Cara Menerapkan SEO Agar Web Ranking 1 di Google

Bagaimana cara menerapkan SEO agar web ranking 1 di Google?

Inilah pertanyaan yang akan kita bahas pada tulisan kali ini. Salah satu sumber trafik yang paling banyak digunakan dalam internet marketing adalah mesin pencari. Sampai saat ini, sebagian besar situs masih memanfaatkan mesin pencari (khususnya Google) sebagai sumber trafik bagi mereka.

Agar website ataupun toko online kita bisa kedatangan banyak pengunjung dari Google, tentu kita perlu menerapkan SEO (Search Engine Optimization). Lantas, bagaimana cara mengoptimalkan SEO agar website kita bisa ranking 1 di Google dan mendapatkan banyak pengunjung? Ini dia jawabannya.

Memahami Apa yang Dicari Oleh Pengguna Internet

Agar dapat menerapkan SEO dengan baik dan maksimal, kita perlu riset.

Dalam dunia SEO dikenal istilah riset kata kunci.

Apa itu riset kata kunci?

Riset kata kunci adalah proses mencari tahu kata kunci yang apa yang digunakan oleh pengguna mesin pencari ketika mereka mencari informasi.

Ambil contoh begini, Anda menjual makanan khas Palembang (pempek) secara online. Lalu suatu hari ada si A yang mau membeli pempek secara online.

Nah, sebagai pemilik toko online/website penjualan pempek, Anda harus tahu kira-kira kata kunci apa yang biasanya diketik oleh A, orang yang mau membeli pempek lewat internet.

Apakah A akan mengetik kata kunci : “jual pempek”, “beli pempek”, “jual pempek Palembang” atau kata kunci apa?

Nah proses mencari tahu kata kunci yang banyak dipakai oleh pengguna mesin pencari itulah yang dinamakan dengan riset kata kunci. Dengan melakukan riset kata kunci, Anda akan mengetahui apa yang dicari oleh pengguna internet. Manfaat bila Anda riset kata kunci antara lain :

  • Anda tahu kata kunci yang banyak dicari orang.
  • Anda tahu konten seperti apa yang harus dibuat di website/toko online Anda. Ambil contoh, setelah riset kata kunci Anda mengetahui bahwa orang-orang mencari topik “X” bukan topik “Y”. Dengan demikian, konten yang harus Anda buat di web adalah konten dengan topik “X”, bukan topik “Y”. Kalau Anda tetap ngotot membuat konten “Y” maka bisa jadi website Anda tidak akan dikunjungi oleh orang-orang.

Ibaratkan optimalisasi SEO sebagai sebuah pertempuran. Jika optimalisasi SEO bagai peperangan, maka proses riset bagaikan proses mengetahui medan perang. Singkatnya, proses riset kata kunci ini sangat penting.

Lantas, bagaimana cara melakukan riset kata kunci? Salah satu tool yang dapat kita gunakan untuk proses riset kata kunci adalah Google Keyword Planner. Banyak blogger dan pemilik website yang begitu terbantu dengan kehadiran tool ini.

  • Untuk bisa menggunakan tool Google Keyword Planner, kita harus punya akun Google Adwords. Langkah-langkah mendaftar akun Google Adwords bisa Anda lihat di video berikut.

  • Setelah Anda punya akun Google Adwords, maka Anda tinggal menggunakan Google Keyword Planner. Cara menggunakan tool Google Keyword Planner bisa dipelajari di video berikut.


Setelah Anda menjalankan riset kata kunci, Anda akan mengetahui kata kunci apa yang harus Anda bidik di website nantinya. Nah, setelah Anda mengetahui kata kunci yang akan dibidik maka Anda tinggal menerapkan berbagai teknik SEO berikut ini.

1. Gunakan Kata Kunci Bidikan Dalam Nama dan Alamat Website Anda

Ambil contoh Anda menjual makanan khas Palembang, yakni pempek. Guna mengoptimalkan SEO website Anda, pastikan Anda memasukkan kata “pempek” atau “jual pempek” dalam nama dan alamat website Anda. Dengan demikian, website Anda akan lebih mudah terindeks oleh Google untuk kata kunci yang berkaitan dengan pempek.

Alhasil, website Anda akan lebih mudah untuk ditemukan oleh mereka yang ingin berbelanja pempek secara online.

  • Kata kunci yang dibidik : jual pempek, jual makanan khas Palembang.
  • Contoh nama website : NamaWebsite.com – Jual pempek dan makanan khas Palembang dengan kualitas terbaik.
  • Contoh alamat website : www.JualPempekPalembang.com.

