Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online/Online Shop

meningkatkan penjualan toko online

Meningkatkan omzet merupakan salah satu hal yang sangat perlu dilakukan para pelaku bisnis online. Semakin bertambahnya omzet memungkinkan kita mendapatkan profit yang lebih tinggi. Lantas, bagaimana cara meningkatkan penjualan toko online / online shop? Bagaimana cara meningkatkan omzet toko online Anda?

Dalam artikel ini, kami membagikan sejumlah kiat ampuh dan cara meningkatkan penjualan toko online.

Ini dia kiat-kiat meningkatkan penjualan toko online/online shop.

1. Perbanyak Leads

Apa itu leads?

Leads adalah orang-orang yang datang untuk melihat penawaran produk Anda. Contoh, toko Anda dikunjungi 100 orang dalam 1 hari. Itu berarti leads Anda dalam satu hari adalah 100. Nah, guna meningkatkan penjualan toko online, maka Anda perlu meningkatkan leads (orang-orang yang datang ke toko online/orang yang melihat penawaran online shop Anda).

Semakin banyak orang yang melihat penawaran Anda, semakin besar peluang terciptanya penjualan atas produk Anda.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan leads?

sosial media, ranking 1 di Google dengan sosial media, backlink dari sosial media, SEO off page

Lambang berbagai sosial media yang dapat menjadi sumber backlink (sumber : Forbes.com).

Untuk meningkatkan leads, Anda harus meningkatkan jumlah pengunjung toko online Anda. Berikut kiat-kiat meningkatkan jumlah pengunjung toko online Anda.

  • Gunakan SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah teknik dan cara optimalisasi website untuk menjadikan website Anda menempati peringkat yang maksimal pada hasil pencarian mesin pencari. Kiat-kiat SEO untuk toko online dapat Anda baca di artikel berikut : Cara Menerapkan SEO Agar Web Anda Ranking 1 di Google.
  • Iklankan toko online/website Anda di Facebook. Facebook Ads termasuk salah satu program periklanan yang populer dan banyak digunakan para pelaku online shop. Dengan Facebook Ads, Anda bisa beriklan di Facebook. Apabila Anda butuh panduan Facebook Ads dan mau belajar beriklan di Facebook, Anda dapat mengunjungi website www.BelajarIklandiFacebook.com.
  • Iklankan toko online/website Anda di Google. Di Google juga sudah ada program periklanan bernama Google AdWords. Dengan program iklan ini, Anda dapat beriklan pada hasil pencarian Google.
  • Promosikan toko online Anda lewat blog, media sosial, forum-forum, dan berbagai situs lainnya. Intinya, kalau Anda mau mendatangkan lebih banyak pengunjung, Anda harus meningkatkan upaya promosi toko online Anda. Nah, Anda dapat memanfaatkan blog, media sosial, ataupun situs forum sebagai tempat promosi toko online Anda. Kiat-kiat gerilya marketing untuk UKM dan pelaku online shop dapat Anda baca di artikel berikut : Strategi-Strategi Pemasaran Gratis Untuk UKM.

2. Tingkatkan Konversi Penjualan di Toko Online

Setelah Anda berhasil mendatangkan trafik dalam jumlah besar, maka berikutnya yang jadi PR adalah meningkatkan konversi. Semakin tinggi tingkat konversi maka peluang terjadinya penjualan bisa semakin tinggi. Contoh, leads Anda dalam sehari adalah 100 orang. Jika tingkat konversi Anda adalah 5 %, maka dalam sehari Anda bisa mendapatkan 5 pembeli.

Makin tinggi leads dan makin tinggi tingkat konversi, maka jumlah pembeli produk Anda akan semakin banyak.

Berikut kiat meningkatkan tingkat konversi di toko online.

  • Tingkatkan kepercayaan dari calon pembeli. Bagaimana cara meningkatkan kepercayaan dari calon pembeli? Untuk meningkatkan kepercayaan kita harus tahu apa yang menjadi keraguan dari calon pembeli. Contoh, jika keraguan pembeli adalah tentang kualitas produk maka untuk meyakinkan mereka, kita bisa mencantumkan testimoni dari pembeli produk kita. Jika mereka ragu barang tidak dikirimkan, maka kita bisa menyediakan sistem pembayaran COD (cash on delivery). Hal ini pernah dilakukan Lazada. Saat mereka akan mengedukasi pasar, mereka menyediakan layanan ongkos kirim gratis dan mereka mengadakan sistem pembayaran COD.
  • Jadikan desain website Anda sederhana dan mudah digunakan oleh pengunjung. Supaya pengunjung lebih mudah untuk bertransaksi, pastikan desain website Anda sederhana. Hal penting yang harus dilakukan adalah buatlah pengunjung tahu apa yang harus mereka lakukan saat berada di website kita. Berikut beberapa contoh desain website yang baik dan membuat pengunjung tahu apa yang harus dilakukan.
Desain halaman depan website WordPress.com. Pengunjung langsung diarahkan untuk membuat website (blog) di WordPress.

Desain halaman depan website WordPress.com. Pengunjung langsung diarahkan untuk membuat website (blog) di WordPress.

Adanya tanda panah menunjukkan bahwa pengunjung langsung diarahkan untuk memesan tiket di Traveloka.

