Cara Meningkatkan Trafik Website Usai Hari Libur

meningkatkan trafik website
Trafik website yang menurun saat hari libur bukanlah fenomena baru. Menjelang, saat, dan usai libur hari raya, dapat dipastikan sebagian website akan mengalami penurunan trafik. Hal ini tidaklah mengherankan sebab menjelang ataupun paska libur hari raya akan ada perubahan kebiasaan pengguna internet.

Jika di hari-hari biasa, aktivitas browsing yang dilakukan pengguna internet relatif tinggi. Sedangkan menjelang libur (seperti misalkan libur lebaran) maka banyak kantor libur. Tak hanya itu, dengan memasuki masa liburan, orang-orang cenderung lebih banyak menghabiskan waktu dengan aktivitas seperti jalan-jalan, merayakan hari raya, atau lainnya. Alhasil jumlah orang yang browsing menjadi berkurang. Hal inilah yang berimbas pada penurunan trafik sejumlah website.

Lantas, bagaimana memulihkan trafik website yang menurun? Bagaimana cara meningkatkan trafik website usai libur? Berikut sejumlah kiat-kiatnya.

1. Buatlah Konten yang Banyak Dicari/Sedang Tren

Dalam upaya meningkatkan trafik website, Anda bisa membuat konten-konten yang tengah hangat dan banyak diperbincangkan masyarakat. Topik yang sedang trend atau hangat akan dicari oleh banyak orang. Dengan optimalisasi SEO yang baik, website Anda bisa menempati peringkat atas hasil pencarian topik tadi. Dengan demikian, trafik website akan kembali naik.

Untuk membuat konten yang topiknya sedang hangat, Anda bisa riset di Google Trends. Berikut cara riset ide konten di Google Trends.

  • Silakan kunjungi Google Trends.
  • Setelah tampilan situs Google Trends terbuka, silakan isi kotak isian yang tersedia dengan kata kunci/topik website Anda. Contoh web Anda tentang kecantikan, maka isi kotak isian ini dengan “kecantikan”.

cara menggunakan google trends 1

  • Selanjutnya, di bagian pengaturan variabel pilih opsi berikut. Wilayah : pilih Indonesia (jika target pengunjung web Anda orang Indonesia). Jangka waktu : bisa pilih sehari terakhir, tujuh hari terakhir, ataupun periode waktu lain, tergantung keinginan Anda.

pengaturan variabel google trends

  • Silakan tekan enter. Berikutnya, Google Trends menampilkan grafik tren topik Anda. Grafik ini dapat Anda pelajari kalau Anda ingin mempelajari tren dari topik website Anda.

grafik tren

  • Di bagian minat kawasan Anda bisa melihat daerah mana saja yang banyak mencari tentang topik web Anda.

minat kawasan berdasarkan tren

  • Di bagian penelusuran terkait, Anda bisa melihat berbagai kata kunci/ide konten yang disarankan oleh Google. Anda bisa membuat konten berdasarkan ide-ide ini.

penelusuran terkait di Google Trends

  • Nah, di bagian naik daun, Anda bisa melihat topik-topik yang tengah naik daun dan banyak diperbincangkan. Ide dari bagian naik daun inilah yang dapat Anda gunakan sebagai ide konten guna mendongkrak trafik web Anda.

kata kunci yang naik daun

2. Bagikan Konten Web Anda di Media Sosial

Guna memancing datangnya pengunjung, upaya lain yang dapat Anda lakukan ialah dengan membagikan konten lewat channel yang Anda miliki di media sosial. Jika Anda memiliki akun Twitter, maka Anda dapat membagikan konten website lewat akun Twitter tersebut. Apabila Anda punya halaman Facebook, Anda dapat menggunakan halaman tersebut untuk membagikan konten website Anda.

Di sinilah pentingnya channel di media sosial bagi sebuah website. Keberadaan channel tadi dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sarana publikasi website. Dengan demikian, Anda juga bisa mendatangkan trafik dari media sosial.

Bagi Anda yang belum punya halaman Facebook, Anda tak perlu berkecil hati. Anda juga bisa membagikan konten website lewat akun pribadi Anda di Facebook. Hanya saja, agar hasil yang diharapkan bisa tercapai, pastikan audiens akun personal Facebook Anda punya ketertarikan terhadap topik website Anda.

Seiring dengan berjalannya waktu, akan banyak orang yang datang ke website Anda. Dengan demikian, trafik website Anda kembali meningkat.

3. Buatlah Konten-Konten yang Selalu Dicari

Jika kita hanya mengandalkan media sosial sebagai sumber trafik, maka sewaktu-waktu pasti akan terjadi penurunan trafik. Saat kita tidak mengelola media sosial, maka bisa saja trafik website kita turun. Untuk itu, Anda juga perlu melakukan optimalisasi SEO. Dengan optimalisasi SEO, konten-konten website Anda akan menduduki peringkat atas pada hasil pencarian.

Ketika konten website Anda menempati peringkat atas di mesin pencari,  dapat dipastikan orang-orang akan tetap datang ke website kendati Anda tidak sedang bekerja.

Agar trafik website tetap datang, maka upayakan Anda membuat konten yang terus dicari oleh orang-orang. Topik-topik yang selalu dibutuhkan pasti selalu dicari. Contoh topik yang terus dicari misalnya : topik tentang kecantikan (misal : cara mengatasi jerawat), topik tentang kesehatan, topik tentang kekayaan, dan lain sebagainya.

Setelah Anda mendapatkan ide konten, maka buatlah konten-konten yang selalu dicari tadi.

(Baca juga : Cara Agar Web Anda Ranking 1 di Google.)

Rekan pembaca sekalian, itulah beberapa kiat agar trafik website Anda kembali meningkat usai masa liburan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel via Twitter.

 

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • topik tentang grafik bayodisep
Be Sociable, Share!