Bagaimana Cara Meningkatkan Konversi Penjualan di Website?

meningkatkan konversi

Ada dua faktor yang sangat mempengaruhi kesuksesan kita dalam berjualan online melalui website. Dua faktor tersebut adalah :

  • Trafik website kita.
  • Tingkat konversi dari trafik menjadi pembeli.

Semakin besar trafik yang kita dapatkan, maka semakin banyak calon pembeli yang datang ke website kita. Karena inilah para pelaku internet marketing sangat mendewakan trafik. Mereka yakin bahwa makin banyak jumlah pengunjung web, makin banyak pula omzet yang bisa dicetak.

Kendati demikian, faktor lain yang tidak kalah penting dibanding trafik adalah tingkat konversi.

Percuma website kita mendapatkan banyak trafik tetapi tingkat konversinya nihil. Ibaratkan dalam sehari ada 1000 orang yang datang ke website Anda, tetapi tidak ada satu pun dari 1000 tadi yang jadi pembeli produk Anda.

Nah oleh karena itu, selain berupaya meningkatkan trafik, kita juga perlu meningkatkan angka konversi di website kita.

Tingkat konversi dapat dihitung dengan cara sebagai berikut :

jumlah pembeli produk Anda : jumlah pengunjung x 100 %.

Ambil contoh dalam sehari website Anda dikunjungi 100 orang, dari 100 orang tersebut 5 di antaranya menjadi pembeli produk Anda. Dengan demikian tingkat konversi website Anda adalah sebesar 5 %.

5 % termasuk tingkat konversi yang lumayan.

Bagaimana cara meningkatkan konversi penjualan di website kita? Mari kita kupas jawabannya di artikel berikut.

Ada 6 tips untuk meningkatkan konversi penjualan di website Anda. 6 tips tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Gunakan Headline Website yang Menarik

Kita semua tahu bahwa bagian pertama yang akan dilihat orang ketika mengunjungi website adalah headline.

90 % orang memutuskan membaca sebuah website jika headline website tersebut menarik.

Tanpa headline yang menarik Anda akan kesulitan untuk mendapatkan perhatian dari pengunjung. Oleh sebab itu gunakan headline yang menarik.

header website BelajarIklandiFacebook.com.

header website BelajarIklandiFacebook.com.

Seperti apakah headline yang menarik? Headline yang menarik adalah headline yang langsung mampu menarik perhatian pengunjung ketika mereka membuka website Anda. Tips-tips penulisan headline yang menarik dapat Anda pelajari dalam bidang copywriting.

Jika Anda butuh inspirasi headline yang menarik untuk website Anda, maka Anda dapat mempelajari pola-pola headline yang banyak digunakan oleh situs-situs besar di internet saat ini.

2. Percepat Loading Website

Kecepatan loading website juga berpengaruh terhadap tingkat konversi website. Jika loading website kita lambat, maka calon pembeli akan lebih mudah merasa kecewa dengan website kita. Jika loading website sangat lambat, ini akan menghambat proses pemesanan yang dilakukan oleh calon pembeli.

Oleh karena itu, pastikan loading website Anda cepat dan nyaman ketika diakses oleh pengunjung.

3. Tampilkan Testimoni dari Tokoh Berpengaruh

Dalam ebook Rahasia Jago Bikin Sales Letter yang ada di SekolahBisnisEbook, saya sudah menjelaskan bahwa testimoni adalah hal yang amat penting keberadaannya dalam sales letter.

Testimoni dapat membantu meyakinkan orang untuk membeli produk Anda. Apalagi jika testimoni tersebut berasal dari tokoh yang berpengaruh di bidang produk Anda.

Misalkan Anda menjual seminar properti. Nah kalau seandainya seminar/pelatihan bisnis properti Anda tadi bisa mendapatkan testimoni dari Pak Ciputra tentu efeknya akan sangat luar biasa. Orang akan makin mengakui bahwa Anda punya produk yang berkualitas.

 

contoh testimoni yang ada di website BelajarIklandiFacebook.com

contoh testimoni yang ada di website BelajarIklandiFacebook.com

Jadi, jika selama ini di toko online atau di website Anda belum ada testimoni, maka usahakanlah untuk mendapatkan testimoni dari tokoh berpengaruh di bidang produk Anda.

Ingat, testimoni dapat membantu meyakinkan orang agar semakin yakin membeli produk Anda.

4. Gunakan Gambar Produk yang Menarik

Faktor lain yang juga akan mempengaruhi tingkat konversi adalah gambar produk yang menarik. Jika Anda berbisnis online secara serius (profesional) maka tampilkan jugalah gambar produk yang profesional.

Kalau Anda menjual produk melalui toko online, usahakan foto produk Anda difoto secara profesional. Gunakan kamera yang bagus. Pokoknya ciptakan gambar produk yang bagus dan semenarik mungkin.

Kalau produk yang Anda jual berupa produk digital (seperti ebook atau video tutorial) maka buatlah kemasan (cover) dari produk tersebut semenarik mungkin. Anda bisa gunakan jasa desainer untuk membantu mendesainkan cover produk Anda.

 

contoh cover produk digital (BelajarIklandiFacebook.com)

contoh cover produk digital (BelajarIklandiFacebook.com)

5. Cantumkan Alamat Kantor/Toko Anda

Supaya calon pembeli semakin yakin untuk membeli produk Anda, maka pastikan Anda menampilkan informasi yang jelas di website Anda. Informasi yang jelas ini juga meliputi informasi alamat yang jelas.

Kalau Anda sudah punya kantor, maka tampilkanlah alamat kantor tersebut di website/toko online Anda. Hadirnya alamat yang lengkap akan membantu untuk meyakinkan orang supaya mau membeli produk Anda.

6. Jadilah Penjual yang Disukai

Tips yang ke-6 ini adalah tips yang paling ampuh. Cara paling ampuh untuk meyakinkan orang agar mau membeli produk Anda adalah dengan menjadi penjual yang disukai. Orang yang disukai cenderung akan lebih mudah dipercayai.

Nah bagiamana cara menjadi penjual yang disukai? Ada beberapa tips agar Anda bisa jadi penjual yang disukai.

  • Milikilah sebuah blog dan bagikan konten-konten bermanfaat di blog Anda. Usahakan bidang blog Anda adalah bidang yang sama dengan produk yang Anda jual. Contoh Anda punya produk di bidang pelatihan properti, maka buatlah blog tentang properti. Gunakan blog tersebut untuk membagikan ilmu-ilmu yang bermanfaat dalam bidang properti. Teknik ini sudah saya terapkan di bisnis online saya, dan hasilnya dahsyat.
  • Sering-seringlah membagikan freebies. Freebies adalah hadiah yang kita berikan secara GRATIS di internet. Contoh freebies ini misalnya ebook dan video tutorial. Internet marketer luar negeri terbiasa memberikan freebies, entah itu melalui blog mereka ataupun melalui list email yang mereka miliki.
  • Bangunlah relasi yang baik dan ramah dengan calon pembeli.

Baik, itulah 6 tips ampuh untuk meningkatkan konversi penjualan di website Anda. Silakan dipraktikkan secara persisten dan rutin maka lambat laun hasilnya akan terlihat. Ingat, meraih sukses dalam bisnis online adalah sebuah proses. Belajarlah untuk lebih menghargai dan menikmati proses.

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan cara konversi webside
  • cara membuat email marketing yang menarik
  • cara meningkatkan penjualan properti melalui online
  • contoh web conversi produk
  • konversi penjualan
  • mengapa CRO penting
  • mengubah trafik jadi konversi
  • pola statistik di marketing properti
Be Sociable, Share!