Cara Menulis di Media Internet

Menulis merupakan salah satu kegiatan mengekspresikan diri yang sangat bagus untuk kita lakukan, lewat kegiatan menulis kita bisa mencurahkan isi hati maupun isi pikiran kita. Dan apa yang kita tulis akan dibaca oleh orang lain, barangkali isi hati dan pikiran kita bisa bermanfaat bagi orang banyak.

Tak hanya sekedar mengungkapkan dan mencurahkan isi hati/pikiran, tetapi kegiatan menulis bisa membuat kita berkembang menjadi lebih maju. Bahkan kegiatan menulis juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi kita.

Nah bicara soal menulis, salah satu media publikasi yang sangat luar biasa saat ini adalah media internet. Di internet kita bisa mendapatkan banyak sekali informasi, entah itu informasi yang baik ataupun yang buruk. Tak hanya menjadi gudangnya informasi, tapi internet juga bisa kita jadikan sebagai sarana berekspresi agar tulisan kita dibaca oleh khalayak ramai.

Untuk bisa menulis di media internet, ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan. Nah mari kita bahas satu per satu.

1. Menulis Lewat Blog

Blog adalah semacam website yang berfungsi untuk mempublikasikan catatan harian (ya seperti buku harian gitu), nah blog inilah yang banyak dipakai oleh orang-orang untuk menerberitkan tulisan-tulisannya di internet. Selain karena mudah, menggunakan blog juga sangat efektif. Kita tinggal buat posting artikel maka tulisan kita akan langsung masuk ke internet dan bisa ditemukan oleh banyak orang.

Di blog, kita tidak hanya bisa menampilkan tulisan tapi kita juga bisa menambahkan video, gambar ataupun audio. Jadi kreasi dan curahan isi pikiran dan hati kita akan semakin inovatif.

Di blog Anda bisa menulis apa saja, mulai dari catatan harian kehidupan Anda, artikel dengan topik tertentu, opini Anda mengenai pemerintah, dan banyak lagi. Kalau saya sendiri memanfaatkan blog untuk menuliskan beragam artikel dengan topik tertentu.

Bagaimana cara membuat blog? Terus gimana cara memakai blog itu? Silakan Anda pelajari caranya di Panduan Membuat Blog. Di sana sudah saya ajarkan cara lengkap membuat dan mengelola blog Anda. Bahkan sudah saya ajarkan pula cara mendapatkan penghasilan lewat blog :).

2. Lewat Forum

Di internet juga ada banyak forum yang keberadaannya bisa Anda manfaatkan untuk menjadi sarana publikasi tulisan Anda. Contoh forum yang bisa Anda manfaatkan misalnya kaskus.co.id. Di forum tersebut Anda bisa berinteraksi dengan anggota-anggota lain. Di Kaskus Anda bisa membuat thread (posting tulisan) lalu thread Anda itu bisa dibaca oleh member dan para pengguna internet lain.

Berikut tampilan situs Kaskus.co.id.

Selain Kaskus.co.id, Anda juga bisa berekspresi di berbagai forum-forum lain dengan topik yang Anda sukai. Misalnya kalau Anda suka dengan dunia usaha, maka Anda bisa menulis di forum-forum pengusaha, seperti BisnisUKM.com.

Untuk mencari forum dengan topik yang Anda minati, caranya mudah Anda tinggal ketikkan saja kata forum di ikuti kata kunci topik yang Anda cari di Google. Misal Anda cari forum sepak bola, maka Anda tinggal ketik forum sepak bola pada mesin pencari Google.

3. Lewat Situs-Situs Media Online

Di internet, ada beberapa situs media online yang menyediakan fasilitas kepada kita untuk bisa menulis di situs mereka. Layanan yang diberikan memungkinkan kita untuk bisa mendapatkan akun khusus yang kemudian akun itu bisa kita pakai untuk menerbitkan tulisan-tulisan di website mereka.

Di sana kita bisa menulis berbagai artikel dengan beragam kategori, entah itu seputar kesehatan, teknologi atau topik apapun yang bermanfaat. Contoh situs yang saya maksud antara lain :

  • www.shvoong.com
  • www.lenssquidoo.com
  • www.kompasiana.com
  • dan banyak lagi.

Anda bisa daftar di situs-situs di atas lalu Anda akan bisa menulis artikel di sana.

4. Lewat Fasilitas di Jejaring Sosial

Saat ini hampir semua pengguna internet bisa berekspresi dengan mudah dan praktis. Hadirnya Facebook dan Twitter jelas akan mempermudah kita mengekspresikan diri, nah kalau Anda kepingin menulis dan berekspresi diri di internet lewat tulisan maka manfaatkanlah situs jejaring sosial yang ada.

Di Facebook, kita bisa membuat berbagai artikel lewat aplikasi catatan yang sudah disedikan. Atau kalau Anda suka main Twitter, maka Anda bisa berekspresi dengan mudah lewat Twitter. Apalagi dengan kemajuan yang semakin berkembang, jelas berbagai situs jejaring sosial pasti menambah fasilitas supaya member mereka bisa berekspresi dengan bebas :).

Nah pembaca, itulah 4 cara menulis di internet yang mungkin bisa Anda coba. Mudah-mudahan info di atas bisa bermanfaat ya.

Tetap semangat !!

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara menulis informasi di media online
  • mempublikasikan tulisan di media
  • cara menulis di media
  • cara buat tulisan club
  • cara mebuat menulis di internet dan dapat dibaca orang
  • menulis catatn harian di internet
  • mencurahkan isi hati di internet
  • mempublikasikan tulisan di media online
  • cara menulis di media online
  • contoh menulis opini media online/internet
Be Sociable, Share!