Cara Supaya Facebook Marketing di Halaman Anda Berjalan Otomatis

facebook marketing berjalan otomatis

Seperti yang sudah kita ketahui, halaman Facebook merupakan salah satu sarana pemasaran yang paling banyak digunakan di Facebook. Di artikel 3 Langkah Ampuh Berjualan di Facebook dengan Halaman Facebook, kami sudah membahas panduan lengkap untuk memasarkan produk melalui halaman Facebook. Seiring berjalannya waktu, jelas semakin banyak Facebook marketer yang memasarkan produk mereka melalui halaman Facebook.

Sebagai seorang pelaku Facebook marketing, tentu kita ingin bekerja dengan efektif dan hemat waktu. Di artikel kali ini, kami akan membahas bagaimana cara menjadikan sebuah halaman Facebook bisa berjalan dengan otomatis. Dengan demikian, kita bisa menghemat waktu saat menjalankan Facebook marketing.  Berikut cara menjadikan halaman Facebook Anda bisa bekerja secara otomatis.

Fitur Penjadwalan Posting

menghemat waktuSalah satu fitur unggul yang tersedia di halaman Facebook adalah fitur penjadwalan posting. Dengan fitur ini, Anda bisa menjadwalkan pengiriman posting di halaman Anda. Misalkan, Anda mau mengirimkan posting pada pukul 3 dinihari. Nah, Anda tidak harus bangun pukul tiga dinihari demi memublikasikan posting Anda. Anda cukup mengatur jadwal pengiriman lalu posting Anda akan terkirim secara otomatis. Tentunya fitur ini sangat memudahkan kita untuk menghemat waktu dalam mengelola sebuah halaman di Facebook.

Adanya fitur penjadwalan posting ini memungkinkan Anda untuk bekerja dengan lebih efisien. Tak hanya itu, Anda jadi tak perlu mencurahkan seluruh waktu Anda untuk mengelola halaman Facebook. Anda bisa memanfatakan waktu luang Anda untuk mengelola halaman Facebook.

Berikut langkah-langkah membuat penjadwalan posting di halaman Facebook Anda.

1. Silakan buka halaman Facebook Anda.

2. Selanjutnya, silakan tulis posting yang ingin Anda publikasikan.

Menuliskan konten yang akan dipublikasikan di halaman.

Menuliskan konten yang akan dipublikasikan di halaman.

3. Untuk melakukan pengaturan jadwal posting, silakan Anda klik tombol posts > schedule posts.

menjadwalkan posting di halaman fb

4. Selanjutnya, tentukan jadwal pengiriman posting Anda. Klik tombol schedule untuk mengonfirmasi jadwal posting.

menentukan jadwal posting di halaman Fb

5. Lalu akan tampil pemberitahuan bahwa posting sudah berhasil dijadwalkan.

posting sudah dijadwalkan

Itulah langkah-langkah mengirimkan posting terjadwal di halaman Facebook. Jika Anda ingin menjadikan halaman Facebook Anda berjalan secara otomatis, maka manfaatkanlah fitur ini semaksimal mungkin.

Masih bicara soal penjadwalan posting, ada baiknya posting-posting dipublikasikan pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat biasanya adalah waktu saat sebagian besar fans halaman Facebook Anda sedang online. Untuk mengetahui kapan fans Anda online, Anda bisa memanfaatkan fitur insights yang sudah tersedia di halaman Facebook Anda.

Berikut langkah-langkah mengakses fitur insight guna mengetahui kapan waktu terbaik untuk mengirimkan posting di halaman Facebook Anda.

1. Silakan buka halaman Facebook Anda.

2. Setelah halaman terbuka, silakan Anda klik menu insights yang ada di bagian atas halaman.

masuk ke insight

3. Lalu Anda diarahkan ke fitur insight, silakan Anda klik tab posts.

masuk ke posts

4. Kemudian Anda akan menjumpai grafik. Nah di grafik itulah tersaji data kapan fans Anda online.

grafik waktu fans online

5. Silakan amati grafik tersebut, maka Anda akan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan posting di halaman Anda.

Jadikan data di atas sebagai acuan Anda dalam membuat posting di halaman Facebook Anda. Publikasikan posting Anda saat sebagian besar fans sedang online.

Menggunakan Facebook Ads Agar Facebook Marketing Anda Berjalan Otomatis

Salah satu fitur pendukung lain yang juga dapat Anda gunakan adalah Facebook Ads (program periklanan di Facebook). Dengan Facebook Ads, Anda bisa membuat promosi produk-produk Anda tersebar secara luas di Facebook. Lebih dari itu, iklan Anda bisa tetap berjalan secara otomatis kendati Anda sedang tidur, sedang tidak online atau bahkan saat Anda sedang berlibur.

Bagaimana konsep memanfaatkan Facebook Ads untuk menjadikan Facebook marketing berjalan otomatis?

Begini konsepnya.

1. Buatlah penawaran produk di halaman Facebook Anda.

  • Penawaran produk bisa Anda buat dalam bentuk posting status ataupun album foto.
  • Tergantung jenis produk. Jika produk Anda berupa sepatu, baju, atau produk-produk fashion maka lebih cocok ditawarkan pakai kumpulan foto.
Menawarkan produk melalui album foto di halaman Facebook.

Menawarkan produk melalui album foto di halaman Facebook.

2. Setelah penawaran produk tersebut Anda publikasikan di halaman, silakan Anda iklankan penawaran produk tersebut dengan memakai Facebook Ads.

  • Buatlah targeting iklan yang cocok untuk memasarkan produk Anda. (Pelajari panduan lengkap beriklan di Facebook di situs : www.BelajarIklandiFacebook.com). Gunakan Facebook Ads untuk menghemat waktu Anda. Waktu adalah aset yang sangat berharga. Waktu yang telah terbuang tak bisa dikembalikan.

Belajar Iklan Di Facebook 300x250

3. Setelah iklan Anda disetujui maka iklan Anda akan berjalan. Biarkan iklan Anda menjangkau target pasar.

4. Ketika iklan Facebook Anda sudah berjalan maka pemasaran akan berjalan dengan otomatis.

Saat iklan Anda berjalan, pastikan tim Anda sudah siap untuk menangani pesanan/follow up yang datang. Biasanya, setelah produk Anda diiklankan, orang-orang akan mulai menghubungi Anda. Bahkan, tak sedikit yang langsung memesan. Jadi, pastikan customer service/website Anda sudah siap menampung pesanan.

Kunci sukses memasarkan produk melalui Facebook Ads ada pada 3 hal, yakni : ketepatan membidik target iklan, penawaran iklan yang menarik, dan kepercayaan publik terhadap toko online/website/reputasi Anda.

Itulah cara supaya pemasaran yang Anda lakukan di Facebook bisa berjalan secara otomatis. Pesan saya, fokuskan pemasaran Anda pada satu atau dua teknik terlebih dahulu. Jangan mencoba banyak teknik secara bersamaan. Belajarlah untuk fokus. Dengan fokus Anda akan semakin memahami pola dan teknik yang tepat untuk meraih keberhasilan.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara mengelola halaman facebook
  • cara mengelola halaman fb
  • cara marketing di fb
  • cara membuat facebook marketing
  • cara mengelola facebook marketing
  • cara kelola halaman facebook
  • belajar facebook marketing 2016
  • cara membuat iklan bentuk album di facebook
  • panduan facebook marketer
  • cara kerja facebook marketing
Be Sociable, Share!