga saja tips-tips agar lebih mudah dipercaya oleh prospek ini bisa bermanfaat. Jika Anda punya trik atau tips lainnya, mari ikut berbagi lewat kotak komentar di bawah ya.

Salam Sukses.

Jefferly Helianthusonfri

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara prospek orang yang tidak dikenal
  • cara prospek yang baik
  • cara prospek
  • cara prospek orang
  • cara mudah prospek orang
  • cara memprospek orang yang tidak dikenal
  • cara prospek yg baik
  • belajar prospek
  • cara memprospek orang
  • tips prospek orang
Be Sociable, Share!