Bagaimana Cara Ampuh Mendapatkan Kepercayaan Pembeli?

Salah satu aset berharga dalam berbisnis adalah kepercayaan. Tanpa kepercayaan, orang tidak akan mau membayar kita. Lha kalau tidak ada yang mau membayar kita siapa yang mau memberi kita profit? Untuk itu mau tidak mau mendapatkan (membangun) kepercayaan konsumen/calon pembeli adalah hal yang perlu kita lakukan dalam berbisnis.

Bagaimana cara membangun kepercayaan dari konsumen? Itulah yang akan kita bahas kali ini. Berikut cara-cara yang perlu Anda lakukan untuk membangun dan mendapatkan keperycaaan dari konsumen/pembeli produk Anda.

1. Bangun Kredibilitas dan Tunjukkan Itu Kepada Mereka

Apa sih kredibilitas itu? Kredibilitas adalah kualitas pribadi yang dapat dipercaya. Kalau Anda mau dipercaya maka bangun kredibilitas. Ciptakan “kesan” bahwa Anda adalah ahlinya. Misalnya seorang Mario Teguh sangat dipercaya sebagai seorang pembicara motivasi karena beliau memang ahlinya dalam memotivasi orang.

Lihatlah merek-merek produk yang sudah punya kredibilitas, seperti Microsoft dalam hal software komputer, Apple dalam hal komputer dan gadget, GarudaFood dalam hal makanan ringan dan sebagainya.

Bagaimana cara membangun kredibilitas? Jika pada posting sebelumnya kita sudah membahas cara membangun brand, maka kali ini cara membangun kredibilitas. Berikut caranya.

  • Fokus.. fokus dan terus fokus. Lihatlah GarudaFood, mereka tetap berfokus berbisnis di bidang mereka yaitu makanan ringan. Lihatlah Starbucks, KFC, mereka selalu fokus.
  • Tunjukkan kompetensi Anda, ungkapkan kompetensi dan kemampuan serta pencapaian memuaskan yang sudah Anda dapatkan. Contohnya di Sekolah Bisnis Ebook, saya menunjukkan komptensi saya sebagai seorang internetmarketer muda sekaligus sebagai penulis.
  • Utamakan kualitas. Semakin berkualitas dan bermanfaat produk Anda maka akan semakin banyak kredibilitas yang bisa Anda dapatkan.

Nah, Anda sudah siap membangun kredibilitas?

2. Berikan Bukti Nyata

Orang akan lebih percaya kalau kita bisa memberi bukti. Ya bukti, jangan cuma janji. Konsumen butuh bukti, bukan janji *suasana kampanye : mode ON :). Bagaimana cara memberikan bukti? Berikut beberapa caranya.

  • Tampilkan testimoni. Jika produk Anda sudah mendapatkan testimoni maka tampilkan testimoni tersebut. Menampilkan testimoni akan memberikan efek kepercayaan sosial, wah ternyata orang-orang sudah ada yang berhasil karena produk ini, mungkin begitulah pemikiran konsumen Anda nanti.
  • Tampilkan pencapaian Anda, tunjukkan pada mereka hal-hal yang sudah Anda dapatkan. Seperti bukti penghasilan Anda, mobil/motor yang Anda beli karena bisnis Anda dan sebagainya.

Nah dari dua cara di atas Anda bisa membangun kepercayaan dari calon pembeli nanti. Lakukan secara konsisten maka hasilnya akan terasa.

3. Membangun Komunikasi yang Lancar

Komunikasi adalah salah satu penentu sukses atau tidaknya terjadi penjualan. Untuk itu aspek komunikasi tidak bisa kita anggap remeh. Bagaimana cara membangun komunikasi dengan calon pembeli?

Blog adalah jawabannya. Dengan memakai blog Anda bisa melakukan follow up calon pembeli, contohnya seperti Jefferly Super Club ini, kami tidak hanya terus menerus menjual produk, tapi kami juga berfokus pada relasi dengan calon pembeli. Bukitnya kami sering menyajikan artikel-artikel bermanfaat di situs ini. Nah dari komunikasi seperti itulah calon pembeli akan semakin yakin dengan kita para penjual.

Bagaimana cara membangun blog yang bagus dan bisa mendukung upaya promosi Anda? Silakan simak di Panduan Membuat Blog.

4. Berikan Nilai Sebanyak Mungkin

Berikan nilai, berfokuslah pada manfaat dan nilai yang akan didapatkan oleh pembeli. Dengan memperbanyak nilai yang bisa Anda berikan, calon pembeli akan lebih mudah percaya pada Anda. Tampilkan daftar manfaat dan nilai yang akan didapatkan oleh konsumen jika membeli produk Anda.

Contohnya, saya selalu menampilkan daftar manfaat dalam setiap sales letter yang saya buat.

Nah rekan pembaca yang baik hatinya, mungkin Anda sudah sering mendengar atau mempelajari cara-cara di atas, akan tetapi tidak ada salahnya Anda pahami, resapi dan ACTION kan lagi. Sebab kesuksesan selalu berada di alam tindakan.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam Super.

Jefferly Helianthusonfri

Kata Kunci untuk Artikel Ini

  • bagaimana cara membuat daftar calon pembeli dan cara berkomunikasi
  • cara membuat daftar calon pembeli dan cara berkomunikasi
  • cara mendapatkan pembeli
  • membangun kredibilitas
  • cara mencari pembeli
  • Membangun Kepercayaan Bisnis
  • membangun kepercayaan dan kredibilitas
  • cara membangun kredibilitas
  • tips mencari pembeli mobil
  • cara membuat daftar calon pembeli dan cara komunikasi
Be Sociable, Share!