Cara Praktis Menghubungkan Blog dengan Social Media

social mediaCara menghubungkan blog dengan social media, itulah judul pembahasan kita pada artikel ini. Di tengah gencarnya penggunaan jejaring sosial atau social media, maka kegiatan blogging ataupun kegiatan pengelolaan website tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya jejaring sosial.

Beberapa hari yang lalu kami mendapatkan pertanyaan dari salah satu pembeli paket ebook panduan blog, yang bertanya mengenai penghubungan social media dengan blog yang ia miliki. Langsung saja, keesokan harinya kami jawab dan kirimkan panduan untuk beliau.

Berawal dari sanalah akhirnya kami mendapatkan inspirasi untuk menulis artikel ini.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menghubungkan blog kita dengan social media, entah itu Facebook, Google Plus, Youtube, Linkedin dan sebagainya.  Contoh cara-caranya seperti  yang berikut ini.

1. Memasang Like Box Fans Page / Twitter Box di Blog

Kebanyakan blogger yang punya fans page di Facebook biasanya menggunakan cara ini untuk menghubungkan blog mereka dengan Facebook. Sebab selain dapat menjadi penghias penampilan sebuah blog, like box fans page juga dapat menambah jumlah likers di fans page yang kita miliki.

Anyway, apakah blog Anda sudah punya like box fans page atau Twitter box? Kalau belum, silakan pasang sekarang.

memasang like box fans page di blog

memasang like box fans page di blog

2. Menggunakan Banner yang Terhubung dengan Akun Jejaring Sosial

Banner juga dapat Anda pasang di blog, lalu banner (gambar) tersebut Anda hubungkan dengan profil/akun social media yang Anda miliki.

Tak hanya ke profil social media, banner tersebut juga dapat Anda arahkan ke mana saja, entah itu ke fans page Anda, ke halaman lain di website, ke halaman penjualan produk, ke halaman landing page, dan sebagainya.

contoh penggunaan banner di blog

contoh penggunaan banner di blog

3. Menggunakan Ikon Penghubung dengan Social Media

Contohnya, seperti pada gambar ini nih :).

ikon penghubung blog dengan media sosial

ikon penghubung blog dengan media sosial

Kan biasa kita jumpai tuh icon-icon yang ada di sebuah website, di mana kalau kita klik icon tersebut kita diarahkan ke social media tertentu. Misal ke Facebook.

Nah di blog kita juga bisa pasang ikon-ikon semacam itu. Kebetulan jika Anda adalah pengguna Blogger dan di template blog Anda sudah ada ikon semacam ini, maka Anda tinggal memodifikasinya saja.

Silakan klik di sini jika mau mendownload panduan memodifikasi icon social media di Blogger.

4. Dengan Memasang Tombol Share di Blog Anda

Cara yang ke-4 adalah dengan menyediakan fasilitas/tombol berbagi di blog Anda. Adanya tombol/fasilitas share semacam ini akan menjadikan para pengunjung menjadi mudah untuk membagikan konten blog Anda ke media sosial yang mereka gunakan.

Misalnya ketika mereka klik tombol share ke Facebook, maka secara otomatis mereka akan membagikan konten blog Anda ke Facebook. Mereka klik tombol share ke Twitter, lalu konten blog Anda terkirim ke Twitter. Dan sebagainya.

Singkat kata, dengan hadirnya fasilitas share, blog Anda akan semakin sociable :).

5. Sering-Sering Menghubungkan Posting Blog Anda dengan Media Sosial

Ya ketika membuat posting, sesekali cobalah untuk menyisipkan link menuju sosial media Anda, entah itu ke fans page, ke timeline Twitter Anda, ataupun ke profil Google Plus Anda.

Cara ini bisa dibilang cukup mudah dan praktis koq :).

Nah kawan-kawan itulah beberapa cara untuk membuat blog Anda terhubung dengan media sosial. Jika Anda punya cara lainnya, mari berbagi lewat kotak komentar yang ada di bawah ya.

Salam,

Jefferly Helianthusonfri

Penulis dan pebisnis internet muda berusia 16 tahun.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara membuat ikon di blog terhubung ke link
  • cara agar facebook terhubung website
  • share blog ke instagram
  • cara menautkan blog ke instagram
  • cara agar blog terhubung dengan fanpage
  • menghubungkan posting blog ke instagram
  • cara menyambung fb twitter blog instagram
  • cara menghubungkan blog dengan jejaring sosial
  • cara mengkonekan fb dengan google
  • cara menghubungkan blog ke website
Be Sociable, Share!