5 Cara Ampuh dan Mudah Untuk Mendatangkan Pengunjung Bagi Pemula

Seperti yang sudah kita ketahui, sebuah website akan makin berarti dan bisa mendatangkkan profit jika website tersebut dikunjungi oleh banyak pengunjung. Jika banyak orang yang mengunjungi website kita, maka mudah-mudahan apa yang kita jual lewat website tersebut bisa dibeli. Entah kita menjual produk digital, ruang iklan, produk fisik (seperti makanan, pakaian, dsb) dan beragam jenis produk lainnya.

Akan tetapi, bagi sebagian pemula mendatangkan trafik website terkadang bukanlah perkara mudah, sebab tak jarang kita sering bingung harus melakukan apa agar website kita kebanjiran pengunjung. Untuk itulah pada artikel ini saya bermaksud membagikan 5 cara ampuh dan mudah untuk mendatangkan pengunjung website, mudah-mudahan saja artikel ini bisa bermanfaat ya.

2 Jenis Cara Mendatangkan Pengunjung Website

Ada dua jenis cara untuk mendatangkan pengunjung website, dua cara tersebut adalah :

  • cara gratis
  • cara berbayar.

Untuk cara gratis ini misalnya dengan blogwalking, mengirim konten ke situs social bookmark, berpromosi di jejaring sosial, dan banyak lagi. Sementara untuk jenis cara berbayar, misalnya dengan memanfaatkan media iklan.

Lantas, apa saja trik yang akan kita bahas di artikel ini? Simak yang berikut ini. Ini dia 5 cara ampuhnya ya.

1. Blogwalking.

Apa sih blogwalking itu? Blogwalking adalah suatu istilah di mana kita mendatangkan trafik web dengan cara berkomentar di website/blog lain. Misalnya Anda berkomentar di web saya ini, maka Anda bisa menyertakan link website Anda pada bagian nama pemberi komentar. Nah jika ada orang yang mengklik nama Anda maka si pengklik itu akan diarahkan ke website Anda. Dan dari sanalah trafik bisa Anda dapatkan.

Untuk melakukan kegiatan blogwalking ini caranya mudah, Anda tinggal kunjungi suatu website/blog, baca salah satu artikelnya, lalu berikan komentar sambil menyertakan link website Anda pada bagian nama pemberi komentar. Selain gratis, cara ini tidak hanya bermanfaat untuk mendatangkan trafik, tapi juga untuk kepentingan silaturahim dengan blogger lain. Dengan memberi komentar di blog lain, maka memungkinkan blog kita untuk juga dikunjungi oleh pemilik blog lain, sehingga dari sana hubungan antar blogger pun bisa tercipta.

Dalam melakukan kegiatan blogwalking, usahakan untuk jangan sampai melakukan tindakan spamming, seperti menebar link secara sembarangan, berkomentar tidak berkualitas, dan berbagai tindakan mengganggu lainnya.Oke, Anda tertarik mencoba blogwalking ini?

2. Mengirimkan Alamat Web Kita di Status Facebook.

Cara ini sangat praktis, dan cukup ampuh. Yakni Anda hanya perlu mengirimkan alamat website Anda ke status Facebook Anda. Misalnya Anda baru saja membuat posting artikel baru di blog, maka alamat url posting tersebut bisa Anda kirimkan ke Facebook. Dari sana teman-teman Facebook Anda bisa tahu keberadaan web Anda, barangkali saja mereka tertarik membuka dan mengunjunginya. Bukan tidak mungkin, mereka justru jadi pengunjung setia untuk website Anda.

Promosi web dengan status Facebook ini juga bisa menciptakan efek viral, ketika ada teman Anda yang me-like/memberi komentar di status Facebook Anda, maka aktivitas teman itu akan muncul dan bisa dilihat oleh teman-teman mereka yang lain. Hasilnya makin banyak orang yang akan tahu alamat website Anda.

Bagaimana? Anda tertarik mecoba trik ini?

3. Menggunakan Iklan.

Iklan adalah media pemasaran yang cukup ampuh di internet, selain ampuh pemasaran dengan iklan juga relatif praktis dan mudah. Hanya saja, jelas kita harus membayar bila ingin beriklan. Ada banyak metode periklanan yang bisa Anda coba untuk mengiklankan website Anda, contohnya misalnya :

  • beriklan di jaringan PPC lokal Indonesia.
  • Beriklan di Facebook.
  • Beriklan di Google Adwords.
  • Memasang iklan baner di website lain.
  • Iklan dalam bentuk artikel review dari blog lain.

Akan tetapi, akan jauh lebih baik jika Anda tidak hanya mengandalkan iklan, melainkan Anda bisa juga memadukan beberapa strategi lainnya. Lebih jauh dan detail mengenai pemasaran dengan iklan akan kita bahas di artikel selanjutnya ya.

4.Menulislah di Media Online Lain

Pada artikel cara menulis di internet, saya sudah sempat membahas beberapa cara agar tulisan Anda bisa dibaca banyak orang di internet. Nah selain mengembangkan hobi menulis Anda, menulis di beberapa media online bisa juga menjadi sarana mendatangkan trafik web Anda.

Misalnya Anda bisa menulis di forum, seperti Kaskus.co.id, lalu dalam tulisan Anda ada mengandung satu link yang menuju website Anda, dari sana ada banyak orang yang bisa datang ke web Anda dari tulisan yang Anda buat di Kaskus.

Jika Anda ingin menulis sambil mempromosikan web Anda, maka mungkin beberapa situs ini perlu Anda coba.

  • Kompasiana, di sini kita bisa menulis artikel (baik itu artikel opini, maupun artikel report) dalam berbagai kategori. Nah dari artikel yang kita buat, kita bisa menyelipkan satu pesan promosi atau link menuju website kita.
  • Shvoong. Di web ini, kita juga bisa menulis dan bahkan kita bisa mendapatkan bayaran dari sana.
  • Menulis di catatan Facebook.
  • menulis di forum-forum online,
  • dan banyak lagi cara lainnya.

5. Kirimkan Artikel ke Situs Social Bookmark.

Di internet, ada yang namanya situs social bookmark. Situs social bookmark itu adalah situs yang mengizinkan kita untuk berbagi artikel blog kita di sana, jadi kita tinggal submit maka artikel blog/website kita akan ditampilkan di sana. Tentu saja cara ini amat perlu Anda lakukan untuk mendatangkan trafik.

Ada banyak sekali situs social bookmark yang bisa Anda manfaatkan, baik situs sosbok lokal maupun yang dari luar negeri. Berikut beberapa rekomendasi saya.

Nah itulah 5 cara ampuh yang saya janjikan, silakan Anda praktikkan. Lakukan dengan sungguh-sungguh dan konsisten maka pasti hasilnya akan memuaskan.

Tetap semangat.

Jefferly Helianthusonfri.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • kata kata promot fb teman
  • kata kata promot fb
  • cara mendatangkan pengunjung ke website
  • contoh kata kata promot fb teman
  • cara mendatangkan traffic ke website
  • promot fb keren
  • cara mendatangkan pengunjung ke website kita
  • kata kata buat promot fb
  • kata kata promot di fb
  • cara mendatangkan pengunjung di website
Be Sociable, Share!