2. Gunakan Kata Kunci Bidikan Dalam Judul Posting yang Anda Buat di Website

Ambil contoh Anda menjual kaos custom desain. Nah saat memposting produk di toko online/website, usahakan untuk memasukkan kata kunci “kaos custom desain” dalam posting yang Anda buat. Contohnya seperti pada gambar berikut.

Menaruh kata kunci bidikan pada judul posting.

Menaruh kata kunci bidikan pada judul posting.

Penggunaan kata kunci dalam posting yang Anda buat akan menjadikan posting tersebut lebih mudah terindeks oleh Google.

3. Masukkan Kata Kunci Bidikan Dalam Alamat URL Posting Anda

Selain memasukkan kata kunci pada judul posting, masukkan juga kata kunci bidikan Anda pada alamat url posting yang Anda buat di website. Perhatikan gambar berikut.

Menaruh kata kunci bidikan dalam alamat url posting.

Menaruh kata kunci bidikan dalam alamat url posting.

Pada gambar di atas, terlihat si pemilik website menaruh kata kunci “kaos custom desain” pada alamat url postingnya. Alamat url yang mengandung kata kunci akan lebih mudah untuk diindeks oleh Google.

Oleh karena itu, setiap kali Anda membuat posting, pastikan Anda selalu menaruh kata kunci bidikan pada alamat url posting yang Anda buat.

4. Manfaatkan Gambar Dalam Optimalisasi SEO

Tak hanya tulisan, gambar di website Anda pun juga dapat dimanfaatkan untuk optimalisasi SEO. Bagaimana cara melakukan optimalisasi lewat gambar? Berikut caranya.

  • Tuliskan kata kunci bidikan dalam nama gambar Anda. Contohnya, Anda membidik kata kunci “kaos custom desain”, pastikan kata kunci “kaos custom desain” tadi Anda taruh dalam nama gambar produk yang Anda unggah ke website.
Memasukkan kata kunci bidikan pada nama foto produk.

Memasukkan kata kunci bidikan pada nama foto produk.

  • Masukkan kata kunci bidikan pada bagian alt text gambar. Di setiap platform website pasti sudah terdapat fitur pengaturan alt text gambar. Nah, fitur inilah yang dapat kita gunakan untuk memasukkan kata kunci bidikan pada file gambar yang kita unggah. Silakan masukkan semua kata kunci bidikan Anda pada bagian alt text gambar.

 

Menggunakan fitur alt text untuk memasukkan kata kunci pada gambar.

Menggunakan fitur alt text untuk memasukkan kata kunci pada gambar.

5. Berikan Backlink Untuk Posting yang Anda Buat di Website

Selain melakukan SEO on page (SEO yang berfokus pada hal-hal internal di website kita), kita juga perlu mengoptimalkan SEO off page. Seperti yang pernah kami bahas dalam buku 5 Cara Jitu Agar Web Anda Ranking 1 di Google, kegiatan SEO off page lebih fokus pada upaya membangun backlink.

Jika Anda ingin menjadikan website Anda ranking 1 di Google maka lakukan pula upaya membangun backlink. Berikut cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk memberikan backlink pada posting website Anda.

  • Bagikan posting web Anda di Google Plus. Google Plus termasuk salah satu sumber backlink yang sangat baik untuk mendukung optimalisasi SEO. Oleh karena itu, secara rutin bagikanlah posting Anda di Google Plus.
  • Buatlah posting di website lain, yang mana dalam posting tersebut berikan backlink ke posting Anda.
  • Bagikan posting Anda di media sosial, seperti Twitter dan Facebook.
sosial media, ranking 1 di Google dengan sosial media,  backlink dari sosial media, SEO off page

Lambang berbagai sosial media yang dapat menjadi sumber backlink (sumber : Forbes.com)

Jika cara-cara optimalisasi SEO di atas sudah Anda lakukan, yakinlah bahwa website Anda bisa menjadi ranking 1 di Google. Itulah beberapa teknik dan cara menerapkan SEO agar website Anda bisa ranking 1 di Google. Dengan mengoptimalkan SEO, website Anda ranking 1 di Google.

banner horisontal langganan artikel

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • cara menerapkan seo
  • Menerapkan Seo
  • cara membuat website menjadi nomer 1 di google
  • bagaimana cara menerapkan seo
  • cara menerapkan seo pada blog
  • cara ranking 1 di google
  • cara penerapan seo
  • cara ranking 1 google
  • cara seo website google
  • carapenerapan seo
Be Sociable, Share!