Adanya tanda panah bertujuan mengarahkan pengunjung untuk langsung pesan tiket di Traveloka.

  • Bangun relasi dengan calon pembeli. Untuk meningkatkan kepercayaan, kita juga perlu membangun relasi dengan calon pembeli. Untuk membangun relasi dengan calon pembeli, email marketing menjadi metode pemasaran yang cocok dan ampuh. Ketika seseorang mengunjungi Lazada.co.id, orang-orang akan ditawari voucher belanja 50.000 Rupiah. Untuk bisa mendapatkan voucher tadi, pengunjung harus mendaftarkan email mereka. Nah, kegiatan semacam inilah yang dinamakan email marketing. Lazada mendapatkan data calon pembeli. Dengan adanya database calon pembeli tadi, mereka dapat melakukan follow up marketing. Jadi mereka bisa membangun hubungan dengan calon pembeli. Jika Anda mau belajar email marketing, silakan kunjungi www.BelajarListBuilding.com.
Form pengisian email di Lazada.co.id.

Form pengisian email di Lazada.co.id.

  • Tingkatkan brand awareness toko online Anda. Salah satu penyebab mengapa orang belum beli dari kita karena mereka belum kenal kita. Untuk itu, merek toko online kita harus dikenal oleh calon pembeli. Salah satu strategi membangun brand awareness yang kerap dilakukan oleh pelaku toko online adalah beriklan di televisi. Anda pasti sudah pernah melihat iklan Lazada, Traveloka, Tokopedia, Olx di televisi. Mereka beriklan di televisi dengan tujuan menjadikan merek mereka dikenal oleh publik. Ketika publik tahu tentang Traveloka, Olx, atau Lazada, maka publik akan lebih yakin untuk bertransaksi di website tersebut.

Lantas, apakah harus menggunakan iklan televisi untuk membangun brand awareness?

Sudah tentu tidak harus. Ada berbagai strategi marketing lain yang dapat digunakan untuk membangun brand awareness. Facebook Ads dan Google AdWords dapat menjadi solusi alternatif yang efektif. Dengan Facebook Ads ataupun Google AdWords, kita bisa beriklan dengan biaya yang lebih murah.

Intinya, buatlah merek Anda dikenal oleh calon pembeli. Ketika calon pembeli tahu tentang merek Anda, maka mereka akan lebih yakin untuk membeli dari Anda.

3. Buat Pelanggan Melakukan Pembelian Ulang

Salah satu manfaat terbesar ketika Anda membangun hubungan dengan pembeli adalah mereka bisa jadi konsumen setia Anda. Ketika mereka menjadi konsumen setia, mereka akan melakukan pembelian ulang. Semakin sering pembelian ulang terjadi, maka tentu makin tinggi penjualan produk Anda.

Salah satu strategi untuk menjadikan pelanggan membeli ulang adalah cross selling. Dalam cross selling, Anda menawarkan produk lain yang berhubungan dengan kebutuhan pelanggan. Contoh, pembeli A sudah membeli produk 1. Nah, Anda juga bisa menawarkan produk lain yang masih berhubungan dengan produk 1 tadi kepada si A. Salah satu cara melakukan cross selling yang dilakukan misalnya memasang widget produk terkait di toko online (seperti yang dilakukan oleh Amazon).

Contoh widget yang menampilkan produk terkait di Amazon.com. Widget ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan Amazon.

Contoh widget yang menampilkan produk terkait di Amazon.com. Widget ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan Amazon.

Tak hanya itu, jika pelanggan sudah lama tidak membeli dari Anda, Anda bisa menghubungi mereka lewat email/kontak lain. Ingatkan mereka tentang brand Anda. Ajak mereka kembali datang ke toko online Anda.

4. Tingkatkan Nilai Pembelian Pelanggan

Guna meningkatkan omzet, Anda juga bisa meningkatkan nilai pembelian pelanggan. Jika selama ini pelanggan hanya membeli sebesar 100 ribu Rupiah, maka tingkatkanlah nilai transaksi mereka jadi 150 ribu Rupiah. Untuk meningkatkan nilai transaksi, Anda bisa melakukan upselling. Tawarkan produk yang lebih mahal/lebih lengkap kepada mereka.

Melakukan bundling produk juga bisa Anda lakukan. Anda dapat menggabungkan produk A dan produk B dalam satu paket produk. Selanjutnya, paket produk tadi Anda jual dengan harga yang lebih mahal.

Rekan pembaca sekalian, jika tips dan kiat ampuh di atas Anda terapkan, Anda pasti bisa meningkatkan penjualan di toko online Anda. Intinya, cara meningkatkan penjualan toko online adalah : perbanyak leads (pengunjung toko online), tingkatkan konversi, dan bangun relasi dengan calon pembeli/pelanggan.

Follow Twitter @JefferSuperClub untuk mendapatkan update artikel JefferlySuperClub via Twitter.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara meningkatkan penjualan online shop
  • leads untuk penawaran
  • usaha lazada untuk menibgkatkan penjualan
  • contoh penawaran kosmetik di online shop
  • cara agar penjualan lazada meningkat
  • cara menaikan rating toko online
  • cara menaikan rating dilazada
  • iklan tv online yg menawarkan barang
  • contoh relasi belanja online
  • gambar lambang sosmed
Be Sociable, Share!