Cara Mudah dan Sederhana Melakukan Optimalisasi SEO (Terbukti Ampuh)

optimasi SEO, ilmu SEO, cara SEOSEO bukanlah istilah yang asing dalam dunia bisnis online, SEO memang termasuk salah satu faktor yang dapat menentukan sukses atau tidaknya sebuah bisnis di internet. Bicara dan mempelajari soal SEO, memang selalu menarik.

Dengan optimalisasi SEO yang baik, kita para blogger, webmaster ataupun para pebisnis online akan merasakan manfaat yang luar biasa. Tapi tak bisa dipungkiri, SEO kerap menjadikan hal yang kurang disukai orang-orang, sebab ada yang bilang SEO itu sulit, SEO itu ribet, padahal tidak sepenuhnya demikian.

SEO itu sama seperti belajar matematika, tidak akan sulit jika kita rajin dan tahu/paham caranya. Pada artikel mantap kali ini JefferlySuperClub akan kembali membahas mengenai SEO, kita akan bahas cara-cara mudah dan sederhana dalam melakukan SEO, jadi para pemula tidak perlu takut lagi memakai metode yang namanya SEO.

Ini dia 5 cara-cara mudah dan sederhana untuk melakukan optimalisasi SEO bagi pemula.

1. Mulai dari Nama

Nama punya peranan yang sangat penting dalam melakukan SEO. Untuk itu dalam membuat website, pakailah nama yang sederhana, unik dan pastikan mengandung kata kunci yang menjadi target Anda.

Contoh Anda menjual makanan khas Palembang, lalu Anda membuat toko online. Nah pastikan pada bagian nama toko online, Anda mencantumkan kata kunci “makanan khas Palembang”. Nama dari sebuah website adalah hal pertama yang akan di-index oleh mesin pencari.

2.Rutin Posting Bermanfaat

Anda pernah mendengar istilah content is the king? Bagi Anda yang sudah lama mengenal blog atau website maka saya yakin Anda pasti sudah pernah dengar istilah content is the king tadi. Dan sampai sekarang, kalimat tersebut memang benar.

Konten website yang berkualitas, memang menjadi salah satu senjata terampuh dalam melakukan optimalisasi SEO.

memberi solusiSeperti apakah konten yang berkualitas? Konten/posting yang berkualitas adalah konten yang Anda buat secara original (bukan hasil copy paste) dan konten tersebut bermanfaat bagi pembaca.

Sampai di tahun 2013, saya masih sering sekali menemukan berbagai website/blog yang berisi konten copy paste, bahkan asal tahu saja artikel blog JefferlySuperClub ini juga cukup banyak di-copy paste orang lain.

Tentu saja web yang hanya berisi konten copy paste umurnya tidak akan lama, dan dalam hitungan tahun atau bahkan bulan, blog tersebut dijamin akan mendapat sanksi dari mesin pencari, terutama Google. Entah itu sekedarย  kehilangan posisi di mesin pencari, mengalami de-index (tidak terindex) bahkan sampai blog tersebut dihapus.

Jadi jika ingin situs web Anda punya peringkat yang baik di mesin pencari, pastikan konten situs website Anda diupdate secara berkala, rutin dan terus menerus. Pastikan pula konten yang Anda sajikan itu bermanfaat bagi orang lain.

3.Backlink dari Situs Lain

Backlink yang merupakan keterkaitan/penghubung antar halaman website, juga merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam SEO. Dengan dukungan backlink yang berkualitas, situs website kita akan lebih diprioritaskan oleh mesin pencari, khususnya Google pada hasil pencarian mereka.

Mau tak mau, kegiatan SEO tidak akan pernah jauh-jauh dari yang namanya kegiatan membangun link (link building). Nah sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimanakah mendapatkan backlink yang berkualitas dari situs lain? Ini beberapa kiat sederhananya.

  • Bertukar link dengan situs lain yang memiliki topik yang sejenis atau relevan dengan situs web Anda. Contoh misalkan situs Anda adalah situs yang berisi seputar panduan membuat blog, maka bertukar linklah dengan situs lain yang isinya juga seputar blog. Keterkaitan link ini akan membuat website Anda mendapatkan backlink yang berkualitas di mata mesin pencari, khususnya Google.
  • Rutin menulis di website lain. Anda bisa menjadi seorang penulis tamu di web lain, lalu di dalam artikel yang Anda tulis Anda bisa dapatkan backlink gratis berkualitas dari situs tempat Anda menulis.
  • Bangun link dengan memanfaatkan yang namanya dummy blog.

Ada berbagai cara lain yang dapat kita lakukan untuk melakukan kegiatan link building, lebih jelasnya akan kita bahas pada berbagai artikel SEO lainnya.

4. Jangan Pernah Melakukan Spamming

Jika belum bisa melakukan optimalisasi SEO dengan baik dan tepat, maka setidaknya janganlah kita melakukan kegiatan spamming. Contoh kegiatan spamming misalnya berpromosi secara membabi-buta ketika berkomentar di website lain, menanam backlink secara sembarangan, berpromosi web tanpa tahu aturan, dan banyak lagi.

Melakukan kegiatan spamming bisa memperburuk reputasi Anda, dan dampaknya tentu saja profesionalitas Anda sebagai seorang pebisnis online bisa diragukan.

5. Mudah Dijelajahi

Website yang mudah dijelajahi juga akan lebih baik bagi optimalisasi SEO. Jika website Anda susah dijelajahi, maka jelas ini tidak akan menyenangkan orang lain. Dan tentu saja imbasnya adalah SEO yang Anda lakukan akan menjadi kurang optimal.

Agar mudah dijelajahi inilah beberapa fasilitas yang perlu ada di website Anda.

  • Menu navigasi, contohnya seperti menu-menu yang ada di bagian atas tampilan website JefferlySuperClub ini.
  • Link antar halaman yang tidak rusak, pastikan di web Anda tidak ada link yang rusak, sebab link yang rusak akan menyebabkan pengunjung web Anda sedikit sulit untuk menjalajah website Anda.
  • Fasilitas kategori artikel/kategori produk. Jika web Anda berupa blog, maka pastikan di web Anda sudah tersedia fasilitas kategori artikel. Atau jika web Anda berupa toko online, maka pastikan di toko online Anda sudah ada fasilitas kategori produknya. Fasilitas semacam ini akan menjadikan web Anda makin mudah dijelajahi.
menu navigasi

Menu navigasi akan mempermudah pengunjung menjelajahi situs web Anda

Baiklah rekan pembaca, semoga 5 cara sederhana optimalisasi SEO kali ini bisa bermanfaat ya.

Salam super,

Jefferly Helianthusonfri.

Penulis dan pebisnis internet muda berusia 16 tahun.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • optimalisasi seo
  • optimalisasi website
  • optimasi seo toko online
  • cara optimalisasi website
  • cara optimalisasi seo
  • cara optimasi seo
  • optimalisasi seo website
  • ebook optimalisasi blog seo
  • contoh optimalisasi SEO
  • contoh optimalisasi dalam ber online
Be Sociable, Share!