Tahukah Anda : Cara Promosi yang Benar dan Efektif di Facebook?

logo Facebook (sumber gambar : http://havecamerawilltravel.com).

logo Facebook (sumber gambar : http://havecamerawilltravel.com).

Facebook merupakan sosial media yang sampai saat ini tercatat sebagai sosial media dengan pengguna terbanyak di dunia.

Facebook juga menjadi salah satu pasar bisnis online yang sangat amat besar. Facebook bukan lagi sekadar tempat chating atau bersosialisasi ria, Facebook telah menjadi tempat para internet marketer memasarkan produk-produk mereka.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata masih sering dijumpai orang-orang yang masih belum tahu bagaimana memasarkan produk di Facebook secara tepat dan efektif. Masih banyak pemasar produk di internet yang berpromosi dengan cara-cara spamming. Contoh pemasaran dengan cara spamming (menimbulkan spam) di Facebook :

  • Mengupload foto produk jualan lalu men-tag teman-teman Facebook secara sembarangan.
  • Masuk ke sebuah grup, lalu di grup tersebut tanpa tedeng aling-aling langsung menggelar lapak alias jualan.
  • Memasarkan produk dengan melakukan inbox ke teman-teman Facebooknya dengan cara yang tidak sopan.
  • dan banyak lagi.

Bukan hasil yang baik mereka dapat justru reputasi negatif dicapkan orang kepada mereka.

Oleh karena itu di artikel ini kita sama-sama akan membahas tentang cara promosi yang benar dan efektif di Facebook. Diharapkan bagi teman-teman yang baru pertama kali belajar Facebook marketing bisa semakin paham dan mengerti tentang bagaimana strategi penjualan dan pemasaran yang efektif di Facebook.

Mudah-mudahan artikel ini menginspirasi dan menambah pengetahuan Anda.

Cara Berjualan yang Direkomendasikan di Facebook Adalah Berjualan dengan Soft Selling

Apakah Anda pernah mendengar istilah “soft selling” ?

Soft selling artinya kegiatan menjual suatu produk dengan cara lembut. Ketika kita memasarkan suatu produk dengan cara soft selling kita tidak serta merta langsung memaksa orang membeli produk kita.

Bayangkan seorang penjual produk keuangan. Jika si penjual produk keuangan ini menempuh jalan soft selling maka ia tidak akan langsung memaksa kliennya untuk membeli produk yang ia tawarkan. Melainkan terlebih dahulu ia akan melakukan edukasi terhadap klien-kliennya.

Setelah klien-kliennya terdukasi dengan baik tentang keuangan, barulah ia menawarkan produknya.

Nah seperti itulah konsep soft selling. Kita tidak langsung memaksa orang membeli produk kita.

Inilah kelebihan apabila kita melakukan penjualan dengan cara soft selling.

  • Calon pembeli tidak akan merasa terganggu dengan upaya selling kita. Beda halnya kalau kita tanpa tedeng aling-aling langsung jualan, “ehh beli dong produk gw,.. beli cepetan“. Si calon pembeli pasti akan terganggu. Kalau ia terganggu tentu saja ia akan kabur dan sekaligus kapok, tidak tertarik lagi kalau kita menawarkan produk ke mereka.
  • Reputasi kita akan dikenal lebih positif. Ini terjadi karena sebelum menjual suatu produk kita melakukan kegiatan edukasi terlebih dahulu terhadap calon pembeli. Ketika kita mengedukasi calon pembeli maka mereka akan memetik manfaat. Ketika kita bisa memberi manfaat biasanya kita sebagai penjual akan lebih disukai.

Lantas, Bagaimana Cara Melakukan Soft Selling Melalui Facebook?

Intinya ada pada edukasi terhadap calon pembeli.

Jadi, sebelum kita menawarkan suatu produk kita pahami dulu apa yang jadi kebutuhan calon pembeli. Nah jika misalkan si calon pembeli punya masalah maka kita bantu mereka menyelesaikan masalah tersebut. Bagaimana cara membantu penyelesaian masalahnya?

Lakukan edukasi.

Contoh calon pembeli punya masalah seputar pengelolaan keuangan, nah kita bantu. Kita berikan pengetahuan tentang pendidikan finansial.

Setelah calon pembeli teredukasi dengan baik barulah kita tawarkan rekomendasi produk keuangan yang kita jual.

Bagaimana cara melakukan edukasi terhadap calon pembeli di Facebook?

Jawabannya bisa Anda temukan di studi kasus berikut ini.

Belajar Strategi Pemasaran di Facebook dari KeajaibanMenulis.com

halaman Facebook KeajaibanMenulis.com

halaman Facebook KeajaibanMenulis.com

KeajaibanMenulis.com adalah sebuah website yang menyediakan panduan belajar untuk menjadi seorang penulis. Target pasar dari KeajaibanMenulis.com ini adalah orang-orang yang mau belajar jadi penulis. Selain itu KeajaibanMenulis.com juga menargetkan orang-orang yang mau meningkatkan kemampuan menulisnya, orang-orang yang mau menerbitkan buku adalah target pasar dari KeajaibanMenulis.com.

