Cara Mudah dan Praktis Membuat Situs Landing Page

Situs landing page adalah salah satu kebutuhan para internet marketer, sebab lewat situs landing page, para internet marketer bisa menangkap data seseorang dan menjadikan orang tersebut sebagai prospek dan calon pembeli produk mereka.

Situs landing page adalah salah satu jenis website yang cukup diperlukan dalam bisnis online. Bicara soal landing page, maka biasanya hal yang kita bicarakan tidak akan jauh dari marketing nih, he..he. Seperti yang kita ketahui  bahwa dalam bisnis, penting bagi kita untuk membangun daftar prospek, agar kita bisa berpromosi dengan efektif.

Nah dalam kegiatan membangun daftar prospek (list building) dalam bisnis internet, maka jelas kita perlu yang namanya situs landing page. Sebagian dari Anda, pasti sudah pernah mengunjungi atau melihat yang namanya situs landing page. Seperti apakah website landing page itu?

Situs landing page adalah sebuah situs yang dibuat dengan tujuan untuk menangkan data pengunjungnya, (terutama data alamat email), untuk selanjutnya pengunjung tadi diarahkan pada suatu tindakan tertentu. Tindakan yang diarahkan bisa berupa mengunjungi suatu website, membeli produk, mendownload sesuatu, dan banyak lagi.

Bicara soal situs landing page, maka pada artikel ini saya akan membahas mengenai cara mudah dan praktis untuk membangun situs landing page. Bagi Anda yang ingin membangun situs landing page, maka artikel ini pasti akan sangat bermanfaat.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membangun situs landing page, misalnya dengan cara :

  • Menggunakan aplikasi (CMS) website (seperti WordPress.org, Blogger.com) yang diatur sedemikian rupa, sehingga bisa menjadi sebuah landing page.
  • Membuat situs landing page memakai software HTML editor.
  • Membangun landing page memakai fitur aplikasi yang ada di Facebook. Nah contoh landing page semacam ini bisa Anda lihat di sini :).

Nah dari beragam cara yang ada, ada salah satu cara yang bisa dibilang cukup praktis. Cara tersebut adalah dengan membangun situs landing page memakai aplikasi HTML editor. Jadi kita tidak harus pintar pemerograman website, tapi cukup manfaatkan fitur di software editor HTML nya, lalu sebuah tampilan web landing page yang cantik bisa dihasilkan. Mari kita bahas caranya ya.

Apa Saja yang Perlu Kita Siapkan?

Ada beberapa hal yang Anda perlu siapkan ketika ingin membgangun sebuah situs landing page dengan memakai bantuan software editor HTML. Persiapan tersebut meliputi :

  • Hosting dan nama domain. Hosting nanti dipakai untuk tempat menyimpan file situs nya di internet, sementara nama domain akan dipakai sebagai alamat website landing page nya.
  • Software editor HTML. Untuk software editor HTML ini tersedia banyak alternatif, mulai dari Microsoft Frontpage, Dreamweaver, hingga Page Breeze HTML editor.
  • Template website. Untuk template ini tidak mutlak, akan tetapi dengan adanya template web yang sudah jadi, pekerjaan Anda akan terasa lebih mudah. Jadi Anda tinggal mengedit tampilan template yang sudah jadi sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Untuk template yang dipakai, Anda bisa coba template minisite dari Minisitegallery.com.
  • Autoresponder. Merupakan alat pendukung yang berfungsi sebagai penangkap data prospek Anda, selain itu autoresponder juga Anda perlukan untuk melakukan follow up (tindak lanjut) terhadap prospek Anda.

Bagaimana Cara Membuat Situs Landing Page-nya?

Setelah hal-hal yang dibutuhkan sudah siap, maka selanjutnya kita bisa mulai bekerja. Berikut beberapa langkah untuk membangun situs landing page-nya.

  • Pertama Anda download dan siapkan dulu template yang akan digunakan. Setelah template nya siap, maka silakan buka template tersebut memakai aplikasi HTML editor yang sudah Anda siapkan.
  • Selanjutnya Anda bisa mulai mendesain tampilan situs landing page-nya.

Mendesain tampilan landing page dengan menggunakan PageBreeze HTML Editor.

  • Jika proses mendesain tampilan landing page nya sudah selesai, maka Anda tinggal menghubungkan autoresponder yang diperlukan dengan situs landing page nya.

Oke, setelah landing pagenya siap, maka Anda bisa upload situs landing page tersebut ke internet :).

Rekomendasi Panduan Belajar Membuat Situs Landing Page.

Jika cara membuat landing page nya harus dijelaskan satu per satu secara detail, tentu saja tidak akan cukup dalam satu hari untuk membahasnya dalam satu artikel. Untuk itu saya menyarankan Anda belajar dari sebuah panduan lengkap.

Jika Anda tertarik mempelajari lebih jauh mengenai membuat situs landing page ini, maka Anda bisa coba baca buku karya saya yang berjudul Meledakkan Profit dengan Blog dan Email.

Apa yang istimewa dari buku tersebut? Yang istimewa adalah Anda akan diajari panduan lengkap melakukan kegiatan email marketing secara 100 %, di mulai dari menyiapkan autorespoder, merancang dan mendesain situs landing page, meningkatkan profit dengan email marketing dan banyak lagi. Pokoknya mantap deh.

Buku Meledakkan Profit dengan Blog dan Email tadi bisa Anda dapatkan di toko-toko buku Gramedia seluruh Indonesia. Atau bisa juga dibeli secara online di BukuKita.com.

Baiklah rekan pembaca, sekian artikel kita kali ini. Semoga bisa bermanfaat ya :).

Tetap semangat dan semoga sukses selalu,

Jefferly Helianthusonfri.

@JefferlyHelian.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara membuat landing page
  • cara membuat landing page di blogspot
  • cara membuat landing page di wordpress
  • cara buat landing page
  • cara membuat landing page wordpress
  • membuat landing page
  • membuat landing page di wordpress
  • membuat landing page facebook
  • cara membuat landing page html
  • cara bikin landing page
Be Sociable, Share!