Cara Promosi Blog Untuk Pemula yang Efektif

promosi blog yang efektifCara promosi blog untuk pemula yang efektif, mengawali posting ini kami akan sedikit cerita dengan beberapa email yang masuk belakangan ini. Beberapa kawan blogger ada yang bertanya mengenai cara promosi blog, tak hanya itu mereka juga sempat bertanya bagaimana cara agar blog mereka populer.

Nah daripada harus menjawab pertanyaan “cara promosi blog” tadi satu per satu, ada baiknya kami kupas saja dalam posting kali ini.

Tak bisa dipungkiri demam blog sekarang sudah melanda luas di masyarakat Indonesia, hadirnya beragam teknologi gadget dan komputer saat ini telah membuat orang-orang menjadi makin haus akan informasi. Dan kehausan informasi tersebut mau tak mau harus dipuaskan dengan hadirnya beragam blog berkualitas yang bermanfaat.

Seperti apakah cara agar promosi blog yang kita lakukan bisa efektif? Inilah sejumlah jawabannya.

1. Persiapkan Blog Anda Sebaik Mungkin Untuk Dinikmati Orang-Orang

kepuasan pelanggan

puaskan keinginan pembaca blog Anda

Mau tak mau, suka tidak suka inilah hal pertama yang wajib untuk Anda lakukan. Hal wajib tersebut adalah menjadikan blog Anda tampil baik, rapi dan bermanfaat bagi banyak orang.

Bagaimanakah caranya? Cara paling jitu yang bisa Anda lakukan adalah dengan meniru blog lain yang sudah sukses. Meniru di sini bukan berarti menjiplak desain, konten dan keseluruhan dari blog lain. Tapi tirulah profesionalitas blog sukses itu.

Misalnya dengan cara seperti ini :

  • Jika blog Anda tentang motivasi, maka Anda bisa tiru gaya penyajian konten yang kami lakukan di BlogMotivasi.com. Ingat tiru cara penyajian kontennya, bukan meniru isi artikelnya sama persis.
  • Sajikan konten yang informatif dan bisa bermanfaat buat para pembaca. Yang pasti Anda harus bisa memuaskan para pembaca blog Anda. Misalnya pembaca blog Anda adalah ibu rumah tangga yang mau belajar membuat kue, maka di blog Anda selalu sajikanlah berbagai konten yang tepat, seperti resep membuat kue, tips dalam membuat kue, trik khusus dalam membuat kue, dan banyak lagi. Akan sangat baik, kalau blog Anda berfokus pada satu bidang saja. Hal ini guna menciptakan positioning dan branding yang jelas di mata pembaca.
  • Siapkan sebuah konten viral. Ini tidak wajib Anda lakukan, tetapi sangat bagus kalau Anda mampu melakukannya. Yakni dengan menyajikan konten viral, konten viral bisa menjadikan blog Anda lebih dikenal orang-orang. Seperti apa contoh konten viral? Salah satunya adalah konten yang dikemas dalam bentuk ebook. Anda bisa coba metode yang kami pakai di sini.

Intinya buatlah orang-orang yang datang ke blog Anda mau berkunjung lagi, entah itu besok, minggu depan dan sebagainya.

2. Kenalkan Blog Anda di Social Media Pada Target yang Tepat

promosi di social mediaDi era kejayaan social media saat ini, sebagai blogger kita juga dituntut untuk aktif di jejaring sosial. Nah setelah Anda punya blog yang bagus dan menarik, maka kenalkan blog Anda itu di jejaring sosial.

Caranya bisa seperti ini.

  • Anda buat akun Twitter untuk blog Anda, dapatkan dulu sejumlah followers. Hari demi hari kenalkan blog Anda kepada followers Anda, jika blog Anda benar-benar bermanfaat kelak hari demi hari jumlah pengunjung blog Anda akan terus bertambah.
  • Anda buat fans page di Facebook, dan manfaatkan fans page tersebut untuk kepentingan pengenalan blog Anda ke masyarakat. Dan nanti jangan lupa sajikan selalu konten yang menarik di fans page Anda.
  • Buat saluran (chanel) khusus di Youtube untuk kepentingan pengenalan blog Anda. Bagaimana caranya? Sudah kami kupas tuntas di Buku Pintar Promosi di Internet.

3. Blogwalking ke Blog yang Punya Masa Depan Cerah

Tidak semua blog yang ada di jagad maya perlu Anda kunjungi, berkunjunglah hanya ke blog-blog yang terus tumbuh besar.

Carilah blog yang menurut Anda bagus, dan dikelola dengan baik. Nah dari sana sering-seringlah membaca artikel blog tersebut, lalu aktiflah berkomentar di sana.

Peralahan namun pasti, kelak blog Anda juga akan kebagian trafik.

4. Aktif Menulis di Media Internet

Ya sebagai blogger jelas kita tidak bisa lepas dari kegiatan menulis. Nah menulis juga dapat kita lakukan untuk mengenalkan blog kita ke orang-orang.

Caranya dengan aktif menulis di sejumlah situs di internet. Seperti contohnya :

  • Rutin menulis di Kompasiana.com. Situs Kompasiana bagus untuk Anda yang punya banyak ide dan opini. Lebih baik lagi kalau Anda menulis di topik yang sama dengan blog Anda.
  • Sesekali namun rutin cobalah untuk menjadi penulis tamu di sejumlah website lain. Ini bagus untuk mengenalkan blog Anda.
  • Sering-sering berbagi informasi atau ilmu yang Anda miliki di jejaring sosial, seperti di catatan Facebook, di forum komunitas, dan sebagainya.

Baiklah kawan, semoga artikel ini menginspirasi Anda ya. Mudah-mudahan impian Anda untuk memiliki blog yang dikenal bisa segera tercapai :).

Salam semangat!!

Jefferly Helianthusonfri (@JefferlyHelian)
Penulis dan pebisnis internet muda berusia 16 tahun.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • Cara promosi blog
  • cara promosi yang efektif
  • tipe promosi informatif adalah
  • Panduan promosi untuk pemula
  • cara promosi blog yang efektif
  • tips promosi blog yang efektif
  • promosi blog paling efektof
  • cara promosi lewat blogger
  • cara promo blog yg efektif
  • cara promosi blog yang benar
Be Sociable, Share!