Soft selling yang dilakukan oleh KeajaibanMenulis.com adalah KeajaibanMenulis.com membuat sebuah halaman di Facebook.

Halaman Facebook KeajaibanMenulis.com bisa Anda lihat di alamat ini : https://www.facebook.com/keajaibanmenulis.

Nah di halaman tadi, KeajaibanMenulis.com rutin membagikan hal-hal edukatif seputar dunia menulis, mulai dari tips-tips penulisan, langkah-langkah menjadi penulis, kiat supaya tulisan kita bisa diterbitkan, dan banyak lagi.

konten edukasi keajaiban menulis

contoh konten edukatif dari KeajaibanMenulis.com

Kegiatan berbagi konten-konten bermanfaat seperti inilah yang dinamakan dengan edukasi terhadap target pasar. Nah di sela-sela kegiatan memberi edukasi tersebut terkadang KeajaibanMenulis.com mempromosikan produk panduan menulis yang mereka jual.

Strategi penjualan semacam ini lebih efektif. Mengapa? Karena target pasar sudah lebih siap untuk menerima penawaran dari kita. Bandingkan kalau KeajaibanMenulis.com tanpa tedeng aling-aling langsung buka lapak, langsung jualan. Bisa-bisa target pasar akan bilang, “ihh apaan nih.. kok ada yang jualan di newsfeed (beranda) Facebook gue..

Tak hanya mengedukasi lewat postingan di halaman, KeajaibanMenulis.com terkadang membagikan ebook gratis seputar menulis. Nah di dalam ebook itulah KeajaibanMenulis.com terkadang menyelipkan promosi produknya.

Kesimpulan

Berlangganan ArtikelStaregi jualan yang efektif di Facebook adalah dengan cara soft selling.

Soft selling berarti kita akan mengedukasi target pasar terlebih dahulu.

Proses edukasi ini dilakukan dengan membagikan konten-konten bermanfaat bagi target pasar (calon pembeli). Konten bermanfaat ini bisa disebarkan melalui :

  • Halaman di Facebook, contohnya seperti yang tadi dilakukan oleh KeajaibanMenulis.com.
  • Bisa juga dilakukan melalui grup Facebook. Caranya? Anda masuk ke sebuah grup di Facebook. Pastikan Anda bergabung di grup yang topiknya berhbugan dengan produk Anda. Setelah Anda join di sebuah grup, berikutnya berikan konten bermanfaat bagi anggota grup tersebut. Konten bermanfaat (edukatif) ini bisa Anda bagikan lewat posting, bisa juga lewat ebook.
  • Anda juga bisa soft selling melalui akun Facebook pribadi Anda. Jika Anda sudah menjadi member di BelajarIklandiFacebook.com maka silakan Anda tonton video ke-35. Di video ke-35 saya sudah bongkar teknik dan tips-tips melakukan soft selling melalui akun pribadi di Facebook.

Pastikan dalam memasarkan produk di Facebook Anda menggunakan cara-cara yang tepat dan bukan tindakan spamming. Mau konsultasi seputar Facebook marketing?

Silakan hubungi Jefferly di sini : https://www.facebook.com/Synyster.Rookie.

Rekomendasi Buku Panduan Belajar Facebook Marketing

Jika Anda ingin belajar Facebook marketing secara lebih mendetail maka Anda dapat membaca salah satu buku saya yang berjudul 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Facebook. Buku ini berisi pembahasan langkah demi langkah melakukan pemasaran melalui Facebook yang efektif. Lebih dari itu buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Facebook ini juga akan memandu Anda secara langkah demi langkah untuk berjualan di Facebook sehingga Anda bisa dapat penghasilan 1 juta Rupiah pertama.

cover 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Facebook

Khusus untuk pembaca buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Facebook, Anda juga akan mendapatkan :

  • 10 video tutorial Facebook marketing.
  • GRATIS ongkos kirim ke seluruh Indonesia.
  • Akses ke grup rahasia di Facebook. Di grup ini pembaca bisa saling berdiskusi dan konsultasi langsung dengan Jefferly Helianthusonfri (penulis buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Facebook).

Jika Anda tertarik membeli buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Facebook maka silakan klik di sini.

Dapatkan buku 1 Juta Rupiah Pertama Anda dari Facebook di sini.

Belajar Iklan Di Facebook 300x250

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara promosi online shop di facebook
  • cara berjualan di facebook yang efektif
  • cara promosi di facebook
  • cara marketing online lewat facebook
  • cara memasarkan produk di facebook
  • cara promosi lewat facebook
  • cara promosi online
  • cara promosi jualan di facebook
  • cara jual barang di facebook
  • cara memasarkan barang lewat facebook
Be Sociable, Share!